Ukur Tinggi Badan

Ukur Tinggi Badan Sendiri di Rumah dengan Cara Ini 

Diposting pada

Ukur tinggi badan sendiri bisa Anda lakukan memanfaatkan layanan online, aplikasi seluler atau offline dengan bantuan alat seadanya. Ya, ada kalanya kita perlu mengetahui tinggi badan meskipun sekedar perkiraan. Misalnya untuk keperluan melamar pekerjaan atau persyaratan lainnya yang membutuhkan informasi tinggi badan. 

Pilihan Cara untuk Ukur Tinggi Badan Sendiri di Rumah  

Tak semua orang memiliki alat pengukur tinggi badan akurat seperti stadiometer, meteran atau penggaris ekstra panjang di rumahnya. Alat-alat semacam ini mungkin banyak tersedia di rumah sakit, klinik, apotek, Puskesmas atau di tempat penjahit baju. Lantas apakah Anda harus pergi ke tempat-tempat tersebut untuk mengetahui perkiraan tinggi badan?  

Apabila lokasi tersebut cukup dekat dari tempat Anda, mungkin tak masalah untuk mampir dan menggunakan alat pengukur tinggi badan tersebut. Jika tidak, Anda bisa mencoba alternatif lain memanfatkan smartphone baik secara online maupun offline. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan benda-benda di sekitar Anda yang mungkin dapat membantu Anda mengukur.  

Namun perlu diingat pula bahwa cara-cara yang akan kita bahas nanti hanya memberikan perkiraan tinggi badan Anda. Artinya ada kemungkinan pengukuran tersebut kurang akurat karena sifatnya yang sekedar estimasi saja. Apabila Anda membutuhkan hasil yang benar-benar tepat dan akurat, sebaiknya melakukan ukur tinggi badan menggunakan alat yang valid terstandarisasi dan terkalibrasi. 

Baca Juga:  3 Cara Senyapkan Notifikasi WhatsApp Web

Bagaimana Mengukur Tinggi Badan Secara Online? 

Apabila Anda memiliki smartphone yang tersambung ke internet, ada opsi yang lebih mudah dengan hasil cepat. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengukur tinggi badan secara online, yaitu: 

Menggunakan Bantuan Kalkulator dan Website Online 

Anda bisa memanfaatkan bantuan layanan pengukuran yang tersedia di website dan bisa Anda akses melalu aplikasi browser seperti Chrome, Safari atau lainnya. Cara ini juga bisa Anda terapkan dari laptop atau PC asal terhubung ke internet. Kemudian Anda bisa memasukkan beberapa informasi pendukung untuk mendapatkan estimasi tinggi badan Anda.  

Ada beberapa situs web yang menyediakan kalkulator tinggi badan online yang bisa Anda gunakan untuk mengestimasi tinggi badan Anda berdasarkan usia, jenis kelamin, dan faktor lainnya. Website seperti calculator.net , healthline.com atau wikihow.com menyediakan panduan cara yang mudah dan akurat untuk mengukur tinggi badan. Beberapa website juga menyediakan informasi tambahan terkait faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tinggi badan, seperti genetika, nutrisi, dan olahraga. 

Menggunakan Aplikasi Pengukur Tinggi Badan  

Ukur Tinggi Badan

Apabila Anda cukup sering melakukan pengukuran dan enggan membawa alat ukur, mungkin menginstal aplikasi pengukuran di smartphone bisa jadi solusi ideal. Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda unduh di smartphone Anda yang bisa membantu Anda mengukur tinggi badan secara online dengan menggunakan sensor kamera.  

Beberapa aplikasi yang bisa Anda pertimbangkan antara lain: 

Cara kerja aplikasi ini umumnya dengan meminta Anda untuk menempelkan smartphone Anda di dinding, kemudian berdiri tegak di depannya dalam jarak tertentu. Selanjutnya aplikasi akan mengambil foto Anda lalu memperkirakan tinggi badan Anda melalui algoritma tertentu. Pastikan Anda memiliki smartphone dengan sensor kamera yang berfungsi normal. 

Baca Juga:  Cara Verifikasi Thumbnail YouTube dan Cara Mudah untuk Membuatnya 

Bagaimana Mengukur Tinggi Badan Secara Offline? 

Anda yang merasa ada banyak barang di sekitar untuk membantu Anda melakukan pengukuran tinggi badan, bisa mencoba alternatif offline berikut ini: 

Menggunakan Kertas dan Pensil 

  1. Berdirilah tegak di dekat dinding dan tempelkan selembar kertas atau benda ringan lainnya di atas kepala  
  2. Pastikan kertas sejajar dengan lantai 
  3. Kemudian, tandai bagian bawah kertas dengan pensil 
  4. Ukur jarak antara tanda pensil dan lantai dengan penggaris, meteran atau pita ukur 
  5. Hasil pengukuran tersebut adalah tinggi badan Anda 

Mengukur jarak antara lantai ke kertas tentunya akan lebih mudah dibanding mengukur langsung badan Anda dengan penggaris bukan? Terlebih apabila penggaris yang Anda gunakan tak cukup panjang.  

Menggunakan Kalkulator dan Rumus Matematika 

  1. Berdirilah tegak di dekat dinding  
  2. Ukur jarak antara ujung jari kaki sampai ke pusar menggunakan penggaris atau meteran 
  3. Kemudian, kalikan angka tersebut dengan 1,618 (rasio emas proporsi tubuh manusia) 
  4. Anda bisa menggunakan bantuan alat hitung seperti kalkulator atau kertas dan pensil 
  5. Hasil perhitungan tersebut adalah perkiraan tinggi badan Anda 

Akhir Kata 

Cara ukur tinggi badan mana yang ingin Anda coba terlebih dahulu? Pastinya ANda bisa memilih cara yang paling terjangkau sesuai ketersediaan akses dan barang di sekitar Anda. Namun tetap, cara paling akurat mengetahui tinggi badan adalah menggunakan stadiometer yang mungkin bisa Anda temui di dekat tempat Anda saat ini.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *