Cara Cairkan Koin TikTok

Cara Cairkan Koin TikTok, 5 Tips Anti Gagal  

Diposting pada

Cara cairkan koin TikTok dalam tulisan kali ini bisa Anda jadikan referensi saat ingin melakukan penarikan koin ke uang tunai atau mengalami kendala. Meskipun TikTok sudah menjadi salah satu platform berbagi video populer, tetap tak menutup kemungkinan penggunanya yang belum mengetahui secara lengkap tentang berbagai fitur di dalamnya. Termasuk solusi saat mengalami masalah seperti sulit mencairkan koin di TikTok. 

Cara Cairkan Koin TikTok: Hal yang Harus Anda Ketahui 

Cara Cairkan Koin TikTok

Seperti yang kita tahu bahwa koin TikTok adalah mata uang virtual yang ada di dalam aplikasi TikTok. Pengguna bisa mendapatkan koin ini dengan menonton video, mengundang teman atau menerima donasi dari fans ketika melakukan live streaming. Selain itu, pengguna juga bisa membeli koin ini menggunakan uang asli hingga kemudian menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari TikTok  

Pengguna bisa menggunakan koin TikTok untuk memberi hadiah atau gift ke kreator favorit, maupun untuk mempromosikan kontennya sendiri lewat TikTok Promote. Selain itu, pengguna juga bisa menukar koin TikTok dengan diamond, yang kemudian dapat dihadiahkan ke kreator. Untuk setiap 1 diamond dihargai setengah dari 1 koin TikTok.   

Sebelum Anda mencairkan koin, perlu diketahui bahwa nilai tukar item ini bisa berbeda-beda sesuai dengan jumlah koin yang dibeli maupun ditarik. Misalnya pada harga 70 koin TikTok senilai Rp11.900, maka setiap 1 koin TikTok setara Rp 170. Penentuan nilai tukar ini pun sepenuhnya berdasar kebijakan TikTok. 

Selain ketentuan terkait nominal yang bisa berbeda, masih ada beberapa syarat dan ketentuan lain yang juga perlu untuk diketahui, antara lain 

  • Pengguna harus berusia minimal 18 tahun, dibuktikan dengan kepemilikan akun TikTok yang telah terverifikasi 
  • Pengguna harus memiliki saldo setidaknya 100 koin TikTok agar dapat dicairkan menjadi Rupiah  
  • Pengguna hanya dapat mencairkan paling banyak 10.000 koin TikTok per hari, dan maksimal 100.000 koin TikTok per bulannya  
  • Pengguna mungkin dikenakan biaya administrasi dan pajak sesuai pilihan metode pembayaran dan negara pengguna tinggal 
Baca Juga:  Cara Live Game di Tiktok Ternyata Mudah Loh

Bagaimana Cara Cairkan Koin TikTok? 

Untuk mencairkan koin TikTok, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan 

  1. Pastikan Anda sudah mengetahui syarat dan ketentuan di atas 
  2. Buka aplikasi TikTok lalu klik ikon profil Anda (pojok kanan bawah tampilan aplikasi)  
  3. Klik ikon dompet (di atas halaman profil) untuk mengetahui saldo koin TikTok Anda   
  4. Klik tombol Cairkan (di sebelah saldo koin TikTok) 
  5. Silakan masukkan nomor telepon hingga Anda mendapatkan kode verifikasi melalui SMS  
  6. Isikan kode tersebut 
  7. Berikutnya, silakan pilih metode pembayaran (PayPal, GoPay, OVO maupun DANA) 
  8. Silakan masukkan detail akun pembayaran berikut jumlah koin TikTok yang akan Anda cairkan 
  9. Klik tombol Konfirmasi untuk melanjutkan proses pencairan 
  10. Anda akan mendapat pemberitahuan bahwa permintaan pencairan Anda sedang diproses dan segera selesai dalam beberapa hari kerja 

Silakan cek saldo Anda untuk memastikan bahwa pencairan koin benar-benar berhasil.  

Tips Mengatasi Tidak Bisa Cairkan Koin TikTok 

Apabila Anda suda menunggu cukup lama namun saldo tak kunjung bertambah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi tidak dapat mencairkan koin TikTok:  

1. Pastikan Lagi Anda Sudah Memenuhi Syarat Ketentuan 

Silakan coba ingat kembali, adakah persyaratan yang belum Anda penuhi. Hal ini utamanya terkait jumlah koin TikTok. Perlu Anda ketahui bahwa masing-masing metode pembayaran bisa memiliki minimal penarikan berbeda. DANA dan OVO misalnya, penarikan paling sedikit adalah 1000 koin (sekitar Rp10.000), sementara PayPal, minimal penarikan 300 diamond (sekitar Rp60.000 

Baca Juga:  Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Video TikTok ke Media Sosial Lain

2. Cek Metode Pembayaran Anda 

Pastikan bahwa pilihan metode pembayaran Anda tidak ada masalah, baik itu opsi DANA, OVO ataupun PayPal. Seringkali pengguna terkendala melakukan pencarian karena metode pembayaran atau akun mereka bermasalah. Utamanya saat memasukkan nomor telepon akun yang terhubung ke akun TikTok. 

3. Perbarui Aplikasi TikTok  

Tak menutup kemungkinan pula kendala saat penarikan dipicu oleh versi aplikasi yang usang. Hal ini karena biasanya TikTok melakukan pembaruan versi aplikasi untuk menambal celah keamanan dan meningkatkan keandalan fiturnya, termasuk untuk penarikan koinnya. Silakan periksa ke Google PlayStore atau Apple App Store untuk memastikan bahwa TikTok Anda sudah terbaru.  

4. Hapus Cache Aplikasi TikTok  

Keterbatasan spesifikasi perangkat dalam menangani cache juga bisa memicu kendala pencairan koin TikTok. Hal ini utamanya bagi pengguna yang sering scroll dalam durasi panjang dengan ponsel yang memiliki spesifikasi terbatas. Untuk menghapus cache TikTok, silakan tekan tahan ikon TikTok dan klik Info, Pilih Hapus Penyimpanan dan pilih Hapus Cache. 

5. Hubungi Layanan Pelanggan TikTok 

Apabila berbagai langkah di atas belum berhasil mengatasi masalah pencairan koin TikTok, tak ada salahnya menghubungi layanan pelanggan TikTok. Salah satu opsi yang bisa Anda coba adalah mengirim email ke [email protected]. Selain itu Anda juga bisa mengisi formulir yang ada di situs web resmi TikTok. 

Akhir Kata  

Itulah tadi penjelasan tentang bagaimana cara mencairkan koin TikTok dan kiat-kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kendala yang terjadi. Selamat mencoba. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *