Cara Mengubah Ekspedisi Shopee

Cara Mengubah Ekspedisi Shopee, Sebelum dan Sesudah Checkout 

Diposting pada

Cara mengubah ekspedisi Shopee adalah langkah untuk mengganti pilihan layanan pengiriman pesanan dari Shopee. Seperti yang kita tahu bahwa saat berbelanja di Shopee, biasanya opsi pengiriman secara otomatis memilih pengiriman regular. Apabila Anda kurang sesuai dengan rekomendasi ini, bisa mencoba langkah yang akan kita bahas berikut. 

Cara Mengubah Ekspedisi Shopee dan Hal Penting untuk Anda Ketahui  

Ada beberapa alasan mengapa orang ingin mengganti pilihan jasa pengiriman belanja Shopee mereka. Biasanya, pengguna beralasan untuk hemat biaya pengiriman atau ingin pesanannya lebih cepat sampai atau lebih aman. Ya, Anda bisa mengganti pilihan ekspedisi meskipun hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor seperti status pesanan, jenis produk, dan lokasi penjual serta pembeli. 

Cara Mengubah Ekspedisi Shopee

Anda dapat mengubah jenis ekspedisi sebelum melakukan pembayaran maupun sesudah melakukan check out. Berikut penjelasannya dan hal yang penting untuk Anda ketahui: 

Mengubah Pilihan Ekspedisi Sebelum Checkout 

Jika Anda ingin mengganti pilihan ekspedisi Shopee sebelum checkout, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Pada halaman keranjang belanja, pilih produk yang ingin Anda beli dan klik tombol Checkout 
  2. Pada halaman checkout, Anda akan melihat pilihan ekspedisi Shopee secara otomatis sesuai alamat pengiriman Anda. Apabila Anda ingin mengubah pilihan ekspedisi, silakan klik tombol Ubah (di kanan pilihan ekspedisi) 
  3. Anda akan melihat daftar ekspedisi yang tersedia untuk produk tersebut, beserta biaya dan estimasi waktu pengiriman. Silakan memilih opsi ekspedisi yang Anda inginkan dan klik tombol Simpan  
  4. Berikutnya, Anda akan kembali ke halaman checkout dan pilihan ekspedisi Anda akan terupdate 
  5. Silakan lanjutkan proses pembayaran seperti biasa 
Baca Juga:  Cara Login WhatsApp Web Otomatis, Cuma dengan QR Code 

Mengubah Pilihan Ekspedisi Setelah Checkout 

Jika Anda ingin mengganti pilihan ekspedisi Shopee setelah melakukan pembelian (checkout), Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Buka aplikasi Shopee dan masuk ke menu Saya 
  2. Pilih Pesanan Saya dan klik pesanan yang ingin Anda ubah jasa pengirimannya 
  3. Pastikan status pesanan Anda masih Sedang Dikemas dan penjual belum memasukkan nomor resi pengiriman 
  4. Klik Ubah di bagian Informasi Pengiriman untuk melihat opsi jasa pengiriman yang tersedia 
  5. Pilih jasa pengiriman yang Anda inginkan, misalnya JNE, J&T, SiCepat, atau lainnya 
  6. Klik Konfirmasi untuk menyimpan perubahan Anda 

Hal yang Perlu Anda Ketahui  

Perlu diingat bahwa Anda hanya dapat mengubah jasa pengiriman satu kali per pesanan dalam waktu satu jam setelah pesanan dibuat. Jika Anda melewatkan batas waktu tersebut, Anda tidak dapat mengubah jasa pengiriman lagi.  

Anda juga hanya dapat mengubah jasa pengiriman untuk opsi Reguler dan Hemat. Anda tidak dapat mengubah jasa pengiriman untuk opsi Instant, Same Day, Next Day, dan Kargo. Tidak semua ekspedisi tersedia untuk semua produk dan lokasi sehingga Anda perlu memeriksa ketersediaan ekspedisi sebelum memilihnya. 

Baca Juga:  Pre Order di Shopee, Penjual dan Pembeli Wajib Tahu 

Sebaiknya Anda mengganti pilihan ekspedisi sebelum melakukan pembayaran. Setelah pembayaran berhasil, maka Anda akan lebih sulit untuk mengubah pilihan ekspedisi. Jika Anda ingin membatalkan pesanan dan mengganti pilihan ekspedisi, Anda harus menghubungi penjual terlebih dahulu dan meminta persetujuannya. 

Apabila penjual masih belum memproses pesanan, maka Anda harus segera menghubungi penjual (maksimal 24 jam) untuk meminta penjual mengubah pilihan ekspedisi. Penjual harus menyetujui permintaan Anda dan mengubah pilihan ekspedisi sebelum mengirimkan barang pesanan. Jika penjual sudah mengirimkan pesanan, Anda tidak dapat mengubah pilihan ekspedisi. 

Pilihan ekspedisi baru harus tersedia untuk alamat pengiriman Anda dan memiliki biaya yang sama atau lebih rendah dengan pilihan ekspedisi sebelumnya. Jika biaya ekspedisi baru lebih rendah, Anda tidak akan mendapatkan pengembalian dana untuk selisihnya. Sementara jika biaya ekspedisi baru lebih tinggi, maka Anda harus membayar selisihnya kepada penjual melalui fitur Transfer Dana di aplikasi Shopee. 

Mengubah pilihan ekspedisi Shopee tidak menjamin bahwa paket Anda akan sampai lebih cepat atau lebih murah. Hal ini karena ada faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi proses pengiriman, seperti cuaca, volume paket, dan kinerja ekspedisi. 

Akhir Kata 

Itulah tadi penjelasan tentang cara mengubah ekspedisi Shopee, baik sebelum maupun sesudah chenckout. Memang, mengganti pilihan ekspedisi Shopee bisa saja mempengaruhi biaya pengiriman dan estimasi waktu pengiriman. Namun Anda tetap harus membandingkan biaya dan waktu pengiriman antara ekspedisi yang berbeda sebelum memilih. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *