Ini 5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik  

Diposting pada

Tips memilih asuransi kesehatan adalah hal-hal yang perlu diperhatikan oleh calon nasabah agar mendapatkan produk asuransi sesuai kebutuhan dan kemampuan. Semakin banyaknya perusahaan penyedia layanan asuransi memang memudahkan orang mendapatkan perlindungan. Di lain sisi, banyaknya pilihan yang kompetitif justru bisa membingungkan, utamanya bagi pemula.  

Apa Saja Tips Memilih Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan 

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Seperti yang diketahui, asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang memberikan manfaat perlindungan kepada nasabah dari risiko sakit maupun perawatan medis karena kecelakaan. Layaknya investasi jangka panjang, asuransi kesehatan juga bermanfaat dalam melindungi keuangan nasabah melalui perlindungan kesehatan. Tak salah jika kemudian masyarakat harus memilih produk secara cermat. 

Saat ini, asuransi kesehatan sendiri sudah semakin beragam demi memenuhi permintaan masyarakat. Beberapa diantaranya adalah asuransi kesehatan individu, keluarga, perusahaan, penyakit kritis maupun asuransi kesehatan tambahan. Masing-masing asuransi kesehatan ini memiliki karakteristik, manfaat, serta besaran premi yang berbeda.  

Seiring semakin banyaknya perusahaan penyedia layanan asuransi kesehatan, calon nasabah asuransi pun bisa menjadi bingung dalam menentukan produk mana yang akan dibeli. Dalam hal ini, calon nasabah harus bisa mendapatkan asuransi kesehatan sesuai kebutuhan dari perusahaan yang benar-benar terpercaya. Di lain sisi, besaran premi dari produk tersebut juga harus tetap terjangkau oleh kemampuan finansialnya. 

Baca Juga:  Celenganku APK, Aplikasi Asisten Keuangan Pribadi yang Handal

Lantas, apa saja kiat yang bisa Anda terapkan saat mempertimbangkan produk dari berbagai perusahaan asuransi saat ini?  

1. Kenali Kebutuhan Perlindungan Kesehatan  

Langkah pertama adalah dengan menentukan dan mengukur kondisi kesehatan diri anda atau keluarga yang akan menjadi pertanggungan asuransi. Silakan menelusuri riwayat kesehatan, risiko penyakit dan risiko cedera yang paling mungkin dihadapi. Hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam merumuskan jenis asuransi kesehatan berdasarkan layanan seperti rawat inap, rawat jalan dan sebagainya. 

2. Perhitungkan Kemampuan Finansial  

Mungkin Anda bisa mulai mencari penawaran produk asuransi berdasarkan langkah pertama di atas sebagai referensi premi yang akan dibayarkan nantinya. Dalam tahap ini, yang penting Anda lakukan adalah memperhitungkan kemampuan keuangan Anda atau keluarga. Pastikan besaran premi yang dibayarkan tidak terlalu membebani keuangan, artinya masih cukup untuk kebutuhan primer dan sekunder. 

3. Mulai Mencari dan Menganalisis Produk 

Berikutnya, Anda bisa mulai mencari dan membandingkan penawaran produk asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan asuransi. Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan saat melakukan perbandingan antara lain: 

  • Manfaat Pertanggungan, yaitu jumlah biaya (maksimal) yang dapat ditanggung asuransi sesuai jenis perawatan. Pertimbangkan asuransi yang memberikan manfaat paling besar 
  • Premi, yaitu sejumlah uang yang nasabah bayarkan secara berkala (bulanan, triwulanan, semesteran, atau tahunan) kepada perusahaan asuransi. Pilih asuransi yang mengenakan besaran premi yang masuk akal dan sesuai kemampuan keuangan Anda 
  • Jaringan Rumah Sakit, yaitu daftar rumah-rumah sakit yang telah menjalin kerja sama dengan pihak asuransi dalam memberikan layanan kesehatan untuk nasabah. Pertimbangkan asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit lebih luas atau mudah paling diakses  
  • Proses Klaim; yaitu prosedur yang wajib dijalani nasabah yang ingin mendapatkan hak penggantian biaya perawatan dari asuransi. Lebih pertimbangkan asuransi yang menerapkan prosedur klaim yang mudah dan cepat  
Baca Juga:  CroxyProxy, Rekomendasi Layanan Proxy Gratis yang Berbasis Web   

4. Membandingkan Produk  

Setelah mendapatkan daftar produk asuransi kesehatan berdasarkan kriteria-kriteria di atas, Anda bisa mulai membandingkan masing-masing produk. Perhatikan segi manfaat, premi, limit, syarat ketentuan, jaringan rumah sakit dan sebagainya antara asuransi satu dan lainnya. Manfaatkan situs online untuk memudahkan perbandingan produk asuransi, misalnya Cermati atau Lifepal.  

5. Cek Reputasi Perusahaan 

Setelah mendapatkan satu atau dua produk, berikutnya Anda bisa mulai mencari tahu tentang reputasi perusahaan penyedia layanan asuransi kesehatan tersebut. Utamanya terkait riwayat kesehatan keuangan perusahaan tersebut, apakah berisiko atau aman terjamin. Silakan cari informasi dari internet, nasabah, komunitas atau langsung hubungi layanan pelanggan untuk memastikan pelayanan dan reputasi perusahaan asuransi.  

Akhir Kata 

Demikian penjelasan tentang asuransi kesehatan dan bagaimana tips memilih Asuransi Kesehatan terbaik. Asuransi kesehatan membantu nasabah dalam menekan biaya perawatan yang terus naik dari tahun ke tahun. Memilih produk secara bijak, nasabah bisa mendapatkan produk asuransi kesehatan yang ideal bagi diri sendiri maupun keluarga. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *