Cara verifikasi thumbnail YouTube

Cara Verifikasi Thumbnail YouTube dan Cara Mudah untuk Membuatnya 

Diposting pada

Cara verifikasi thumbnail YouTube adalah langkah-langkah yang nantinya memungkinkan kreator menunggah thumbnail buatan sendiri untuk video YouTube. Ya, cuplikan isi video ini memang perlu diverifikasi untuk mencegah penyalahgunaan seperti cuplikan yang tidak sesuai, menjebak atau menyesatkan. Silakan simak penjelasannya berikut ini untuk mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan dan cara membuat thumbnail khusus ini. 

Langkah-Langkah Cara Verifikasi Thumbnail YouTube 

Cara Verifikasi Thumbnail YouTube

Seperti yang kita tahu, thumbnail YouTube adalah gambar kecil yang memperlihatkan cuplikan video YouTube. Gambar ini biasanya ditampilkan pada halaman hasil penelusuran YouTube maupun platform lainnya. Gambar yang biasanya dibuat secara otomatis oleh platform ini berfungsi sebagai poster video  yang dapat membantu penonton menentukan apakah video tersebut relevan atau tidak.  

Ya, karena gambar kecil ini bisa dijadikan acuan oleh calon penonton, maka kreator pun ingin mengoptimalkannya dengan membuat thumbnail semenarik mungkin. Sayangnya, thumbnail otomatis seringkali dirasa kurang menarik atau kurang informatif. Inilah alasannya kemudian kreator membuatkan thumbnail khusus yang lebih menarik dan relevan untuk meningkatkan jumlah penonton dan tayangan video.   

Dalam prosesnya, untuk bisa mengunggah thumbnail khusus buatan kreator sendiri, mereka perlu melakukan verifikasi akun YouTube terlebih dahulu. Mungkin hal ini bertujuan untuk menekan penyalahgunaan thumbnail yang menjebak pengguna YouTube. Berikut langkah-langkah untuk verifikasi akun YouTube agar dapat mengunggah thumbnail khusus untuk video: 

  1. Buka YouTube Studio kemudian login menggunakan akun Google  
  2. Klik Setelan (menu sebelah kiri) 
  3. Klik FItur (tab Saluran) 
  4. Klik Verifikasi (di bawah Thumbnail khusus) 
  5. Silakan masukkan nomor telepon untuk mendapatkan kode verifikasi (baik via SMS maupun panggilan suara) kemudian klik Kirim 
  6. Setelah menerima kode verifikasi, masukkan kode pada kolom yang tersedia kemudian klik Kirim 
  7. Tunggu proses verifikasi hingga Anda menerima pesan konfirmasi bahwa akun YouTube telah diverifikasi 
  8. Selesai, Anda sudah bisa mengunggah thumbnail khusus untuk video Anda. Silakan klik opsi Ubah thumbnail pada halaman detail video YouTube Anda  
Baca Juga:  Cara Menghilangkan Nama Filter di Instagram Story

Cara Membuat Thumbnail Khusus untuk Video YouTube 

Setelah mengetahui bagaimana cara verifikasi thumbnail khusus di YouTube tadi, Anda mungkin masih belum memiliki gambaran seperti apa cuplikan yang baik dan bagaimana membuatnya. Nah, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda jadikan sebagai tambahan referensi saat ingin membuat gambar cuplikan khusus untuk video YouTube Anda: 

1. Sesuaikan Tema dengan Gaya Thumbnail  

Pertama, Anda perlu menentukan genre video yang ingin dibuatkan thumbnail sehingga lebih mudah menyesuaikan pembuatan gambar. Contoh, video topik tutorial misalnya, bisa menggunakan gaya resmi atau informatif. Sementara tema video hiburan, bisa menggunakan gaya yang imut atau lucu misalnya. 

2. Pemilihan Gambar  

Pilih gambar latar thumbnail yang relevan, berkualitas tinggi, memiliki daya tarik dan mengundang rasa penasaran. Apabila Anda ingin menggunakan gambar dari sumber lain, pastikan konten tersebut bebas hak cipta untuk menghindari pelanggaran kebijakan Youtube. 

3. Menambahkan Teks 

Tak hanya gambar, thumbnail juga bisa ditambahkan tulisan untuk membuatnya jadi lebih menarik atau informatif. Silakan buat frase atau kalimat yang dapat menjelaskan isi video secara singkat dan menarik menggunakan diktasi yang mudah dimengerti sekaligus memicu rasa penasaran. Selain itu, buat desain tulisan dengan font yang ideal, dengan warna yang kontras dari latar belakang.  

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di HP dan Risikonya 

4. Tambahkan Dekorasi 

Setelah elemen inti terpenuhi, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk menambah dekorasi lain untuk membuat thumbnail makin menarik atau informatif. Anda bisa memadukan penggunaan logo, ikon, bingkai maupun efek lain. 

5. Optimalkan File Thumbnail 

Agar dapat digunakan secara optimal, simpan file thumbnail dengan format JPG, GIF, BMP maupun PNG dengan ukuran tak lebih dari 2 MB dan resolusi setidaknya 1280 x 720 piksel. Berikutnya, unggah file thumbnail ke Youtube dari fitur upload thumbnail kustom pada Youtube Studio. 

Akhir Kata 

Mudah sekali bukan cara verifikasi thumbnail YouTube tadi? Thumbnail khusus yang baik haruslah sesuai dengan isi video, memiliki resolusi yang memadai, menggunakan judul atau kata kunci yang relevan, menerapkan tulisan dengan font dan warna yang jelas. Dengan demikian, Anda bisa mengoptimalkan thumbnail yang dianggap bisa meningkatkan kinerja video YouTube Anda.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *