Cara mengembalikan akun Facebook yang dibajak

6 Pilihan Cara Mengembalikan Akun Facebook Yang Dibajak 

Diposting pada

Cara mengembalikan akun Facebook yang dibajak bisa dilakukan dalam beberapa pilihan cara sesuai situasi yang dialami pengguna. Anda bisa mulai dengan meminta secara baik-baik, hingga mencoba opsi verifikasi identitas yang tentunya perlu diterapkan sesuai kondisi yang dialami. Lebih lengkapnya, silakan simak penjelasannya di bawah ini. 

Bagaimana Cara Mengembalikan Akun Facebook Yang Dibajak? 

Cara Mengembalikan Akun Facebook Yang Dibajak

Hingga saat ini, pembajakan akun Facebook masih banyak terjadi mengingat platform media sosial ini masih banyak diandalkan pengguna untuk berbagai keperluan. Kondisi pembajakan yang dialami pengguna pun bisa beragam mengingat metode hacking yang diterapkan peretas semakin berkembang. Sesuai kondisi yang Anda alami, berikut ini beberapa opsi yang bisa dicoba: 

1. Minta Kembali Akun Secara Baik-Baik 

Opsi pertama ini bisa Anda coba apabila Anda mengenal si pembajak, misalnya kenalan, teman atau bahkan saudara sendiri. Apapun alasannya, tak ada salahnya meminta mereka untuk mengembalikan akun Facebook. Hubungi dan minta dengan baik-baik agar mereka mau memberitahukan lagkah-langkah untuk kembali mengakses akun Anda seperti semula. 

2. Bila Masih Bisa Login, Gunakan Opsi Lupa Sandi  

Coba ingat kembali apakah Anda pernah login ke Facebook menggunakan akun tersebut dari perangkat lain seperti laptop atau ponsel lain. Bila ada, coba buka kembali akun Anda untuk memastikan Anda masih terhubung dan hacker belum mengubah kredensial (email username dan password) lalu amankan akun. Bila tidak, ikuti langkah berikut:  

  1. Klik opsi Lupa Kata sandi pada halaman login  
  2. Masukan nomor telepon atau email yang terkait ke akun Facebook kemudian klik Cari  
  3. Sistem akan mulai mencari akun yang Anda maksud 
  4. Silakan pilih salah satu metode untuk memulihkan akun, yaitu mengirim kode ke nomor telepon atau mengirim melalui email   
  5. Buka kotak masuk SMS atau email untuk mengakses kode dari Facebook tersebut 
  6. Silakan masukkan kode tersebut ke kolom verifikasi   
  7. Bila berhasil, Anda kemudian akan diarahkan ke halaman Facebook untuk membuat kata sandi baru  
  8. Silakan login kembali menggunakan password baru untuk mengakses kembali akun Facebook Anda 
Baca Juga:  Cara Agar DC Pinjol Tidak Datang ke Rumah Kita

3. Opsi Pemulihan Lain  

Selain opsi reset kata sandi di atas, Anda juga bisa mencoba opsi pemulihan lain yang tersedia. Anda bisa mencoba berbagai pilihan cara yang ada setelah berada di halaman profil akun yang ingin dipulihkan. Anda bisa klik pada opsi Cari Dukungan atau Laporkan Profil hingga sampai ke opsi Saya tidak bisa masuk ke akun ini. Silakan ikuti instruksi yang ditampilkan. 

4. Membatalkan Perubahan Password ataupun Email 

Saat peretas hendak mengubah kata sandi Facebook, biasanya sistem akan mengirimkan notifikasi ke pengguna melalui email. Nah, pada saat Anda menerima email pemberitahuan ini, ada opsi penyelamatan yang bisa Anda lakukan. Buka email dari Facebook tersebut, entah itu di inbox atau di folder Spam, kemudian klik Batalkan Perubahan untuk memulihkan kata sandi Facebook yang telah diganti oleh hacker dan segera login kembali ke akun Anda. 

Begitu pula dengan alamat email yang dikaitkan, juga bisa dibatalkan perubahannya. Saat menerima email berisi notifikasi yang menyebutkan email Anda telah diubah, segera klik Batalkan Perubahan. Dengan demikian, layanan email lama akan tetap digunakan dengan akun facebook Anda. 

Baca Juga:  Ini Syarat dan Cek PIP 2023 Kapan Cair bagi Anda yang Berhak 

5. Melakukan Verifikasi Identitas  

Opsi lanjutan yang bisa dikatakan lebih kuat adalah dengan melakukan verifikasi identitas. Cara ini mungkin terkesan lebih merepotkan karena memerlukan dokumen identitas seperti KTP, SIM atau paspor. Selain itu, Anda juga harus mengambil gambar dokumen tersebut yang sering kali cukup menyulitkan. 

  1. Buka aplikasi browser di ponsel Anda  
  2. Kunjungi https://id-id.facebook.com/hacked/  
  3. Pada tampilan halaman Facebook tersebut, klik Akun Saya Dibobol 
  4. Ikuti instruksi yang ditampilkan kemudian upload foto dokumen identitas ketika diminta 
  5. Silakan tunggu proses verifikasi dokumen oleh tim Facebook  
  6. Apabila prosesnya selesai, Anda akan menerima notifikasi untuk kembali mengakses akun Facebook 

6. Laporkan dari Akun Facebook Orang Lain 

Anda bisa melaporkan masalah yang Anda alami memanfaatkan akun Facebook orang lain, bisa teman, keluarga atau pasangan. Setelah mendapatkan izin mereka, berikut langkah yang bisa Anda lakukan: 

  1. Cari profil akun yang telah dibajak  
  2. Klik Opsi (ikon titik tiga di bagian bawah profil 
  3. Klik Laporkan Profil atau Dukungan 
  4. Berikutnya, Anda bisa klik opsi Saya tidak bisa mengakses akun saya 
  5. Klik Selanjutnya kemudian klik Recover This Account dan pilih Akun ini tidak bisa diakses 
  6. Setelah itu, Anda mungkin perlu menunggu proses identifikasi oleh Tim Facebook sebelum bisa mengakses kembali akun Anda (biasanya sekitar 24 jam) 

Akhir Kata 

Cara mengembalikan akun Facebook yang dibajak memang cukup beragam sesuai kondisi yang dihadapi pengguna. Meskipun beberapa di antaranya terbilang cukup rumit, ingatlah bahwa apa yang Anda lakukan tersebut juga demi keamanan akun Anda di kemudian hari. Dengan demikian, peluang akun Anda kena hack akan lebih minim. 

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *