Perbedaan-Android-dan-iOS

8 Perbedaan HP Android dan iOS yang Perlu Kalian Ketahui

Diposting pada

Android dan iOS merupakan 2 sistem operasi untuk perangkat mobile yang paling populer dan banyak digunakan di dunia sekarang ini.

Keduanya mampu bersaing satu sama lain dengan fitur unggulannya masing-masing. Nah mungkin banyak dari kalian yang belum tahu apa bedanya android dan iOS.

Karena memang jika dibandingkan, kedua OS ini cukup berbeda satu sama lain dan penting untuk calon konsumen tahu mana yang cocok untuknya.

Perbedaan OS Android dan iOS

Ada cukup banyak perbedaan mencolok dari kedua sistem operasi ini. Bagi kalian yang sudah pernah menggunakan keduanya, pasti merasakan hal tersebut.

Nah makin penasaran kan? Langsung saja kalian simak beberapa perbedaan dari software android dan juga iOS berikut ini.

Pihak Pengembang

iOS merupakan sistem operasi yang dikembangkan dan dimiliki oleh Apple Incorporation. Sedangkan android dikembangkan oleh Google LLC.

Keduanya memang merupakan perusahaan teknologi raksasa yang tengah bersaing ketat dari dulu hingga sekarang.

Baca Juga:  Cara Internet Gratis Menggunakan Simple Server Android

Tanggal Rilis

Banyak yang mengira bahwa android itu rilis lebih dulu daripada iOS. Padahal fakta yang sebenarnya adalah iOS rilis lebih dulu daripada android.

Untuk pertama kalinya iOS di rilis pada tanggal 29 Juli 2007, sedangkan android dirilis sekitar setahun kemudian pada 23 September 2008.

Tipe Software

Dari jenisnya, kedua OS ini bisa dibilang saling bertolak bekalang. karena android itu merupakan sistem dengan tipe open source, sedangkan iOS itu termasuk ke closed source.

Sehingga android pun lebih terbuka dan mudah dikembangkan oleh pihak luar yang bukan berasal dari Google sedangkan iOS tidak memungkinkan untuk hal tersebut.

Kustomisasi

Dari segi kustomisasi, android lebih mudah untuk diubah-ubah tampilannya karena bersifat open source. Sedangkan iOS lebih sulit untuk dicustom karena bersifat Closed Source kecuali kalian jailbreak terlebih dahulu.

Perangkat yang Didukung

Kemudian untuk perangkat apa saja yang menggunakan kedua sistem operasi ini. iOS sendiri biasanya digunakan untuk produk-produk dari Apple mulai dari iPhone, iPad, iPhod TOuch, Apple TV dll.

Sedangkan android bersifat lebih terbuka dan banyak digunakan untuk berbagai macam perangkat mulai dari hp banyak brand, smart TV, console game, tablet dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Link Download JMO Mobile Apk Versi Terbaru

Virtual Assistant

Kedua sistem operasi ini memiliki fitur virtual assistant yang memudahkan kita untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Untuk iOS sendiri nama asisten virtualnya adalah Siri yang dirilis pada 4 Oktober 2011. Sedangkan untuk android dinamakan Google Assistant yang dirilis pada 18 Mei 2016.

Bahasa yang Didukung

Dari segi bahasa, nampaknya android lebih unggu daripada iOS. Karena android mendukung lebih dari 100 jenis bahasa dari seluruh dunia, sedangkan iOS kurang lebih hanya sekitar 40+ bahasa.

Teknologi Programming

Tahukah kalian bahwa kedua OS ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda lho.

Dimana android dibuat menggunakan bahasa pemrograman C, C, C++ dan lainnya pada kernel Linux.

Sedangkan untuk iOS dibuat menggunakan bahasa pemrograman Swift, Objective-C, C++ di kernel XNU hybrid.

Kesimpulan

Itulah beberapa perbedaan umum yang bisa kita temui pada sistem operasi android dan juga iOS. Sebagai OS paling populer di dunia untuk perangkat mobile, keduanya ternyata memiliki cukup banyak perbedaan.

Dan masing-masing juga punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jadi kalian harus memilih mana yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan harian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *