Cara Memunculkan Kursor Hilang

Cara Memunculkan Kursor Hilang dengan Mudah di Komputer Windows

Diposting pada

Cara memunculkan kursor hilang di Windows dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah penunjuk yang tiba-tiba hilang di komputer. Ya, penunjuk lokasi mouse atau trackpad ini bisa saja tidak muncul di layar karena beberapa alasan. Driver mouse yang rusak, pengaturan mouse yang salah atau konflik perangkat keras sering menjadi pemicu dan dapat diatasi dengan langkah sederhana berikut. 

Bagaimana Cara Memunculkan Kursor Hilang di Komputer Windows? 

Cara Memunculkan Kursor Hilang

Saat menggunakan komputer atau laptop Windows, peran kursor bisa dikatakan sangat penting untuk berinteraksi dengan berbagai interface. Apabila kondisi ini terjadi secara tiba-tiba, bisa saja membuat pengguna panik karena tak terbiasa berinteraksi menggunakan tombol panah dan kombinasi tombol lain di keyboard. Untuk itu, Anda tak perlu panik dan coba atasi masalah tersebut dengan beberapa langkah berikut: 

1. Lakukan Pemeriksaan Hardware Sederhana 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan sederhana pada mouse atau trackpad perangkat. Anda bisa memanfaatkan mouse eksternal untuk memeriksa apakah fungsi kursor di laptop Anda bermasalah atau tidak. Pada desktop, coba hubungkan mouse eksternal lain dan lihat apakah kursor bisa muncul di layar ataukah tidak. 

Apabila kursor muncul setelah Anda mencoba menggunakan mouse lain, besar kemungkinan Anda memang membutuhkan penggantian. Namun apabila kursor tetap tidak muncul, silakan periksa koneksi mouse. Silakan lihat bagian colokan USB atau PS/2 dan port di perangkat untuk memeriksa adanya kotoran atau kerusakan fisik. 

Baca Juga:  Cara Zoom TikTok dengan Filter (Otomatis) dan Tanpa Filter (Manual) 

Pastikan koneksi antara mouse dan perangkat dapat berjalan dengan baik, baik itu mouse wire maupun wireless. Pastikan kabel yang menghubungkan mouse dengan perangkat tidak memiliki cacat fisik, terkelupas, bengkok dan sebagainya. Selain kabel, Anda mungkin juga perlu memeriksa baterai mouse wireless Anda.  

Anda mungkin juga bisa mencoba melepas semua perangkat keras yang terhubung ke peragkat untuk memeriksa adanya konflik perangkat keras dengan mouse. Setelah semua peripheral selain mouse terlepas, coba pasangkan kembali satu per satu untuk menganalisa adanya masalah. Anda mungkin juga bisa mencoba memasang mouse ke port lain. 

2. Lakukan Pemeriksaan Software  

Pemeriksaan lanjutan yang dimaksud adalah pada pengaturan kursor di perangkat Anda. Ada kalanya pengaturan ini dapat berubah karena beberapa sebab. Untuk memeriksanya, Anda bisa mencoba poin-poin berikut:  

  1. Buka Pengaturan Windows dengan menekan tombol Windows + I  
  2. Klik Perangkat lalu pilih Mouse 
  3. Silakan periksa pengaturan mouse, mulai dari kecepatan dan ukuran kursor, hingga penggunaan fitur-fitur spesifik seperti klik kanan dan gulir 
  4. Klik pada Pointer Options  
  5. Aktifkan opsi Show location of pointer when I press the CTRL key lalu klik Apply 

Pengaturan ini akan membuat kursor selalu ditampilkan setiap Anda menekan tombol CTRL 

Baca Juga:  Internet Cafe Simulator 2, Link Download Apk Versi Terbaru

3. Coba Perbarui Driver Mouse atau Touchpad Anda 

Driver adalah perangkat lunak yang mengatur interaksi setiap perangkat keras pada perangkat komputer. Apabila ada driver yang usang atau bahkan rusak, maka perangkat keras tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, termasuk mouse. Berikut langkah untuk memperbarui driver: 

  1. Buka Start lalu ketik Device Manager pada pencarian 
  2. Pilih opsi Device Manager  
  3. Lakukan pencarian lagi Mice and other pointing devices 
  4. Klik kanan pada mouse atau touchpad kemudian pilih Update driver 
  5. Silakan ikuti instruksi yang muncul di layar untuk melakukan pembaruan driver 

Apabila tidak tersedia pembaruan, tak ada salahnya Anda mencoba menghapus lalu menginstal ulang driver mouse dengan memilih opsi Uninstall device, kemudian menyalakan ulang perangkat. Lihat apakah kursor sudah muncul saat komputer kembali menyala. 

Masalah pada mouse atau trackpad seharusnya sudah bisa dikenali dan teratasi menggunakan cara-cara di atas. Namun tak menutup kemungkinan adanya kesalahan atau kerusakan lain yang lebih parah pada perangkat Anda. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak melakukan perbaikan terlalu jauh apabila Anda tidak memiliki pengetahuan, keterampilan dan peralatan yang cukup. 

Akhir Kata 

Demikian cara memunculkan kursor hilang yang bisa Anda lakukan berdasar urutan prosedur. Apabila cara-cara di atas masih belum membuahkan hasil, silakan menghubungi dukungan teknis dari produsen mouse atau laptop. Selain itu, Anda mungkin juga bisa mempertimbangkan untuk membawa komputer Anda ke pusat servis profesional. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *