Cara Menulis Daftar Pustaka dari PPT Dosen

Diposting pada

Daftar pustaka adalah salah satu bagian penting dalam sebuah karya tulis ilmiah. Ketika kita membuat presentasi menggunakan PowerPoint (PPT) yang didapatkan dari dosen, seringkali kita ingin mencantumkan daftar pustaka yang digunakan oleh dosen tersebut. Namun, bagaimana cara menulis daftar pustaka dari PPT dosen? Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Mengidentifikasi Sumber

Langkah pertama dalam menulis daftar pustaka dari PPT dosen adalah mengidentifikasi sumber-sumber yang digunakan oleh dosen tersebut. Biasanya, dosen akan mencantumkan referensi-referensi yang digunakan di dalam slide presentasinya. Perhatikan dengan seksama setiap slide dan catat referensi yang tertera.

2. Mencatat Data Referensi

Setelah mengidentifikasi referensi-referensi yang digunakan oleh dosen, langkah selanjutnya adalah mencatat data referensi tersebut. Data referensi yang perlu dicatat antara lain adalah nama penulis, judul artikel atau buku, nama jurnal atau penerbit, tahun terbit, dan halaman atau nomor volume.

Baca Juga:  Miracle in Cell No 7 Download: Film Penuh Keajaiban yang Mengharukan

3. Menyusun Daftar Pustaka

Setelah mencatat data referensi, langkah selanjutnya adalah menyusun daftar pustaka. Daftar pustaka biasanya disusun secara alfabetis berdasarkan nama penulis. Gunakan gaya penulisan yang sesuai dengan aturan penulisan daftar pustaka yang berlaku, seperti APA (American Psychological Association) atau MLA (Modern Language Association).

4. Menulis Nama Penulis

Pada daftar pustaka, nama penulis biasanya ditulis dengan format belakang, nama depan. Jika terdapat lebih dari satu penulis, pisahkan dengan tanda koma. Jika penulisnya terlalu banyak, cukup tuliskan nama penulis pertama diikuti dengan kata “et al.” (et alia) yang berarti “dan lain-lain”.

5. Menulis Judul Artikel atau Buku

Setelah menulis nama penulis, langkah selanjutnya adalah menulis judul artikel atau buku. Judul biasanya ditulis dengan huruf kapital hanya pada kata pertama dan kata-kata penting lainnya. Jika judul terdiri dari lebih dari satu kalimat, gunakan tanda titik di antara kalimat-kalimat tersebut.

6. Menulis Nama Jurnal atau Penerbit

Jika referensi yang digunakan adalah artikel jurnal, tuliskan nama jurnal setelah judul artikel. Jika referensi yang digunakan adalah buku, tuliskan nama penerbit setelah judul buku. Pastikan menuliskan nama jurnal atau penerbit dengan benar sesuai dengan pedoman penulisan yang berlaku.

Baca Juga:  Cara Membuat Cipuk Sederhana

7. Menulis Tahun Terbit

Setelah nama jurnal atau penerbit, tuliskan tahun terbit referensi tersebut. Tahun terbit biasanya terdapat di bagian depan atau belakang referensi. Pastikan menuliskan tahun terbit dengan benar.

8. Menulis Halaman atau Nomor Volume

Jika referensi yang digunakan adalah artikel jurnal, tuliskan halaman artikel tersebut setelah tahun terbit. Jika referensi yang digunakan adalah buku, tuliskan nomor volume atau halaman buku tersebut setelah tahun terbit. Pastikan menuliskan halaman atau nomor volume dengan benar.

9. Mengatur Penulisan Daftar Pustaka

Setelah menyusun semua referensi, langkah terakhir adalah mengatur penulisan daftar pustaka. Pastikan daftar pustaka terlihat rapi dan mudah dibaca. Gunakan spasi ganda antara setiap referensi dan ratakan paragraf pertama dari setiap referensi.

Kesimpulan

Menulis daftar pustaka dari PPT dosen tidaklah sulit jika kita mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Dengan mengidentifikasi referensi, mencatat data referensi, menyusun daftar pustaka dengan benar, dan mengatur penulisan daftar pustaka, kita dapat mencantumkan daftar pustaka yang lengkap dan sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku. Semoga artikel ini dapat membantu dalam menulis daftar pustaka dari PPT dosen. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *