Cara Menghemat Baterai HP

7 Cara Menghemat Baterai HP agar Awet dan Tahan Lama  

Diposting pada

Cara menghemat baterai HP adalah kiat-kiat yang bisa pengguna lakukan agar pemakaian daya HP menjadi lebih optimal.  

Saat ini setiap pabrikan HP memang sudah membawakan kapasitas baterai yang semakin besar pada produknya dengan software dan harware yang makin efisien. 

Namun tetap saja, akan ada situasi dimana pengguna mulai mengeluhkan HP mereka semakin boros baterai. 

Bagaimanakah Cara Menghemat Baterai HP yang Efektif? 

Seperti yang kita tahu bahwa baterai ponsel adalah salah satu komponen penting yang kemudian dapat menentukan kinerja dan kenyamanan penggunaan.  

Baterai yang optimal dengan daya yang cukup, memungkinkan prosesor untuk bekerja maksimal untuk menjalankan aplikasi maupun game. 

Selain itu, baterai yang sehat juga dapat menyimpan daya lebih lama karena kapasitas sel di dalamnya yang efektif menampung tegangan listrik. 

Namun seiring waktu dan pemakaian, baterai rentan mengalami penurunan kapasitas dan daya tahan sehingga membuat pengguna mengeluh.  

Beberapa faktor penyebab penuruna kualitas baterai ini seperti usia ponsel atau baterai, suhu, penggunaan aplikasi hingga pengaturan sistem yang kurang efisien.  

Inilah alasan pentingnya pengguna perlu memahami beberapa langkah untuk dapat memastikan agar baterai tidak cepat habis dan rusak. 

Cara Melihat Penggunaan Baterai HP 

Cara Menghemat Baterai HP

Sebelum membahas kiat yang bisa Anda terapkan, ada baiknya jika Anda mengetahui cara melihat penggunaan baterai pada hP terlebih dahulu. 

Hal ini memungkinkan Anda dalam mendapatkan gambaran tentang apa saja yang menggunakan paling banyak daya baterai. 

Untuk melihat penggunaan baterai di HP, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:  

  1. Buka menu Pengaturan di HP Anda kemudian pilih opsi Baterai atau Manajemen Daya (sesuai model dan sistem operasi). 
  2. Pada menu tersebut, Anda akan melihat berapa persentase baterai yang tersisa, lamanya waktu tersisa sebelum baterai habis, dan fitur atau aplikasi apa saja yang paling banyak menggunakan baterai. 
  3. Anda juga bisa mengetahui lebih detail tentang penggunaan baterai per aplikasi atau per jam dengan mengetuk grafik penggunaan baterai atau opsi lanjutan di menu Baterai tersebut. 
Baca Juga:  Daftar Perangkat Keras Komputer dan Kegunaannya

Cara Menghemat Baterai Ponsel 

Dari langkah-langkah melihat penggunaan baterai di atas, Anda kemudian dapat mengetahui apa saja yang bisa Anda lakukan untuk membuat penggunaan daya lebih efisien. 

Gunakan Mode Hemat Baterai 

Anda dapat mengaktifkan mode hemat baterai atau mode ultra hemat baterai yang biasanya tersedia di menu Baterai. 

Namun menu ini biasanya akan menurunkan performa perangkat, mengurangi animasi atau menonaktifkan sinkronisasi yang membuat notifikasi tertunda dan sebagainya. 

Oleh karena itu, pergunakan mode ini dengan bijak sesuai situasi dan kondisi yang Anda alami. 

Nonaktifkan Fitur yang Tidak Perlu 

Perlu Anda ketahui bahwa sejumlah fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS, NFC hingga live wallpaper yang terus aktif, dapat terus menyedot baterai.  

Oleh karenanya, segera matikan fitur-fitur tadi jika sudah tidak Anda gunakan lagi. 

Kurangi Kecerahan Layar 

Tingkat kecerahan layar sering menjadi faktor utama yang paling banyak menghabiskan bateai ponsel. 

Terlebih dengan kecenderungan scroll media sosial seperti TikTok, Instagram hingga YouTube Short, membuat durasi layar aktif menjadi semakin lama. 

Screen on Time (SoT) yang lama bisa tetap Anda hemat penggunaan dayanya dengan mengurangi kecerahan layar secukupnya. 

Kelola Aplikasi Berjalan 

Aplikasi yang terus berjalan di latar belakang akan terus membutuhkan daya, entah itu untuk menunggu notifikasi atau melakukan sinkronisasi data. 

Padahal, belum tentu urgensi aplikasi tersebut sepenting itu untuk terus Anda biarkan aktif. 

Tutup aplikasi berjalan dengan mengakses Recent Apps (multitask) lalu geser tampilan aplikasi ke samping untuk menutupnya.  

Baca Juga:  Ini 6 Faktor Penyebab Baterai HP Cepat Habis 

Atau Anda juga bisa mengunci aplikasi penting terlebih dahulu, kemudian tekan tombol Hapus semua untuk menutup semua aplikasi lain. 

Update Sistem Operasi dan Aplikasi 

Meskipun tidak selalu menjamin bebas dari masalah baru, akan lebih baik jika Anda selalu memperbarui OS dan aplikasi terinstal di HP Anda. 

Hal ini untuk memastikan bahwa Anda menggunakan versi terbaru yang lebih efisien konsumsi dayanya sekaligus lebih aman.  

Umumnya developer akan selalu memperbarui software agar lebih hemat baterai.  

Selalu Hindari Suhu Ekstrem 

Suhu yang terlalu panas atau dingin dapat merusak baterai ponsel karena penurunan daya tahan hingga membuatnya melembung.  

Hindari menaruh ponsel di lokasi yang terkena sinar matahari langsung, di dalam mobil yang terparkir, dekat kompor, atau di dekat sumber panas lain.  

Selain itu, hindari pula tempat dingin atau lembab yang dapat memicu korosi hingga korsleting baterai. 

Jika HP Anda yang panas, maka segera diamkan atau letakkan ke lantai dan jangan terus menggunakannya, entah itu untuk sekedar menonton, download atau melakukan charging.   

Beralih ke Jaringan yang Lebih Stabil 

Pertimbangkan untuk menggunakan mode pesawat atau memilih jaringan WiFi (jika tersedia) saat Anda berada di lokasi yang di luar jangkauan sinyal seluler.  

Hal ini untuk menghindari panas berlebih karena HP yang terus-menerus mencari sinyal seluler.   

Akhir Kata 

Demikian beberapa cara menghemat baterai HP yang bisa Andad terapkan sesuai situasi dan kondisi. 

Jika Anda merasa sudah menerapkan langkah di atas namun baterai tetap terasa terlalu boros hingga 3 kali charge dalam sehari, maka pertimbangkan untuk melakukan kalibrasi ulang. 

Namun jika HP Anda sudah cukup berumur, 3-5 tahun misalnya, layak jika Anda mempertimbangkan untuk melakukan penggantian komponen baterai di tempat servis terpercaya. 

Dengan perawatan dan penanganan yang benar, bukan tidak mungkin baterai ponsel Anda bisa bertahan tetap awet hingga bertahun-tahun pemakaian. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *