Perbedaan antara “est” dan “since” dalam Bahasa Inggris

Diposting pada

Est dan since adalah dua kata yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris untuk menyatakan waktu atau durasi suatu peristiwa. Meskipun keduanya memiliki arti yang serupa, namun terdapat perbedaan penting dalam penggunaannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara “est” dan “since” serta contoh penggunaannya.

Penggunaan “est”

Kata “est” digunakan untuk menyatakan waktu atau durasi suatu peristiwa yang dimulai pada titik tertentu di masa lalu dan berlanjut hingga sekarang. Kata ini juga sering digunakan untuk menyatakan estimasi waktu atau perkiraan yang belum pasti.

Contoh penggunaan “est”:

1. Saya est mulai belajar Bahasa Inggris sejak lima tahun yang lalu. (Saya mulai belajar Bahasa Inggris lima tahun yang lalu dan saya masih terus melakukannya sekarang.)

2. Proyek ini est berlangsung selama dua bulan. (Proyek ini dimulai dua bulan yang lalu dan masih berlangsung hingga sekarang.)

3. Mereka est akan tiba sekitar pukul 8 malam. (Perkiraan waktu kedatangan mereka adalah sekitar pukul 8 malam, namun mungkin ada keterlambatan atau perubahan jadwal.)

Baca Juga:  Pengertian Perubahan Sosial Menurut William F. Ogburn

Penggunaan “since”

Kata “since” digunakan untuk menyatakan waktu atau durasi suatu peristiwa yang dimulai pada titik tertentu di masa lalu dan terus berlanjut hingga sekarang. Kata ini juga sering digunakan untuk menyatakan titik awal suatu peristiwa.

Contoh penggunaan “since”:

1. Saya belajar Bahasa Inggris sejak tahun 2010. (Saya mulai belajar Bahasa Inggris pada tahun 2010 dan masih melakukannya sekarang.)

2. Mereka tinggal di sini sejak bulan April. (Mereka mulai tinggal di sini pada bulan April dan masih tinggal di sini sekarang.)

3. Saya tidak bertemu dengannya sejak dia pindah ke luar negeri. (Saya tidak bertemu dengannya sejak dia pindah ke luar negeri dan hingga sekarang pun belum bertemu dengannya.)

Penggunaan “est” vs “since”

Perbedaan utama antara “est” dan “since” terletak pada durasi peristiwa. Ketika menggunakan “est”, kita menekankan bahwa peristiwa tersebut masih berlangsung hingga sekarang atau belum berakhir. Sedangkan, ketika menggunakan “since”, kita menekankan bahwa peristiwa tersebut dimulai pada titik tertentu di masa lalu dan terus berlanjut hingga sekarang. “Since” juga sering digunakan untuk menyatakan titik awal suatu peristiwa.

Baca Juga:  Sejak Est: Masa Lalu dan Masa Depan

Contoh perbandingan penggunaan “est” dan “since”:

1. Saya est tinggal di Jakarta selama dua tahun. (Masih tinggal di Jakarta sekarang.)

2. Saya tinggal di Jakarta since tahun 2018. (Masih tinggal di Jakarta sekarang dan dimulai pada tahun 2018.)

Kesimpulan

“Est” dan “since” adalah dua kata yang digunakan dalam Bahasa Inggris untuk menyatakan waktu atau durasi suatu peristiwa. Meskipun keduanya memiliki arti yang serupa, namun terdapat perbedaan penting dalam penggunaannya. “Est” digunakan untuk menyatakan waktu atau durasi peristiwa yang berlanjut hingga sekarang atau estimasi waktu yang belum pasti. Sementara itu, “since” digunakan untuk menyatakan waktu atau durasi peristiwa yang dimulai pada titik tertentu di masa lalu dan terus berlanjut hingga sekarang, serta sering digunakan untuk menyatakan titik awal suatu peristiwa. Dengan memahami perbedaan ini, kita dapat menggunakan kata-kata ini dengan benar dalam penggunaan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *