Aplikasi Cetak Foto

5 Aplikasi Cetak Foto Rekomendasi untuk PC dan Laptop 

Diposting pada

Aplikasi cetak foto adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengatur ukuran, resolusi, dan kualitas foto sebelum mencetaknya. Saat ini memang sudah banyak software edit gambar dengan fungsi print bawaan di pasaran. Tak perlu repot mencoba semuanya, Anda yang sedang membutuhkan salah satu aplikasi ini bisa menggunakan daftar rekomendasi berikut ini sebagai referensi. 

Apa Saja Rekomendasi Aplikasi Cetak Foto untuk PC dan Laptop?  

Seiring perkembangan teknologi, saat ini cetak foto sudah bukan lagi sekedar milik studio profesional saja. Saat ini makin banyak pengguna yang ingin mencetak foto mereka sendiri di rumah, berbekal jepretan dari ponsel, sebuah PC atau laptop dan printer. Namun untuk menghasilkan cetakan sesuai harapan, Anda akan membutuhkan software yang mampu mengakomodir berbagai keinginan.  

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi cetak foto PC yang dapat Anda coba, beserta kelebihan dan kekurangannya. 

1. PhotoScape 

Aplikasi Cetak Foto

PhotoScape adalah aplikasi edit foto yang juga memiliki fitur cetak foto. Anda dapat menggunakan fitur-fitur PhotoScape, seperti stiker, teks, atau mengedit kecerahan foto Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur ukuran kertas dan fitur ‘Print’ untuk mencetak foto dengan mudah.  

Kelebihan dari aplikasi ini adalah mudah digunakan, memiliki banyak fitur edit foto, dan gratis. Kekurangannya adalah tampilan yang kurang modern dan tidak mendukung format RAW. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di halaman download PhotoScape resmi. 

Baca Juga:  Cara Membuat Akun Email dengan Cepat, Mudah dan Gratis 

2. Picasa 

Picasa adalah aplikasi cetak foto yang cukup populer di Windows. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit dan mengelola foto Anda, serta mencetaknya dengan opsi yang dapat dikonfigurasi sesuai keinginan. Anda juga dapat mengekstrak foto dari kamera digital langsung dengan Picasa.  

Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki fitur edit foto yang cukup lengkap, dapat menyimpan foto di album online, dan gratis. Kekurangannya adalah tidak tersedia untuk Mac dan sudah tidak diupdate lagi oleh Google. Meskipun pengembang menyarankan untuk beralih ke Google Foto, Anda yang ingin mencoba bisa mengunduh dari sumber alternatif. 

3. PIXLR 

PIXLR adalah aplikasi cetak foto yang kompatibel dengan semua perangkat, baik Windows maupun Mac. Aplikasi ini dapat digunakan secara online maupun offline, dengan fitur yang praktis dan simpel. Anda dapat mengedit foto Anda dengan berbagai alat dan filter, kemudian mencetaknya dengan PIXLR. 

Kelebihan dari aplikasi ini adalah fleksibel, mudah digunakan, dan gratis. Kekurangannya adalah fitur edit foto yang kurang banyak dibandingkan aplikasi lain. Pada halaman download PIXLR resmi, Anda bisa mendapatkan software ini dari Microsoft Store, ya hanya untuk android dan Windows. 

4. GIMP 

GIMP adalah sebuah program grafis yang dapat digunakan untuk mengedit, memanipulasi, dan mencetak foto. Aplikasi ini mendukung berbagai format file gambar, termasuk JPEG, PNG, TIFF, GIF, dan BMP. GIMP juga memiliki fitur-fitur canggih seperti layer, mask, filter, dan plugin. 

Baca Juga:  Begini Cara Blur Wajah di Foto dan Video CapCut dan Tipsnya

Kelebihan mencetak foto dengan software ini antara lain mendukung pencetakan foto berbagai ukuran dan format, memiliki fitur lengkap, gratis dan open source. Namun ada pula kekurangannya seperti penggunaannya yang mungkin kurang cocok bagi pemula. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di halaman download GIMP resmi. 

5. Adobe Photoshop Elements  

Adobe Photoshop Elements adalah software yang memungkinkan Anda untuk mengontrol bagaimana Anda mencetak foto. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mencetak foto, lembar kontak, dan paket gambar dengan berbagai ukuran, orientasi, dan resolusi. Adobe memang masih menjadi salah satu pengembang terkemuka untuk urusan edit foto. 

Kelebihan aplikasi ini terletak pada kemampuannya dalam mencetak foto dengan kualitas tinggi sesuai standar profesional. Sayangnya, penggunaan aplikasi berbayar ini mungkin terasa menyulitkan bagi mereka yang awam dengan cara kerja edit foto Adobe Photoshop. Anda bisa mengunduh Adobe Photoshop Elements 2022 atau 2023 dari halaman download Adobe Photoshop Elements resmi untuk mencoba versi trial dulu. 

Akhir Kata 

Aplikasi cetak foto untuk PC dan laptop di atas mungkin bisa jadi referensi bagi Anda yang saat ini sedang mencari software terbaik untuk kebutuhan printing Anda. Pastinya Anda ingin hasil cetak terbaik bukan? Maka dari itu, tak perlu membuang waktu Anda yang berharga untuk mencoba aplikasi-aplikasi secara asal.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *