Kenapa Backup Whatsapp Macet Tidak Jalan? Berikut Solusinya

Diposting pada

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi perpesanan paling populer dan banyak digunakan sekarang ini. Sehingga mungkin ada banyak chat-chat penting yang kalian simpan di app tersebut.

Nah untuk itulah, WA sendiri juga menghadirkan fitur backup bagi kalian yang ingin mencadangkan chat penting agar tidak hilang atau bisa dipindahkan ke HP lain dengan mudah.

Namun terkadang, ketika kita menggunakan fitur backup tersebut justru macet dan tidak jalan sama sekali. Meski sudah kita tunggu sampai berjam-jam tapi tetap saja tidak berhasil mencadangkan pesan.

Kira-kira apa penyebab proses backup WA yang macet tersebut? Nah kita harus segera cari tahu solusi terbaik untuk mengatasinya.

Penyebab Backup WA iPhone Macet

Penyebab Backup WA iPhone Macet
Penyebab Backup WA iPhone Macet

Masalah pencadangan pesan di whatsapp iPhone bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya :

1. Kapasitas iCloud Penuh

Ketika kita akan backup chat WA di iPhone, maka ia akan dicadangkan ke iCloud. Nah kalian juga harus memastikan bahwa ada ruang tersisa di akun iCloud kalian. Karena jika kapasitasnya sudah penuh, maka proses backup akan gagal.

Baca Juga:  PP WA Stumble Guys, Seperti Ini Cara Membuatnya 

2. Jaringan Kurang Stabil

Hal lain yang juga menyebabkan proses backup sering macet yaitu karena jaringan internet yang kurang stabil. Karena kita memerlukan koneksi internet yang bagus agar data chat WA bisa diunggah ke iCloud tanpa gagal.

3. Server iCloud Bermasalah

Berikutnya jika pencadangan chat WA macet di 0% terus, bisa jadi karena sedang ada gangguan pada server iCloud. Sehingga kita harus pastikan bahwa layanan iCloud tidak sedang down dan normal terlebih dahulu.

4. iOS Belum Diupdate

Tak lupa juga untuk selalu disarankan memperbarui versi iOS yang ada di iPhone kalian. Karena juga tidak diupdate, maka bisa menyebabkan performa smartphone menjadi kurang maksimal dan bahkan terkena bug.

Penyebab Backup WA Android Gagal

Untuk perangkat android, penyebab kegagalan proses backup juga tak berbeda jauh dengan di iPhone :

1. Google Drive Penuh

Jika di iPhone data pencadangan akan diupload ke iCloud, maka android menggunakan Google Drive untuk penyimpanan data chat WAnya.

Nah kalian harus pastikan ada ruang penyimpanan yang tersisa di akun Google Drive kalian. Karena untuk versi gratisnya hanya menyediakan kapasitas 15 GB saja.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Video Call Mirror di WhatsApp Terbaru 2023

2. Belum Update Whatsapp

Berikutnya kalian juga harus memastikan bahwa WA sudah diupdate ke versi terbaru. Jika aplikasi yang kalian gunakan masih versi lama segera lakukan pembaruan. Karena penggunaan app versi lama akan rentan terhadap berbagai macam bug dan error.

3. Cache WA Penuh

Cache merupakan data sementara yang muncul seiring dengan penggunaan whatsapp setiap harinya. Nah banyak pengguna yang lupa atau tidak pernah membersihkan data cache WA mereka.

Alhasil cache tersebut menumpuk terus menerus dan memenuhi ruang penyimpanan kita. Nah banyak yang tidak sadar jika cache menumpuk bisa membuat kinerja WA jadi lemot.

Dan bahkan juga seringkali menyebabkan proses backup chat menjadi macet dan tidak jalan. Kalian bisa hapus dengan buka Pengaturan > Aplikasi > Whatsapp > Penyimpanan > Clear Cache.

4. Update Layanan Google Play

Selain aplikasi WA yang perlu selalu diupdate, Google Play Service pun juga perlu diperbarui secara berkala.

Karena app yang satu ini sangat penting agar aplikasi lain di perangkat android bisa berjalan secara normal

Kesimpulan

Nah itulah beberapa penyebab dari proses backup whatsapp yang macet di 0% dan tidak jalan. Kalian bisa coba beberapa tips trik diatas untuk mengatasinya dan semoga bisa menjadi solusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *