Ecosia APK

Ecosia APK, Browser bagi Anda yang Peduli Lingkungan  

Diposting pada

Ecosia APK adalah paket aplikasi browser untuk perangkat android yang terkenal dengan fokusnya pada usaha reboisasi atau penghijauan. Jadi, pengguna yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan ingin bertindak untuk tujuan tersebut bisa mempertimbangkan aplikasi ini. Hal ini karena pengembang mendonasikan pendapatan dari browser untuk usaha penanaman pohon di dunia.   

Tentang Ecosia APK: Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya  

Ecosia APK

Ecosia adalah aplikasi mesin pencari yang berbasis di Berlin, Jerman, yang mengklaim telah menyumbangkan keuntungan sepenuhnya ke organisasi nirlaba yang fokus pada usaha reboisasi. Dengan menggunakan Ecosia, pengguna ikut berkontribusi untuk menanam pohon di berbagai wilayah yang mengalami deforestasi. Ecosia juga mengklaim bahwa setiap 45 kali pencarian setara dengan menanam satu pohon. 

Lebih jauh, Ecosia juga menyebut bahwa komunitasnya telah menanam lebih dari 150 juta pohon di lebih dari 35 negara. Ecosia juga memiliki panel surya sendiri yang menghasilkan energi terbarukan untuk menjalankan mesin pencarian, sehingga mengurangi emisi karbon dan ketergantungan pada sumber energi fosil. Hal ini membuat browser ini lebih ramah lingkungan dibanding mesin pencari lain. 

Aplikasi ini menggunakan mesin pencari Bing sebagai sumber utama pencarian, tetapi juga menambahkan hasil dari sumber lain seperti Wikipedia dan sebagainya. Ecosia menghasilkan uang dari iklan yang tampil pada halaman hasil pencarian. Sementara, lebih dari 80% atau sebagian besar pendapatan tersebut untuk mendanai proyek penanaman pohon di sejumlah negara. 

Mirip dengan aplikasi browser terkemuka lainnya, Ecosia juga mengaku bahwa mereka menghormati privasi pengguna. Mereka mengaku tidak pernah melakukan profiling pengguna atau menjual data pengguna ke pihak pengiklan, serta tidak mereapkan pelacak pihak ketiga. Sebagai tambahan, Ecosia juga menyediakan opsi untuk menyalakan enkripsi SSL guna melindungi komunikasi pengguna. 

Baca Juga:  Download Live Score APK Agar Tak Ketinggalan Update Skor  

Fitur yang Ada di Aplikasi Ecosia 

Dari segi fitur, Ecosia mungkin tak ketinggalan apabila bersanding dengan layanan pencarian lainnya. Beberpa fitur yang ada pada aplikasi peramban Ecosia antara lain:   

1. Pencarian Web  

Ecosia menggunakan mesin pencari Bing sebagai sumber utama hasil pencariannya, tetapi juga menambahkan hasil dari sumber lain seperti Wikipedia, YouTube serta berbagai situs berita populer. 

2. Pencarian Lanjutan 

Ecosia juga mendukung opsi pencarian spesifik seperti gambar, video, berita maupun peta. Jadi tak sekedar menjelajah halaman web biasa, pengguna bisa melakukan pencarian lanjutan dengan memilih kategori pencarian yang mereka inginkan pada bagian atas halaman hasil pencarian. 

3. Penghitung Pohon 

Pengguna yang antusias dengan penanaman pohon bersama Ecosia, bisa melihat jumlah pohon yang telah ditanam. Fitur ini ada di pencarian kanan atas halaman. Selain itu, pengguna juga bisa mengetahui statistik penanaman pohon Ecosia pada halaman utama aplikasi maupun di website resminya. 

4. Mode Hemat Data 

Pengguna bisa mengaktifkan mode hemat data di pengaturan aplikasi untuk mengurangi penggunaan bandwith kuota mereka. Fitur ini bekerja dengan mengurangi ukuran gambar maupun video yang tampil pada hasil pencarian. Meskipun menekan penggunaan internet, fitur ini tak banyak mengubah pengalaman menonton video maupun gambar.  

5. Mode Gelap 

Tak hanya menghemat kuota, Ecosia juga menawarkan opsi untuk menghemat daya baterai untuk perangkat dengan layar OLED atau AMOLED. Mode gelap yang bisa pengguna aktifkan di pengaturan aplikasi ini mengubah warna latar belakang menjadi gelap dan menyesuaikan warna font. Mode ini juga lebih ramah di mata saat browsing di tempat dengan pencahayaan rendah. 

6. Jaminan Privasi  

Ecosia menghormati privasi pengguna dengan cara tidak menyimpan atau menjual data pencarian mereka kepada pengiklan maupun lainnya. Selain itu, browser ini juga menerapkan enkripsi HTTPS demi melindungi komunikasi pengguna ke server. 

Baca Juga:  Ini 4 Pilihan Cara Kredit HP di Shopee 

Kelebihan Ecosia  

Dari penjelasan di atas, bisa kita ketahui bahwa aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan tanpa kehilangan fungsi mendasar sebuah browser, antara lain:  

  • Membantu lingkungan dengan mendukung proyek penanaman pohon di berbagai negara, seperti Indonesia, Brasil, Madagaskar, dan lainnya 
  • Tetap menyediakan fitur privasi yang melindungi data pengguna dari pelacakan dan iklan yang mengganggu 
  • Menerapkan antarmuka yang bersih, sederhana dan mudah digunakan, lengkap dengan opsi pencarian lanjutan seperti gambar, video, berita, peta, dan sebagainya 
  • Mendukung berbagai pilihan bahasa pengguna dan mata uang lokal guna lebih memudahkan pengguna 

Kekurangan Ecosia  

Meskipun terkesan menjanjikan bagi pengguna yang ingin ikut peduli pada lingkungan, browser ini mungkin memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan lagi, antara lain: 

  • Tidak sepopuler dan seakurat mesin pencari lain, sekelas Google atau Bing, sehingga ada kemungkinan tidak dapat menampilkan hasil yang relevan atau yang paling baru  
  • Beberapa fitur pencarian lanjutan belum tersedia seperti pencarian suara, terjemahan dan sebagainya yang mungkin bisa mengurangi produktivitas pengguna saat menggunakan Ecosia 
  • Penyajian iklan yang mungkin bisa mengganggu pengalaman pengguna dan menurunkan kecepatan pencarian 
  • Karena tidak ada pelacakan, maka sajian iklan juga mungkin tidak sesuai dengan minat atau preferensi pengguna selama browsing 
  • Belum ada pihak independen yang menguji klaim Ecosia tentang berbagai aktivitasnya, maka pengguna mungkin perlu memverifikasi sendiri seberapa fokus Ecosia terhadap kelangsungan lingkungan hidup 

Akhir Kata 

Bagaimana, tertarik untuk mengunduh dan menggunakan browser Ecosia APK? Ecosia dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore atau situs web resminya. Meskipun aplikasi ini tak sepopuler browser terkemuka, bukan berarti Anda tak bisa mencobanya bukan? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *