Pre Order di Shopee

Pre Order di Shopee, Penjual dan Pembeli Wajib Tahu 

Diposting pada

Pre order di Shopee adalah salah satu fitur yang memungkinkan penjual untuk menjual produk yang belum tersedia atau stoknya terbatas. Fitur ini mungkin tak bergitu asing bagi Anda yang terbilang sering berbelanja online di berbagai e-commerce. Tapi jika Anda masih belum begitu yakin, silakan simak penjelasan tentang sistem pemesanan ini. 

Pre Order di Shopee: Pengertian, Manfaat dan Risiko  

Sebagai salah satu platform belanja online terkemuka di tanah Air, Shopee juga menyediakan fitur pre order bagi para penjual yang berminat dengan item tertentu. Fitur pro order memungkinkan pembeli untuk memesan produk terlebih dahulu dengan membayar sebagian atau seluruh harga produk. Setelah membayar, pembeli mendapatkan konfirmasi penjual tentang ketersediaan produk beserta estimasi pengiriman. 

Untung Rugi Sistem Pre Order 

Melalui mekanisme seperti yang dijelaskan di atas, maka sistem pre order ini menawarkan beberapa keuntungan, antara lain:  

  • Penjual dapat meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan dengan menawarkan produk eksklusif atau langka 
  • Penjual dapat mengurangi risiko overstock atau kehabisan stok dengan menyesuaikan jumlah produk sesuai permintaan pasar 
  • Penjual dapat memperluas jangkauan pasar dengan menjangkau pembeli yang bersedia menunggu produk impian mereka 
  • Penjual dapat menyediakan fleksibilitas pembayaran dengan memberikan pilihan untuk membayar penuh atau cicilan 
  • Pembeli bisa mendapatkan barang yang sesuai keinginan mereka dengan lebih cepat, lebih murah, atau lebih eksklusif 

Meski begitu, mekanisme ini juga memiliki risiko yang perlu penjual dan pembeli pahami. Pada sistem ini, penjual harus berani menanggung risiko batalnya pesanan, terjadinya keterlambatan pengiriman, hingga potensi kerusakan barang. Sementara di sisi pembeli, mereka harus rela menunggu waktu yang lebih lama untuk menerima barang, membayar uang muka dulu, atau bahkan tidak bisa return barang seandainya tidak sesuai harapan. 

Contoh Jenis Barang Pre Order 

Barang yang biasanya dijual dengan sistem Pre Order di Shopee adalah barang yang memiliki permintaan tinggi, stok terbatas, atau membutuhkan waktu produksi yang lama. Beberapa contoh barang yang biasanya tersedia dalam sistem pre order ini antara lain: 

Baca Juga:  Cara Membuat Icon Aplikasi Anime Aesthetic Paling Mudah 

Elektronik Terbaru 

Barang-barang seperti smartphone, laptop atau kamera tergolong ke dalam barang dengan demand (permintaan) tinggi namun jumlah stoknya terbatas. Terlebih untuk jenis tertentu seperti smartphone canggih terbaru, penjual sampai harus menggunakan sistem pre order mengantisipasi permintaan dan mengamankan ketersediaan stok. 

Fashion dan Aksesoris eksklusif 

Produk seperti branded dan limited seperti tas, sepatu atau perhiasan cenderung memiliki harga mahal dengan kualitas tinggi. Meski mahal, tetap saja permintaan tetap tinggi. Dalam kondisi ini, penjual perlu mengamankan stok agar menjamin ketersediaan barang saat ada pembeli yang benar-benar berminat. 

Handmade 

Barang seperti boneka, lukisan atau pernak-pernik hasil kerajinan tangan memerlukan ketelitian, keterampilan dan kreativitas pembuatnya. Tak salah jika proses produksinya pun bisa memerlukan waktu lama. Terlebih, produk semacam ini juga umumnya tidak dapat diproduksi massal sehingga penjual perlu mengatur agar stok tidak sampai kurang atau bahkan berlebih, salah satunya menerapkan sistem pre order. 

Cara Menggunakan Fitur Pre Order Shopee 

Pre Order di Shopee

Setelah memahami hal-hal di atas, kini Anda bisa mulai mempelajari bagaimana cara menggunakan fitur ini, baik sebagai seller maupun pembeli. 

Cara Penjual Mengaktifkan Fitur Pre Order 

Untuk menggunakan fitur pre order, seller di Shopee bisa mengaktifkan fitur ini pada halaman pengaturan toko, menentukan persentase pembayaran awal, durasi pre order serta tanggal pengiriman produk. Berikut penjelasan langkah-langkahnya: 

  1. Login ke akun Shopee Seller Center dan pilih menu Produk 
  2. Tentukan produk yang akan diatur sebagai barang pre order. Seller juga bisa menambahkan produk baru sebagai barang pre order 
  3. Selanjutnya, pada halaman detail produk, geser tombol Pre Order ke posisi ON 
  4. Masukkan informasi pre order, (tanggal mulai dan berakhir, estimasi pengiriman, dan jumlah maksimum pembelian per pembeli) 
  5. Terakhir, silakan simpan perubahan  

Setelah pre order aktif, penjual dapat melihat status pre order di halaman Detail Produk dan Daftar Pesanan. Selain itu, seller juga bisa mengirim pesan kepada pembeli yang telah melakukan pre order untuk memberi tahu perkembangan orderan produk atau sekedar mengonfirmasi pengiriman. 

Baca Juga:  Ini 5 Rekomendasi Situs Penyedia Gambar Gratis

Cara Pembeli Menggunakan Fitur Pre Order 

Pembeli yang tertarik dengan produk pre order dapat melihat detail produk dan syarat dan ketentuan di halaman produk. Pembeli juga dapat menghubungi penjual untuk menanyakan informasi lebih lanjut tentang produk atau proses Pre Order. 

Untuk melakukan pre order di Shopee, pembeli perlu mengikuti langkah-langkah berikut:  

  1. Lakukan pencarian produk memanfaatkan kolom pencarian atau menelusuri kategori dan filter 
  2. Perhatikan adanya label Pre Order pada halaman produk atau di bawah harga produk. Label tersebut merupakan tanda bahwa produk tersebut adalah produk pre order dengan durasi pengiriman lebih lama dari biasanya  
  3. Pembeli perlu membaca deskripsi produk dengan seksama, termasuk informasi mengenai tanggal rilis, estimasi pengiriman, syarat dan ketentuan, serta kebijakan pembatalan dan pengembalian. Pembeli juga perlu memastikan bahwa mereka telah memahami dan menyetujui semua informasi tersebut sebelum melanjutkan ke pembayaran 
  4. Berikutnya, pembeli bisa memilih varian produk yang diinginkan, seperti warna, ukuran, atau model, jika ada lalu memasukkan jumlah produk yang ingin dipesan. Setelah sesuai, klik Beli Sekarang atau Tambah ke Keranjang  
  5. Lakukan pembayaran sesuai jumlah yang tertera di halaman pembayaran dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh Shopee 
  6. Setelah pembayaran berhasil, pembeli akan menerima notifikasi konfirmasi dari Shopee melalui email atau aplikasi. Pembeli juga dapat melihat status pesanan Anda di halaman Pesanan Saya 
  7. Tunggu penjual mengirim produk pre order. Pembeli dapat melacak lokasi produk Anda di halaman Lacak Pesanan. Jika ada masalah atau pertanyaan seputar pesanan, pembeli dapat menghubungi penjual atau layanan pelanggan Shopee. 
  8. Setelah produk pre order tiba, pembeli perlu memastikan kesesuaian kondisi dan kelengkapan produk sebelum konfirmasi penerimaan barang. Bila terdapat ada kerusakan atau kekurangan, pembeli dapat mengajukan klaim atau pengembalian barang sesuai dengan kebijakan Shopee. 

Akhir Kata 

Kini Anda sudah lebih memahami tentang apa itu pre order di Shopee, apa saja manfaat dan risikonya serta bagaimana menggunakannya. Dengan memahami istilah pada salah satu fitur populer e-commerce ini, Anda sebagai penjual mapun pembeli bisa lebih mengoptimalkan layanan sesuai harapan. Selain itu, Anda juga dapat menghindari kekecewaan karena kurangnya pengetahuan atas sistem pre order tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *