Cara Membatalkan Pesanan Gojek

Cara Membatalkan Pesanan Gojek dan Solusi Tidak Bisa Cancel

Diposting pada

Cara membatalkan pesanan Gojek adalah langkah yang bisa pengguna lakukan untuk meminta batal pesan ke sistem maupun driver. Ada kalanya Anda sebagai pelanggan ingin cancel orderan karena alasan  seperti perubahan rencana, kesalahan input, atau merasa kurang puas dengan layanan. Namun demikian, proses pembatalan ini memiliki mekanisme dan persyaratan yang perlu pengguna ketahui.  

Cara Membatalkan Pesanan Gojek dan Hal yang Perlu Anda Ketahui 

Seperti yang kita semua ketahui bahwa saat ini layanan Gojek sudah menjadi bagian dalam keseharian masyarakat, utamanya yang tinggal di daerah perkotaan. Layanan dengan warna khas hijaunya ini menawarkan bermacam solusi kebutuhan sehari-hari, seperti transportasi, pembayaran, pesan makanan, belanja, bisnis bahkan hiburan. Tak heran jika kemudian masyarakat mengandalkan layanan ini untuk kebutuhannya sehari-hari, termasuk Anda mungkin.   

Nah, sebagai pengguna, tentunya Anda tak sekedar mengetahui bagaimana cara melakukan pesanan saja. Ada baiknya Anda juga memahami mekanisme membatalkan pesanan untuk berjaga-jaga seandainya terjadi hal yang tak terduga. Ini karena tak menutup kemungkinan Anda tiba-tiba memiliki perubahan rencana atau melakukan kesalahan tanpa sengaja saat melakukan order.  

Cara Batalkan Pesanan Gojek 

Cara Membatalkan Pesanan Gojek

Untuk cancel pesanan Gojek, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan: 

  1. Buka aplikasi Gojek kemudian ketuk menu Pesanan Saya  
  2. Silakan pilih pesanan yang ingin Anda batalkan kemudian ketuk Cancel  
  3. Berikutnya, silakan memilih salah satu dari daftar alasan pembatalan pesanan yang muncul di aplikasi, di antaranya: 
    • Saya berubah pikiran 
    • Saya salah pesan, atau  
    • Driver terlalu lama datang 
  1. Apabila Anda sudah memilih alasan yang sesuai, silakan ketuk Lanjutkan  
  2. Sampai di sini, Anda sudah selesai mengajukan pembatalan pesanan dan silakan tunggu respon dari sistem 
Baca Juga:  Aplikasi Pengganti YouTube Go Terbaru: GoTube 

Hal yang Perlu Anda Ketahui dari Pembatalan Pesanan Gojek 

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, pesanan Anda masih belum batal karena sistem masih memerlukan konfirmasi dari driver Gojek terlebih dahulu. Apabila pihak driver setuju dengan pembatalan tersebut atau tidak merespon hingga 5 menit, maka permintaan Anda berhasil dan tidak perlu membayar apa pun. Namun apabila driver tidak setuju dengan pembatalan, maka permintaan cancel Anda tidak berhasil dan tetap harus membayar sesuai tarif.    

Selain ketentuan ini, ada pula hal lain yang juga perlu Anda ketahui yaitu pengajuan pembatalan pesanan Gojek hanya ini bisa pengguna lakukan sebelum driver sampai di lokasi penjemputan. Apabila driver sudah tiba di lokasi penjemputan, maka pengguna membayar biaya minimal sesuai pilihan jenis layanannya. Apabila pengguna mengajukan pembatalan setelah driver tiba di lokasi tujuan, maka pengguna tetap harus membayar biaya penuh sesuai tarif layanan.   

Opsi Solusi Tidak Bisa Batalkan Pesanan Gojek 

Sesuai penjelasan di atas, ketentuan terkait pembatalan pesanan Gojek memang masih masuk akal agar tidak merugikan pihak driver atau pengemudi. Namun pada kondisi tertentu, Anda mungkin juga tetap ingin mengusahakan pembatalan yang mungkin tidak sesuai dengan ketentuan tersebut. Nah, apabila Anda terlanjur memesan dan kecil peluang untuk cancel, berikut opsi yang bisa Anda coba:  

1. Segera Hubungi Driver 

Sebelum pihak driver tiba di lokasi penjemputan Anda atau lokasi orederan, segera hubungi driver yang merespon tersebut melalui fitur chat atau telepon di aplikasi. Anda bisa meminta pihak driver untuk melakukan pembatalan, atau pihak driver yang melakukan cancel. Jelaskan dengan sopan agar driver bisa menerima alasan rasional dari Anda dengan detail.  

2. Gunakan Fitur Bantuan di Aplikasi   

Apabila driver tidak bersedia cancel atau tidak bisa dihubungi, gunakan fitur Bantuan di aplikasi Gojek untuk mengakses layanan customer service. Ikuti langkah berikut: 

  1. Silakan memilih kategori pesanan yang ingin Anda batalkan 
  2. Pilih opsi Saya ingin cancel pesanan 
  3. Silakan mengisi alasan pembatalan pesanan dan sertakan bukti pendukung (bila ada) 
  4. Tunggu sistem mengevaluasi permintaan Anda dan mengirimkan hasilnya melalui email atau notifikasi aplikasi 
Baca Juga:  Tips Aman dan Cara Mengecek HP Asli atau Palsu dan Rekondisi  

Dari pemberitahuan tersebut, apabila permintaan Anda disetujui, maka pesanan Anda akan batal dan tidak perlu membayar. Sebaliknya, jika permintaan Anda tidak disetujui, maka pesanan akan terus terproses dan Anda harus membayar sesuai tarif. 

3. Tunggu Driver Tiba 

Apabila kedua opsi di atas tidak berhasil membatalkan pesanan, masih ada opsi terakhir yang juga tak ada salahnya Anda coba. Hal ini juga berlaku apabila fitur Bantuan atau layanan CS tak segera merespon permintaan Anda. Opsi ketiga ini mungkin juga memerlukan kemampuan Anda dalam bernegosiasi dan persuasi ke driver. 

Anda hanya perlu menunggu proses pesanan Anda tetap berjalan sambil menunggu driver tiba di lokasi Anda. Setelah driver sampai di lokasi, silakan jelaskan bahwa Anda ingin membatalkan pesanan tersebut. Anda bisa meminta kepada pihak driver untuk melakukan cancel dari sisi mereka sehingga pesanan yang sudah terproses bisa cancel. 

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu memberikan kompensasi kepada pihak driver yang sudah menempuh perjalanan ke lokasi Anda. Opsi ketiga ini juga tak selalu berhasil mengingat tak semua driver bersedia melakukan cancel. Belum lagi dengan kemungkinan adanya konsekuensi penalti kepada driver yang membatalkan pesanan pengguna.  

Akhir Kata 

Itulah tadi penjelasan tentang bagaimana cara membatalkan pesanan Gojek dan beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Meskipun pembatalan pesanan ini mungkin untuk Anda lakukan, sebaiknya tetap bijak sebelum melakukan pemesanan. Selain itu, usahakan untuk memberikan perhatian yang cukup saat menggunakan aplikasi Gojek demi menghindari kesalahan order tanpa sengaja. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *