Cara buat polling di WA

Cara Buat Polling di WA, Jajak Pendapat Instan dan Realtime 

Diposting pada

Cara buat polling di WA (WhatsApp) adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur jajak pendapat (polling) di chat, baik percakapan pribadi maupun grup. Ya, melalui fitur yang ada di lampiran obrolan ini, pengguna tak perlu bersusah payah untuk sekedar meminta masukan dari orang lain. Nah, apabila Anda ingin mencoba melakukan survei ke teman-teman atau keluarga Anda di WhatsApp, silakan ikuti penjelasannya berikut ini.  

Cara Buat Polling di WA dan Melihat Hasilnya 

Cara buat polling di WA

Polling di WhatsApp adalah fitur lampiran di obrolan WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk membuat jajak pendapat di grup atau di percakapan pribadi. Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda perlu memastikan bahwa versi aplikasi seluler WhatsApp sudah pada versi terbaru. Untuk Android, versi yang mendukung fitur ini adalah 2.22.23, sedangkan untuk iOS adalah 22.23.74. 

Langkah Membuat Polling di WhatsApp

Berikut adalah cara membuat polling di WhatsApp:  

  1. Buka chat yang ingin Anda buat polling, baik grup atau pribadi. 
  2. Klik ikon lampiran atau pin penjepit kertas di pojok kanan bawah 
  3. Klik ikon Poll atau Polling di paling bawah 
  4. Masukkan pertanyaan yang ingin Anda ajukan di bawah Question atau Pertanyaan 
  5. Masukkan opsi jawaban yang tersedia di bawah Options atau Opsi. Anda bisa menambahkan atau menghapus opsi dengan klik + atau – 
  6. Secara bawaan (default), pengguna bisa memilih lebih dari satu opsi jawaban. Jika Anda ingin membatasi pengguna hanya bisa memilih satu opsi, matikan tombol Allow multiple answers atau Izinkan jawaban ganda dengan mengetuknya 
  7. Klik Create Poll atau Buat Polling untuk mengirim polling ke chat 
Baca Juga:  Cara Ketahui Bluetooth di Laptop dan Tips Memilih Dongle 

Setelah polling dibuat, pengguna lain bisa memberikan suara dengan mengetuk opsi yang mereka inginkan. Untuk mengakhiri polling, ketuk polling di chat dan pilih “Akhiri polling”. Anda tidak bisa mengubah atau menghapus polling setelah Anda mengirimkannya. 

Cara Melihat Hasil Polling WhatsApp 

Anda bisa melihat hasil polling dengan mengetuk View votes atau Lihat suara. Untuk melihat hasil polling di WhatsApp, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Silakan masuk ke grup atau percakapan yang memiliki polling 
  2. Ketuk polling yang ingin Anda lihat hasilnya (berbentuk pesan dengan beberapa pilihan jawaban dan tombol Vote) 
  3. Setelah Anda mengetuk polling, Anda akan melihat halaman detail polling yang menampilkan pertanyaan, pilihan jawaban, jumlah suara, dan persentase suara untuk setiap pilihan 
  4. Anda juga dapat melihat siapa saja yang telah memberikan suara untuk setiap pilihan dengan mengetuk nama pilihan tersebut. Anda akan melihat daftar kontak yang telah memberikan suara dan waktu mereka memberikan suara 
  5. Jika Anda belum memberikan suara, Anda dapat memberikan suara dengan mengetuk pilihan yang Anda inginkan. Anda hanya dapat memberikan suara sekali untuk setiap polling dan tidak dapat mengubah suara Anda setelahnya. 
  6. Jika Anda ingin berbagi hasil polling dengan orang lain, Anda dapat mengetuk ikon bagikan di kanan atas halaman detail polling. Anda dapat memilih kontak atau grup yang ingin Anda bagikan hasil polling dengan mereka. 
Baca Juga:  Ini Dia 3 Pilihan Cara Menggabungkan File Word 

Tips Membuat Polling di WhatsApp 

Ada beberapa tips untuk memastikan bahwa survei yang Anda lakukan bisa mendapatkan hasill yang optimal. Berikut beberapa kiat yang bisa Anda terapkan pada polling WA: 

  • Pastikan pertanyaan polling Anda jelas, singkat, dan mudah dimengerti. Hindari pertanyaan yang ambigu, berbelit-belit, atau mengandung istilah teknis yang tidak familiar. 
  • Berikan pilihan jawaban yang relevan, lengkap, dan tidak tumpang tindih. Hindari pilihan jawaban yang terlalu banyak, terlalu sedikit, atau saling bertentangan. 
  • Tentukan batas waktu untuk polling Anda. Beri tahu partisipan kapan polling akan ditutup dan kapan hasilnya akan diumumkan. Hal ini akan meningkatkan tingkat respons dan kredibilitas polling Anda. 
  • Jaga kerahasiaan dan privasi partisipan. Jangan membagikan identitas, kontak, atau data pribadi partisipan tanpa izin mereka. Jangan juga menggunakan polling untuk tujuan yang tidak etis, seperti spamming, phishing, atau penipuan. 
  • Manfaatkan fitur analisis yang disediakan oleh Polling WhatsApp. Anda dapat melihat statistik seperti jumlah respons, persentase pilihan jawaban, dan waktu respons. Fitur ini dapat membantu Anda menganalisis dan menyimpulkan hasil polling Anda dengan lebih akurat dan objektif. 

Akhir Kata 

Mudah sekali bukan cara buat polling di WA di atas? Sebagai salah satu aplikasi chat terbesar di dunia, tak heran apabila WhatsApp mampu menghadirkan fitur basic yang berguna dan menyajikannya dengan intuitif. Sebagai pengguna, sudah sewajarnya apabila Anda memanfaatkan fitur ini secara optimal dengan segala kemudahannya tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *