JNE JTR Cashless

JNE JTR Cashless, Opsi Pengiriman Paket Besar yang Terjangkau 

Diposting pada

JNE JTR cashless adalah salah satu dari jenis layanan jasa kirim JNE Express secara cashless (non-tunai) khusus untuk paket besar. 

Jenis layanan yang satu ini mendukung pengiriman dalam jumlah besar karena penggunaan armada truk melalui darat dan laut untuk mengnirimkan barang. 

Opsi ini pun bisa jadi lebih ekonomis baik bagi penjual maupun pembeli di e-commerce. 

Apa Keuntungan dan Bagaimana Menggunakan JNE JTR Cashless? 

JNE JTR Cashless

Anda yang masih awam, JNE JTR Cashless ini merupakan layanan pengiriman paket dalam jumlah besar menggunakan armada truk JNE melalui darat dan laut. 

Jenis layanan ini mampu menawarkan tarif yang lebih ekonomis untuk pengiriman yang terbilang besar, tanpa mengesampingkan kemudahan dan keamanan layanan.  

Opsi layanan ini bisa jadi pilihan terbaik bagi pengguna e-commerce yang ingin berkirim barang dengan ukuran jumbo, baik di dalam pulau maupun ke luar pulau di Indonesia.  

Keuntungan Menggunakan Layanan JTR Cashless 

Layanan ini bisa pengguna manfaatkan, antara lain: 

Manfaat bagi pihak penjual atau pengirim 

  • Dengan menggunakan opsi layanan ini, pihak penjual tidak perlu membayar ongkos kirim secara tunai ketika akan mengantarkan paket ke gerai JNE.  
  • Dalam hal ini, biaya ongkir akan otomatis terpotong dari saldo akun milik penjual di e-commerce sehingga menjadikannya lebih praktis.  
  • Penjual dapat menekan risiko salah input resi dan alamat karena nomor resi akan masuk ke sistem marketplace secara otomatis tanpa perlu menuliskan manual.  
Baca Juga:  Rekomendasi dan Tips Memilih Aplikasi Pengolah Kata di PC 

Manfaat bagi pihak pembeli atau penerima 

  • Seperti pengguna layanan ekspedisi lain pada umumnya, pihak penerima paket juga bisa melacak paketnya menggunakan nomor resi yang muncul.  
  • Pengguna juga bisa memanfaatkan opsi tambahan asuransi paket untuk memberikan perlindungan pada barang berharga. 
  • Sementara perkiraan waktu pengiriman paket JTR ini, sama dengan jenis layanan pilihan pengiriman, antara lain YES (next day service), REG (reguler) atau JTR (trucking).  

Cara Menggunakan JTR Cashless bagi Penjual dan Pembeli 

Karena layanan pengiriman menggunakan truck JNE ini tersedia di berbagai marketplace online, maka penggunaan jasa pun cenderung bagi penjual dan pembeli. 

Anda yang menggunakan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli atau lainnya, bisa mengikuti langkah berikut: 

Cara Menggunakan JTR Cashless bagi Penjual 

Untuk mengirim barang menggunakan JTR di aplikasi Shopee misalnya, silakan ikuti langkah berikut: 

  1. Sebelumnnya, pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur JTR Cashless JNE di Pengaturan Toko Anda. Silakan klik tombol Aktifkan dan ikuti instruksi untuk menambahkan fitur ini ke toko Anda. 
  2. Selanjutnya silakan memilih metode pengiriman JTR ini ketika Anda membuat atau mengedit produk Anda dengan menambahkan opsi pengiriman JNE JTR Cashless di bagian Pengiriman. 
  3. Setelah itu, saat ada pembeli yang memesan produk kemudian memilih metode pengiriman JTR Cashless, maka Anda akan menerima notifikasi di aplikasi Shopee dan bisa Anda cek di halaman Penjualan. 
  4. Silakan memproses pesanan tersebut lalu cetak label pengiriman yang tersedia di aplikasi Shopee Anda. Pastikan Anda mencetak label tersebut dengan baik dan detail dapat terlihat jelas. 
  5. Berikutnya, tempelkan label pengiriman tersebut di bagian depan paket yang akan Anda kirim dan pastikan posisi label tersebut tidak tertutup atau rusak saat pengiriman. 
  6. Silakan menghubungi kurir JNE untuk datang ke lokasi untuk menjemput paket Anda melalui nomor telepon di label pengiriman atau lewat fitur Hubungi Kurir di aplikasi Shopee. 
  7. Serahkan paket kepada kurir JNE beserta cetak bukti transaksi dari aplikasi Shopee.  
  8. Tunggu kurir JNE melakukan verifikasi dan scan barcode label pengiriman kemudian memberikan tanda terima sebagai bukti penyerahan paket. 
  9. Silakan lacak status pengiriman paket tersebut di aplikasi Shopee Anda.  
Baca Juga:  Cara Hapus Riwayat Pesanan di Shopee, Apakah Bisa? 

Cara Menggunakan JTR Cashless bagi Pembeli  

Untuk membeli barang besar di Shopee misalnya, silakan ikuti langkah berikut untuk menggunakan opsi pengiriman JTR:  

  1. Silakan pilih produk yang ingin Anda beli kemudian masukkan ke keranjang belanja seperti biasa. 
  2. Pada halaman checkout aplikasi, silakan pilih opsi pengiriman JNE JTR Cashless.  
  3. Selanjutnya, pastikan bahwa alamat pengiriman Anda sudah sesuai. 
  4. Pilih metode pembayaran (ShopeePay, transfer bank, kartu kredit, atau lainnya) lalu lakukan pembayaran tersebut. 
  5. Setelah pembayaran Anda berhasil, maka Anda akan segera menerima nomor resi JTR setelah penjual menyelsaikan proses pesanan Anda. 
  6. Silakan melacak paket menggunakan nomor resi tadi di aplikasi Shopee atau website JNE. 
  7. Tunggu barang Anda sampai di alamat tujuan lalu lakukan konfirmasi penerimaan barang di aplikasi Shopee setelah paket Anda terima sesuai. 

Akhir Kata 

JNE JTR cashless bisa jadi opsi pengiriman ideal apabila Anda hendak mengirimkan paket berukuran besar. 

Hal ini karena Anda bisa mengakses berbagai opsi kecepatan pengiriman yang sesuai kebutuhan, namun tetap terjangkau sekaligus aman. 

Selain itu, jenis layanan ini juga mudah untuk pengguna akses dari aplikasi belanja sehingga membuatnya lebih mudah diakses pengguna.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *