Cara Mengembalikan Akun Telegram

Cara Mengembalikan Akun Telegram Berdasarkan Penyebabnya 

Diposting pada

Cara mengembalikan akun Telegram adalah langkah-langkah untuk mendapatkan kembali akses ke akun Telegram pengguna. Ya, selalu ada kemungkinan yang membuat Anda kehilangan akses ke akun Telegram. Nah, tak perlu panik dulu karena masih ada beberapa cara yang bisa Anda coba seperti yang akan kita bahas kali ini. 

Bagaimana Cara Mengembalikan Akun Telegram?  

Seperti yang kita tahu, bahwa pengguna bisa membuat akun Telegram menggunakan nomor telepon, alamat email dan nama pengguna. Apabila tidak ada masalah dengan nomor telepon dan email, besar kemungkinan akun Anda untuk mengembalikan akun. Untuk mengembalikan akun telegram yang hilang atau terhapus, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, tergantung pada penyebabnya.  

Cara Mengembalikan Akun Telegram

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab dan solusinya:  

1. Lupa Kata Sandi 

Jika Anda lupa kata sandi akun Telegram Anda, Anda dapat meminta kode pemulihan yang akan dikirimkan ke nomor telepon atau alamat email yang terkait dengan akun Anda. Masukkan kode tersebut di aplikasi atau situs web Telegram untuk mengatur ulang kata sandi Anda. 

Apabila nomor telepon Anda sudah tidak aktif lagi, satu-satunya cara adalah mencoba menghubungi pihak provider untuk mengaktifkan kembali nomor telepon. Jika tidak berhasil, hubungi tim dukungan Telegram dan jelaskan kendala yang Anda alami. Berikan informasi sebanyak mungkin tentang akun Anda (nama pengguna, nomor telepon lama, email lama, kontak yang paling sering chat hingga grup yang Anda ikuti) untuk memverifikasi identitas Anda dan mengembalikan akun. 

Baca Juga:  Aplikasi Gojek Error Hari Ini, Penyebab dan Cara Mengatasinya 

2. Aplikasi Terhapus 

Jika Anda sengaja atau tidak sengaja menghapus akun Telegram Anda, Anda tidak dapat mengembalikannya lagi. Sayangnya, Anda tidak bisa mengembalikan akun yang terhapus permanen dengan cara apapun. Anda hanya bisa membuat akun baru dengan menggunakan nomor telepon atau alamat email yang sama. 

Namun coba ingat kembali, apakah Anda menghapus akun Telegram, atau sekedar menghapus aplikasi Telegram di ponsel Anda? Jika Anda menghapus aplikasinya, maka akun Anda masih tersimpan dan masih ada peluang untuk mengembalikan aksesnya. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Telegram kembali lalu masukkan nomor telepon yang sama dengan akun Telegram Anda lalu masukkan kode verifikasi yang terkirim melalui SMS.  

3. Akun Dibajak 

Pembajakan juga rawan terjadi pada akun Telegram. Beruntung bila Anda masih memiliki akses ke akun melalui perangkat lain sementara pembajak masih belum mengutak-atik pengaturan privasi dan keamanan. Anda masih sempat untuk mengakhiri sesi aktif (active sessions) pembajak dan segera mengamankan akun Anda.  

Jika Anda tidak bisa mengakses pengaturan karena pembajak telah mengubah kata sandi atau nomor telepon, Anda harus segera menghubungi tim dukungan Telegram. Kepada layanan bantuan tersebut, Anda bisa memberikan informasi sebanyak mungkin tentang akun Anda, seperti nomor telepon, nama pengguna, alamat email, dan bukti identitas untuk memverifikasi kepemilikan akun dan mengembalikannya ke Anda. 

Baca Juga:  6 Pilihan Cara Mengembalikan Akun Facebook Yang Dibajak 

4. Telegram Memblokir Akun 

Jika akun telegram Anda diblokir oleh Telegram karena melanggar aturan layanan mereka, seperti melakukan spam, penipuan, atau aktivitas ilegal, Anda tidak dapat mengembalikannya lagi. Akun yang diblokir oleh Telegram tidak dapat dipulihkan dengan cara apapun. Namun, Anda dapat membuat akun baru dengan menggunakan nomor telepon atau alamat email yang berbeda. 

Apabila Anda merasa ada yang janggal atau tidak benar, merasa tidak melakukan pelanggaran, tak ada salahnya untuk berupaya lebih. Tak ada salahnya Anda menghubungi tim dukungan Telegram untuk mengetahui alasan pemblokiran dan tanyakan tentang kemungkinan solusinya. Berikan penjelasan secara detail dengan bahasa yang sopan, jelas dan kooperatif demi meningkatkan peluang pemulihan akun Telegram Anda.  

Akhir Kata 

Demikian beberapa opsi cara mengembalikan akun Telegram yang mungkin sesuai dengan apa yang sedang Anda alami saat ini. Silakan mencoba tips di atas dengan tenang, tanpa terburu emosi agar masalah cepat selesai. Apabila Anda masih mengalami kendala, jangan ragu untuk menghubungi layanan bantuan Telegram.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *