Cara Mengembalikan Filter IG yang Hilang

Tenang, Ini Dia Penyebab dan Cara Mengembalikan Filter IG yang Hilang 

Diposting pada

Cara mengembalikan filter IG yang hilang adalah kiat-kiat pengguna untuk mengembalikan akses ke filter Instagram yang tiba-tiba tidak muncul. Filter IG yang tak tersedia dapat membuat pengguna tidak dapat membuat konten seperti yang sudah mereka rencanakan. Dalam situasi tertentu, pastinya hal semacam ini bisa sangat menyebalkan. 

Cara Mengembalikan Filter IG yang Hilang: Penyebab dan Solusinya 

Cara Mengembalikan Filter IG yang Hilang

Untuk bisa mengenali masalah filter IG yang hilang, tak ada salahnya apabila Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan hal ini terjadi. Seperti yang kita tahu, filter Instagram adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat foto dan video dengan efek yang telah tersedia di jendela bidik kamera Instagram. Filter IG ini sendiri bisa pengguna temukan di kamera Instagram atau melalui fitur Reels, Stories dan Live.  

Sebagai salah satu fitur favorit dan tersedia dalam koleksi berjumlah besar, tak sedikit pula pengguna yang bermasalah dengan filter Instagram ini. Salah satunya adalah saat koleksi filter tidak dapat diakses atau tidak ditemukan di kamera Instagram atau di bagian lainnya. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kesalahan sistem, koneksi internet buruk hingga setelan privasi yang kurang tepat. 

Baca Juga:  Kenapa Efek IG tidak bisa Dipakai? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Filter IG Hilang 

Berikut ini beberapa penyebab filter IG tidak muncul: 

1. Filter Kadaluwarsa  

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa filter IG memiliki masa berlaku sehingga tidak dapat diakses lagi apabila sudah habis masa berlaku atau telah dihapus oleh pembuat filter tersebut. 

2. Filter Tidak Kompatibel  

Beberapa jenis filter membutuhkan fungsi atau fitur tertentu yang harus ada pada perangkat pengguna. Apabila spesifikasi perangkat tidak mendukung, maka filter yang dimaksud pun juga tidak akan ditampilkan.  

3. Pengaturan Privasi 

Pengaturan privasi atau akun juga bisa membuat filter IG jadi tersembunyi. Fitur seperti mode hemat data bisa saja memblokir akses internet perangkat untuk mengakses filter IG online. Bisa juga karena pengguna memblokir akun pembuat filter sehingga tidak dapat menggunakan filter yang dibuat oleh akun tersebut  

Solusi Filter IG Hilang  

Beberapa penyebab di atas, mungkin tidak bisa dipecahkan solusinya selain mengganti perangkat atau mencari filter IG alternatif. Namun pada beberapa kasus umum, berikut ini beberapa opsi untuk memulihkan filter IG yang hilang: 

1. Cek Koneksi Internet 

Paling umum, filter IG yang tiba-tiba tidak ada adalah karena masalah koneksi internet yang kurang optimal. Ya, koneksi yang buruk tentunya membuat perangkat kesulitan menampilkan koleksi filter IG yang bersifat online  

2. Berikan Akses Kamera dan Mikrofon 

Hal lain yang juga umum terjadi pada saat baru menginstal IG adalah akses perizinan yang belum disesuaikan oleh pengguna. Dalam hal ini aplikasi Instagam memerlukan akses kamera dan mikrofon agar dapat menampilkan filter IG yang relevan. Silakan masuk ke pengaturan lalu cari aplikasi Instagram dan lihat bagian perizinan.  

Baca Juga:  Cara Posting IG Bersama Atau Collaboration di Instagram

3. Hapus Cache Instagram 

File sementara (cache) yang sudah menumpuk terlalu banyak bisa saja membuat filter IG yang akan ditampilkan tak lagi kebagian ruang untuk disimpan dan ditampilkan. Maka dari itu, coba hapus cache aplikasi Instagram dengan masuk ke pengaturan lalu lihat bagian penyimpanan data dan cache untuk menghapusnya. 

4. Cari Ulang Filter IG  

Setelah cache terhapus, atau apabila sistem perangkat menghapus cache IG secara otomatis, Anda perlu mencari ulang filter IG. Silakan ketik nama filter atau akun pembuat filter untuk mencari filter yang Anda maksud.  

5. Cek Versi Aplikasi Instagram 

Versi aplikasi juga bisa saja menyebabkan filter IG tidak tampil. Mengatasinya, tentu Anda perlu memeriksa versi dan segera memperbarui aplikasi apabila ada update. Versi lawas bisa saja memicu masalah kompatibilitas dan bug, meskipun jarang terjadi 

Akhir Kata 

Itulah beberapa penyebab dan beberapa pilihan cara mengembalikan filter IG yang hilang dari aplikasi Anda. Ingat bahwa tak harus terpaku pada filter tertentu untuk berkarya, tak ada salahnya Anda mempertimbangkan filter lain yang masih bisa Anda kreasikan. Tidak ada batasan untuk bisa mendapatkan karya seperti keinginan Anda di Instagram. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *