Shopee Paylater Terkunci

Shopee Paylater Terkunci, Tenang Ini Penyebab dan Opsi Solusinya 

Diposting pada

Shopee Paylater terkunci adalah kondisi dimana pengguna tidak bia menggunakan opsi metode pembayaran cicilan di Shopee. Bagi pengguna tertentu, fitur ini bisa sangat membantu dalam belanja online. Namun saat fitur ini tiba-tiba tidak bisa digunakan, mungkin ada kesalahan yang dilakukan oleh pengguna seperti yang akan diuraikan berikut ini. 

Penyebab Shopee Paylater Terkunci dan Cara Mengatasinya

Shopee Paylater Terkunci
Shopee Paylater Terkunci

Sebelum membahas tentang apa-apa saja yang menyebabkan fitur Paylater Shopee tidak dapat digunakan, tak ada salahnya jika sedikit kita bahas dulu tentang fitur unggulan Shopee ini. Shopee Paylater adalah salah satu fitur unggulan Shopee yang memudahkan pengguna berbelanja online. Produk layanan pinjaman yang disediakan PT Commerce Finance ini memungkinkan pengguna untuk membeli barang sekarang dan membayarnya nanti dengan cicilan ringan.  

Untuk menggunakan fitur ini, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi pengguna, salah satunya adalah pengguna harus memiliki limit Shopee Paylater yang cukup untuk melakukan pembelian. Limit Shopee Paylater adalah jumlah maksimal pinjaman yang bisa digunakan oleh pengguna untuk berbelanja dengan Shopee Paylater. Limit ini ditentukan oleh PT Commerce Finance, penyedia layanan pinjaman instan di dalam aplikasi Shopee. 

Limit Shopee Paylater bisa berubah-ubah sesuai dengan aktivitas berbelanja dan pembayaran pengguna. Jika pengguna sering berbelanja dan membayar tagihan tepat waktu, limit Shopee Paylater bisa meningkat. Sebaliknya, jika pengguna jarang berbelanja atau terlambat membayar tagihan, limit Shopee Paylater bisa menurun atau bahkan terkunci. 

Penyebab SPaylater Terkunci 

Shopee Paylater terkunci artinya pengguna tidak bisa menggunakan fitur ini untuk berbelanja lagi sampai limitnya kembali normal. Ada beberapa alasan mengapa Shopee Paylater bisa terkunci, antara lain: 

  • Pengguna melebihi batas waktu pembayaran tagihan Shopee Paylater, yaitu setiap tanggal 5 atau 25 setiap bulannya. 
  • Pengguna memiliki tagihan Shopee Paylater yang belum lunas lebih dari satu bulan. 
  • Pengguna memiliki riwayat kredit buruk di lembaga keuangan lain. 
  • Pengguna melanggar syarat dan ketentuan penggunaan Shopee Paylater. 
  • Pengguna menjadi korban penipuan yang biasanya ditandai adanya aktivitas mencurigakan hingga pencurian saldo  
Baca Juga:  Apa Itu Gestun Shopee Paylater? Trik Mencairkan Saldo Paylater

3 Opsi Solusi Mengatasi SPaylater yang Terkunci  

Saat menyadari fitur Paylater tidak bisa digunakan, pengguna tidak perlu merasa panik. Masih ada beberapa langkah percobaan yang bisa dilakukan sesuai dengan penyebab atau gejala yang dialami. Berikut penjelasannya: 

1. Masalah Limit dan Cicilan 

Jika Shopee Paylater dinonaktifkan karena kelalaian pengguna membayar cicilan, maka satu-satunya solusi adalah segera melunasi tagihan yang masih ada dan menunggu hingga limit Paylater kembali normal. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memproses pemulihan limit ini biasanya berkisar antara beberapa hari atau mingguan, menyesuaikan kondisi setiap pengguna.  

2. Masalah Keamanan 

Apabila pengguna menyadari ada yang janggal dengan akun Shoppe ditandai dengan fitur Paylater yang nonaktif, besar kemungkinan ada masalah keamanan yang memicu kondisi tersebut. Indikasi masalah keamanan biasanya ditandai dengan:  

  • Adanya pembajakan kode OTP untuk tujuan penipuan 
  • Adanya percobaan memasukkan PIN salah berulang kali 
  • Adanya pembelian sejumlah produk yang sama melalui Shopee Paylater 
  • Adanya permintaan penambahan limit yang mungkin tidak masuk akal 
  • Terindikasi melakukan double login (login dari 2 perangkat berbeda di waktu yang sama) 

Berbagai masalah keamanan ini bisa coba diatasi dengan melakukan verifikasi ulang identitas akun Shopee Paylater. Berikut cara yang bisa dilakukan pengguna: 

  1. Buka aplikasi Shopee kemudian silakan masuk ke menu Saya  
  2. Pilih menu Shopee Paylater 
  3. Pilih opsi “Silahkan klik di sini untuk membuka” pada notifikasi berbunyi “Maaf, SPayLater kamu dikunci karena masalah keamanan” 
  4. Ikuti instruksi yang ditampilkan hingga sistem mengirim SMS berisi kode OTP ke nomor telepon yang didaftarkan pada akun Shopee  
  5. Pengguna juga perlu melakukan foto KTP ulang dan melakukan beberapa gerakan wajah untuk verifikasi 
  6. Silakan cek lagi seluruh informasi yang Anda berikan, pastikan semuanya benar di bagian Informasi tambahan 
  7. Apabila verifikasi ulang berhasil, maka pengguna perlu menunggu 1 x 24 jam kerja (tidak termasuk hari libur) sebelum dapat menggunakan kembaku fitur Paylater  
Baca Juga:  Cara Membatalkan Pesanan di Lazada dengan mudah

3. Hubungi Layanan Bantuan 

Apabila berbagai cara di atas sudah dicoba namun belum menunjukkan tanda-tanda berhasil, tak ada salahnya untuk menghubungi layanan bantuan Shopee. Pengguna juga bisa menghubungi layanan bantuan Shopee untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang status Shopee Paylater. Selain itu, pengguna juga bisa memastikan bahwa tidak ada potensi masalah lain pada akun mereka.  

Sudah Jelas Apa yang Harus Dilakukan Saat Shopee Paylater Terkunci? 

Shopee Paylater adalah fitur yang bermanfaat untuk memudahkan pengguna dalam berbelanja online. Namun demikian, pengguna tetap harus bijak dan bertanggung jawab saat menggunakannya. Selain itu, pengguna juga perlu memastikan keamanan akun mereka untuk menghindari masalah Paylater Shopee yang terkunci ini. 

Apabila kemudian fitur SPayLater dinonaktifkan, maka pengguna bisa mencoba cara-cara di atas sebagai opsi solusinya. Yaitu dengan segera melakukan pembayaran tagihan, melakukan verifikasi ulang hingga meminta bantuan ke CS Shopee.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *