Biaya Admin Shopee

Biaya Admin Shopee yang Harus Penjual dan Pembeli Ketahui 

Diposting pada

Biaya admin Shopee adalah biaya yang dikenakan kepada penjual untuk setiap transaksi yang berhasil di platform Shopee. Tak hanya penjual, pihak pembli pun juga perlu memperhatikan biaya tambahan yang satu ini. Nah, apabila Anda ingin memastikan transaksi Anda di Shopee sesuai harapan, silakan simak penjelasan tentang biaya ini.  

Apa Itu Biaya Admin Shopee? 

Biaya Admin Shopee

Salah satu faktor yang mempengaruhi keuntungan seller di Shopee adalah biaya admin. Oleh karena itu, seller perlu memperhitungkan biaya admin ini agar dapat menentukan harga jual produk yang tepat. Selain itu, perhitungan biaya ini juga berguna untuk lebih mengoptimalkan margin keuntungan. 

Sementara di sisi pembeli, mereka juga perlu memperhitungkan biaya admin ini sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi total biaya belanja mereka di Shopee. Hal ini karena biaya admin ini tidak termasuk dalam harga produk atau ongkos kirim dan harus dibayarkan secara terpisah. Biaya tersebut juga tidak dapat dikembalikan atau diklaim sebagai cashback oleh pembeli. 

Biaya admin shopee dapat bervariasi tergantung pada metode pembayaran, jenis pengiriman, dan lokasi penjual atau pembeli. Selain itu, biaya admin seller Shopee juga ikut dipengaruhi faktor seperti status penjual, kategori produk, dan program yang diikuti oleh penjual. 

Baca Juga:  Tahapan On Delivery di Shopee dan Cara Cek Status Pengiriman 

Biaya Admin Penjual di Shopee   

Berikut adalah penjelasan tentang biaya admin Shopee untuk penjual. 

Biaya admin untuk Non-Star Seller 

  • 2,5% untuk kategori produk A (produk seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris dan sebagainya) 
  • 1,7% untuk kategori produk B (produk seperti elektronik, komputer, handphone dan lainnya) 
  • 1,25% untuk kategori produk C (produk seperti buku, mainan, alat tulis dan lainnya)  

Biaya admin untuk Star Seller dan Star+ Seller 

  • 1,6% untuk kategori produk A 
  • 0,75% untuk kategori produk B dan C  

Biaya admin untuk Seller di Mall 

  • 6,5% untuk kategori produk A 
  • 4,5% untuk kategori produk B dan C 

Biaya layanan program Shopee 

Biaya lain di Shopee yang kemudian bisa saja dihitung sebagai biaya admin bagi penjual saat ingin menyediakan fitur seperti Gratis Ongkir XTRA dan Cashback XTRA. 

Biaya Penanganan 

Penjual mungkin juga akan mendapatkan biaya penanganan, yaitu biaya yang dibayar oleh pembeli untuk setiap checkout yang dihitung berdasar total transaksi. Besaran biaya yang mungkin bisa juga dihitung sebagai biaya admin ini bervariasi sesuai pilihan metode pembayaran.  

Berikut rincian biaya penanganan:  

  • Transfer Bank: Rp2.500 
  • ShopeePay: Rp0 
  • Kartu Kredit/ Debit Online: Rp0 
  • Cicilan Kartu Kredit: Rp0 – Rp20.000 (tergantung bank) 
  • Indomaret/ Alfamart: Rp2.500 
  • Kredivo: Rp0 
  • Akulaku: Rp0  
Baca Juga:  Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri dengan Mudah

Biaya penanganan ini akan dipotong secara otomatis melalui sistem Shopee saat dana hasil penjualan dilepaskan ke saldo penjual. 

Biaya Admin Pembeli di Shopee 

Biaya admin yang perlu diperhatikan pembeli antara lain: 

Biaya admin pembayaran transfer bank  

Biaya yang dikenakan oleh bank saat pembeli melakukan pembayaran melalui transfer antar bank. Biaya ini biasanya berkisar antara Rp 2.500 hingga Rp 6.500 per transaksi.  

Biaya admin pembayaran e-wallet  

Biaya dari penyedia layanan e-wallet saat pembeli melakukan pembayaran melalui dompet digital seperti OVO, DANA, LinkAja, atau ShopeePay. Biaya ini biasanya berkisar antara Rp 1.000 hingga Rp 2.500 per transaksi.  

Biaya admin pembayaran kartu kredit  

Biaya dari bank penerbit kartu kredit jika pembeli melakukan pembayaran melalui kartu kredit. Biaya ini biasanya berkisar antara 2% hingga 3% dari total transaksi.  

Biaya admin pembayaran COD  

Biaya jika pembeli memilih metode pembayaran cash on delivery (COD) atau bayar di tempat. Biaya ini biasanya sebesar Rp3.000 per transaksi.  

Biaya admin gratis ongkir  

Biaya saat penjual atau pembeli memanfaatkan program gratis ongkir yang ditawarkan oleh shopee. Biaya ini biasanya sebesar Rp2.000 per transaksi. 

Akhir Kata 

Biaya admin Shopee ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pihak Shopee. Oleh karena itu, penting bagi penjual maupun pembeli untuk selalu memeriksa daftar biaya admin sebelum melakukan transaksi di Shopee. Dengan begitu, Anda bisa berbelanja dengan lebih tenang dan nyaman bebas dari biaya tambahan tak terduga.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *