Cara-Menghilangkan-Icon-Headset

Cara Menghilangkan Ikon Headset di HP yang Tidak Keluar Suara

Diposting pada

Banyak sekali pengguna smartphone yang mengalami masalah dimana speaker di HP mereka tiba-tiba tidak mau mengeluarkan suara.

Dan hal tersebut juga dibarengi dengan munculnya ikon berbentuk headset di bagian notifikasi smartphone. Kira-kira kenapa ya?

Nah sebenarnya masalah yang satu satu ini sangat sering terjadi dan dialami oleh banyak pengguna HP, sehingga kalian tak perlu panik atau khawatir.

Jika ingin tahu apa penyebab dan bagaimana cara untuk mengatasinya, maka wajib simak informasi lengkapnya berikut ini.

Penyebab Speaker HP Tidak Keluar Suara Karena Headset

Sebenarnya penyebab utama dari masalah ini adalah karena smartphone berada di dalam mode headset sehingga ia tidak mengeluarkan suara dari speaker.

Meskipun kalian sudah mencabut perangkat headset, namun ikonnya tetap tidak mau hilang dan masih mendeteksi adanya headset.

Biasanya masalah ini terjadi karena beberapa hal, misalnya port atau colokan headset yang kotor dan penuh debu.

Selain itu bisa juga karena adanya kerusakan pada komponen yang ada di dalam smartphone tersebut.

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Shopee Paylater: Syarat Hingga Cara Pakainya 

Memperbaiki Speaker HP Tidak Keluar Suara Karena Headset

Namun kalian tak perlu khawatir, karena ini bukanlah masalah yang besar yang sebenarnya masih bisa diatasi dengan mudah. Ingin tahu? Simak pembahasan berikut ini.

Bersihkan Lubang Headset

Pertama, kita harus membersihkan bagian lubang atau colokan headset terlebih dahulu. Karena bisa jadi masalah ini disebabkan banyaknya kotoran atau debu yang ada di dalamnya.

Sehingga membuat smartphone mendeteksi adanya headset meski sebenarnya perangkat sudah dicabut dari HP. Gunakan alat yang sekiranya aman dan lakukan dengan hati-hati.

Cabut Pasang Headset

Tips berikutnya yang juga bisa kalian coba yaitu dengan mencabut pasang headset ke colokannya. Lakukan berulang kali sampai ikon headset yang ada di HP hilang.

Coba juga untuk memutar-mutarnya dengan hati-hati siapa tahu nanti bisa menjadi solusi dan menghilangkan icon headsetnya serta mengembalikan suara ke speaker.

Matikan Fitur Headset

Untuk tips yang satu ini sudah terbukti berhasil untuk memperbaiki error pada headset, yaitu dengan mematikan fitur headset secara paksa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Salah satu aplikasi yang bisa kalian gunakan bernama Headset-Speaker Toggle & Test. Kalian bisa download dan install aplikasi tersebut dari playstore.

Nama Aplikasi: Headset-Speaker Toggle & Test

Baca Juga:  Cara Mengatasi Baterai Tanam Tidak Bisa Dicas

Requires Android: 4.0.3 and up

Versi: 1.10 Terbaru

Ukuran File: 3 MB

Developer: CEGON TECHNOLOGIES

Link Download Playstore: Download

Link Download APK: Download

Jika sudah terpasang, langsung saja buka aplikasinya. Disana nanti akan muncul icon berbentuk speaker dan juga headset.

Cobalah untuk menekan icon berbentuk speaker agar mode headset mati. Kemudian tes apakah speaker sudah mau mengeluarkan suara lagi.

Bawa ke Tempat Service

Jika sekiranya belum ada tips yang berhasil, mungkin saja masalah ini terjadi karena adanya kerusakan pada komponen yang ada di dalam smartphone tersebut.

Jadi sebaiknya kalian coba untuk bawa ke tempat service untuk dilakukan pengecekan. Serahkan pada teknisi yang ahli agar tahu kerusakan ada di bagian mana.

Jika sekiranya memang ada yang rusak, maka harus diganti atau mungkin masih bisa diperbaiki tergantung dari tingkat kerusakannya.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa cara untuk memperbaiki speaker HP yang tidak mau keluar suaranya karena muncuk icon berbentuk headset.

Masalah seperti ini memang cukup sering terjadi dan dialami oleh para pengguna smartphone, jadi kalian tak perlu khawatir.

Silahkan coba beberapa tips trik diatas siapa tahu bisa menjadi solusi dan memperbaikinya tanpa harus pergi ke tempat service.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *