Tes Mental Health Viral ala TikTok

Tes Mental Health Viral ala TikTok, Baca Dulu Sebelum Ikutan 

Diposting pada

Tes mental health viral ala TikTok adalah tren populer yang dilakukan oleh kebanyakan pengguna TikTok memperlihatkan hasil tes kesehatan mentalnya. Tes kesehatan mental sendiri adalah salah satu cara untuk mengetahui kondisi psikologis seseorang, apakah sedang mengalami stres, depresi, cemas, atau gangguan lainnya. Belakangan, muncul beberapa penyedia layanan tes kesehatan mental online hingga menjadi viral di media sosial, terutama TikTok.  

Apa Itu Tes Mental Health Viral ala TikTok yang Ramai Belakangan Ini? 

Tes Mental Health Viral ala TikTok

Tes kesehatan mental online adalah salah satu cara untuk mengetahui kondisi kesehatan mental seseorang secara mudah dan cepat memanfaatkan layanan online. Pengguna yang bisa dikatakan sebagai pasien dapat melakukan uji kesehatan ini dengan membuka website penyedia ujian secara online dari perangkat masing-masing. Ujiannya sendiri berupa kuesioner untuk mengukur berbagai gejala gangguan mental seperti depresi, kecemasan, stres, PTSD, bipolar dan lainnya. 

Banyak pengguna TikTok yang mencoba tes kesehatan mental yang tersedia di internet. Tes ini bisa berisi beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan perasaan, pikiran, dan perilaku pengguna dalam beberapa hari terakhir. Hasil tes kesehatan mental ini bisa memberikan gambaran tentang tingkat stres atau gangguan mental yang dialami pengguna, jika ada.   

Baca Juga:  Kode Undangan Tiktok

Beberapa layanan tes kesehatan mental online yang tersedia saat ini antara lain: 

Halodoc 

Layanan konsultasi kesehatan mental online yang menyediakan tes depresi, tes gangguan kecemasan, dan tes stres. Selain itu, Halodoc juga menawarkan konseling via chat, video, atau tatap muka dengan psikolog atau psikiater profesional. Halodoc juga menyediakan artikel-artikel tentang kesehatan mental yang informatif dan edukatif. 

Laluibersama 

Situs yang menyediakan tes kesehatan mental online secara gratis dengan berbagai jenis tes seperti tes depresi, tes kecemasan, tes bipolar, tes PTSD, tes ADHD, dan lainnya. Selain itu, Laluibersama juga memberikan rekomendasi sumber daya yang dapat membantu seseorang untuk mengatasi masalah kesehatan mentalnya. 

MHAScreening 

Website ini bisa dikatakan tak jauh berbeda dengan Laluibersama yang menyediakan tes kesehatan mental online secara gratis melalui beberapa jenis tes. Lebih jauh, MHAScreening juga memberikan informasi tentang cara mengenali gejala-gejala gangguan mental dan saran-saran untuk menjaga kesehatan mental. 

Tak sedikit pengguna yang kemudian ikut membagikan hasil tes mental mereka di TikTok hingga kemudian menjadi tren. Anda mungkin pernah melihat konten berisi hasil tes kepribadian, tes depresi, atau tes gangguan kecemasan dari pengguna lain. Lantas bagaimana Anda menyikapinya dan apakah Anda harus ikut-ikutan tren ini? 

Menurut beberapa penelitian, pengguna TikTok yang membagikan hasil tes kesehatan mental online cenderung memiliki motivasi yang beragam, seperti mencari dukungan, validasi, atau kesenangan. Namun, ada juga risiko yang terkait dengan perilaku ini, seperti stigmatisasi, kesalahpahaman, atau penyalahgunaan informasi.  

Baca Juga:  Inilah SnapTik, Rekomendasi Layanan Pengunduh Konten Saat Ini 

Oleh karena itu, penting bagi pengguna TikTok untuk berhati-hati dalam memilih tes kesehatan mental online yang valid dan terpercaya, serta tidak menganggap hasil tes tersebut sebagai diagnosis medis yang pasti. Selain itu, pengguna TikTok juga perlu menyadari bahwa kesehatan mental adalah hal yang dinamis dan kompleks, yang tidak bisa disimpulkan hanya dari hasil tes online semata. 

Penting untuk diingat, bahwa hasil tes ini tidak bisa dijadikan sebagai diagnosis atau rujukan medis. Tes kesehatan mental online tidak teruji validitas dan reliabilitasnya, dan tidak dibuat oleh pakar psikologi atau psikiater. Tes ini tidak dapat digunakan sebagai diagnosis, tetapi hanya sebagai skrining awal yang dapat membantu seseorang untuk mencari bantuan profesional jika diperlukan. 

Boleh Ikut Tes Mental Health Viral ala TikTok, Asal… 

Jadi, boleh saja Anda ikut tren vireal berbagi tes kesehatan mental online. Hanya saja, tes semacam ini sebaiknya hanya digunakan untuk tujuan edukasi atau hiburan saja. Apabila seseorang merasa mengalami gejala gangguan mental serius hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, langkah terbaik adalah segera berkonsultasi dengan dokter atau psikolog profesional, bukan dengan TikTok-an. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *