Cara Privasi Akun Twitter

Begini Cara Privasi Akun Twitter dan Tips Amankan Akun Anda  

Diposting pada

Cara privasi akun Twitter perlu diketahui pengguna untuk memastikan bahwa aktifitasnya di Twitter hanya bisa diketahui orang-orang tertentu saja. Artinya, hanya akun milik orang-orang yang sudah disetujui saja yang bisa melihat, mengomentari, dan mengikuti aktivitas Anda. Tulisan kali ini akan membahas pentingnya privasi di Twitter bagaimana cara menjaganya tetap rahasia. 

Cara Privasi Akun Twitter: Pentingnya Menjaga Privasi 

Cara Privasi Akun Twitter

Sederhananya, setiap pengguna bisa menyesuaikan pengaturan privasi akun di menu Settings and Privacy. Pada menu tersebut, pengguna bisa mengatur apakah ingin menjadikan akun dapat diakses secara publik ataukah terproteksi. Meskipun terkesan sederhana, langkah dasar ini bisa menjadi lapisan keamanan tambahan dari berbagai ancaman kejahatan siber belakangan ini. 

Privasi akun Twitter berhubungan dengan siapa saja yang dapat melihat, mengomentari dan mengikuti aktifitas pengguna di platform Twitter. Dengan kata lain, privasi akun ini juga memiliki kaitan dengan data pribadi dan keamanan akun dan diri pengguna. Berikut ini beberapa alasan pentingnya menjaga privasi akun Twitter:  

1. Sebagai Perlindungan dari Kejahatan Siber  

Belakangan ini ancaman kejahatan siber, seperti cyberbullying, phishing, hacking dan lainnya masih marak terjadi. Pencurian data pribadi, informasi palsu, fitnah hingga pembobolan akun dapat Anda hindari apabila menerapkan pengaturan privasi dengan tepat.  

2. Melindungi Reputasi Diri 

Untuk menghindari kesalahpahaman, konflik, atau masalah hukum karena hal yang Anda buat di Twitter, penting untuk memastikan bahwa cuitan Anda hanya dilihat oleh orang tertentu. Apabila publik bisa secara bebas mengakses tulisan kita, bukan tidak mungkin akan terjadi kesalahan, baik sengaja maupun tidak. 

Baca Juga:  Cara Cek Garansi iPhone, Apakah Masih Aktif atau Sudah Habis?

3. Demi Kebebasan Berekspresi 

Karena tak semua orang bisa melihat apa yang Anda tulis dan bagikan, maka Anda bisa lebih leluasa dalam meluapkan ide atau pandangan. Tak perlu cemas bahwa tulisan Anda akan dihakimi atau dikritisi orang asing. Anda pun juga lebih terbebas dari gangguan spam orang yang tak bertanggung jawab.  

Langkah-Langah Menerapkan Privasi Akun Twitter 

Perlu Anda ingat bahwa setelah opsi privasi akun Twitter aktif, maka tweet Anda hanya bisa terlihat oleh pengikut yang sudah Anda setujui. Sementara apabila ada orang yang belum mengikuti Anda, mereka perlu mengirim permintaan. Tweet Anda nantinya juga tidak akan ditampilkan pada pencarian publik maupun pencarian dari luar Twitter. 

Berikut ini langkah-langkah mengaktifkan privasi akun Twitter: 

  1. Buka aplikasi Twitter, atau kunjungi website Twitter dari browser komputer  
  2. Silakan login ke akun Twitter Anda (masukkan nama pengguna dan kata sandi) 
  3. Setelah masuk, klik ikon Profil (di kanan atas layar) kemudian pilih Pengaturan dan privasi 
  4. Pilih menu Privasi dan Keamanan (di kiri layar) 
  5. Di bawah Tweet, aktifkan centang pada kotak bertuliskan Lindungi tweet Anda 
  6. Berikutnya, klik Simpan (di bawah layar) untuk mengonfirmasi perubahan yang Anda minta 

Tips Optimalkan Pengaturan Privasi Anda di Twitter 

Tak sekedar menerapkan pengatuiran privasi di atas, masih ada beberapa tips untuk lebih mengamankan privasi Anda. Silakan pertimbangkan untuk menerapkan beberapa kiat berikut ini: 

  • Silakan pilih akun mana saja atau siapa saja yang dapat melihat tweet Anda, mengirim DM, atau mengikuti akun Anda. Lebih lanjut, laporkan atau blokir akun mencurigakan atau Anda rasa mengganggu. 
  • Selalu bijak dan hati-hati saat akan berbagi informasi pribadi, seperti lokasi, nomor telepon, alamat email atau informasi sensitif lain. Pertimbangkan untuk menonaktifkan fitur geotagging yang akan menandai lokasi Anda pada saat membuat tweet. 
  • Terapkan kredensial atau kata sandi akun yang kuat atau gunakan layanan pengelola kata sandi yang Anda percayai. Ini karena Anda sebaiknya menerapkan kredensial yang berbeda pada setiap akun layanan yang Anda miliki. 
  • Manfaatkan fitur verifikasi dua langkah demi lebih menjamin keamanan akun Anda. Meskipun Anda harus memasukkan kode setiap kali login ke Twitter, cara ini efektif mencegah akun dibobol dengan mudah.  
  • Periksa kembali aplikasi maupum layanan pihak ketiga yang terhubung ke akun Twitter Anda. Pertimbangkan untuk mencabut izin yang telah Anda berikan apabila Anda sudah tidak menggunakan layanan mereka. 
Baca Juga:  Cara Membuat dan Membagikan Link Google Drive dengan Aman 

Akhir Kata 

Itulah cara privasi akun Twitter serta beberapa kiat untuk mengoptimalkan keamanan akun Anda. Perlu Anda ketahui bahwa privasi akun Twitter bukan berarti tweet Anda tidak bisa diakses dan disebarkan pengikut yang sebelumnya sudah Anda setujui, atau pihak lain yang sudah memiliki akses ke akun Twitter Anda. Maka dari itu, pertimbangkan untuk menerapkan kiat-kiat yang sudah kami bagikan di atas. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *