Ukuran Header YouTube yang Tepat

Ukuran Header YouTube yang Tepat dan Cara Mengubahnya  

Diposting pada

Ukuran header YouTube yang tepat adalah referensi ukuran gambar (dalam satuan piksel) untuk header saluran YouTube agar bisa terlihat konsisten di berbagai ukuran dan orientasi layar. Ya, meskipun sekedar gambar, nyatanya header memiliki fungsi yang penting terhadap performa saluran YouTube. Gambar inilah yang dapat menarik perhatian calon penonton setelah membaca judul, atau bahkan sebaliknya. 

Cara Mengubah dan Referensi Ukuran Header YouTube yang Tepat 

Header YouTube adalah gambar yang tampil di bagian atas halaman saluran YouTube Anda. Fungsi dari header YouTube adalah untuk menarik perhatian pengunjung, menyampaikan identitas dan pesan saluran Anda, sekaligus guna mendorong orang untuk berlangganan atau menonton video lain dari Anda. Dengan kata lain, header ini memegang peranan penting terhadap kinerja saluran YouTube. 

Untuk memberikan kesan yang profesional, maka header pun harus Anda buat secara optimal pula. Tak sekedar memperhatikan isi gambarnya saja, ukuran header juga perlu Anda sesuaikan. Tujuannya adalah, agar gambar tersebut bisa tampil secara konsisten dan sempurna di layar berbagai macam perangkat milik penonton YouTube Anda. 

Header YouTube penting untuk Anda sesuaikan karena dapat memberikan kesan pertama yang baik kepada calon penonton saluran Anda. Header juga dapat menunjukkan identitas, tema, dan gaya saluran Anda, serta menarik minat dan perhatian pengguna YouTube lain. Dengan header YouTube yang menarik dan profesional, Anda dapat meningkatkan kredibilitas, popularitas, dan loyalitas saluran Anda. 

Baca Juga:  Cara Mengganti Foto Profil YouTube di Ponsel dan PC 

Cara Mengubah Ukuran Header YouTube dari PC 

Untuk mengubah dimensi header YouTube di komputer, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Silakan buka YouTube di browser kemudian login ke akun Anda 
  2. Berikutnya, klik ikon profil Anda (di kanan atas layar) lalu pilih Your channel  
  3. Pada halaman channel Anda, silakan klik Customize channel 
  4. Berikutnya, pada Di tab Layout, klik Edit (di bawah header channel) 
  5. Pada jendela baru yang muncul, silakan pilih gambar yang ingin Anda gunakan sebagai header, atau Anda juga bisa mengunggah gambar baru yang tersimpan di komputer Anda  
  6. Setelah memilih gambar, silakan sesuaikan ukuran dan posisinya dengan menggerakkan slider dan kotak pemotong yang tersedia 
  7. Apabila Anda sudah puas dengan hasil penyesuaian, silakan klik Publish untuk menyimpan perubahan  
  8. Selesai, kini header channel YouTube sudah berubah ukuran sesuai yang Anda inginkan 

Cara Mengubah Ukuran Header YouTube dari Ponsel 

Ukuran Header YouTube yang Tepat

Untuk mengubah ukuran header saluran YouTube dari handphone, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:  

  1. Silakan buka aplikasi YouTube di ponsel kemudian login ke akun Anda 
  2. Selanjutnya, ketuk ikon profil Anda (di kanan atas layar) lalu pilih Setelan  
  3. Ketuk Umum lalu gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi Ukuran header  
  4. Berikutnya, Anda bisa mengetuk opsi tersebut lalu memilih ukuran header yang Anda inginkan 
  5. Silakan memilih ukuran header dari opsi mulai dari Kecil hingga Besar 
  6. Apabila Anda rasa sudah sesuai, silakan ketuk Simpan untuk menerapkan perubahan   
  7. Selesai, kini header channel YouTube sudah berubah ukuran sesuai yang Anda inginkan 

Pedoman Menentukan Ukuran Header Saluran YouTube 

Perlu Anda ketahui bahwa Ukuran header YouTube yang tepat bergantung pada beberapa faktor, seperti resolusi layar, perangkat, dan orientasi. 

Baca Juga:  Begini Cara Melihat Urutan Trending YouTube di HP dan PC

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang besar kecilnya header YouTube: 

1. Ukuran Rekomendasi Google 

Google sebagai pemilik YouTube menyarankan kepada kreator untuk menggunakan gambar berukuran maksimal 2560 x 1440 piksel agar terlihat jelas di semua perangkat maupun orientasi layar. Sementara paling kecil, Google menyarankan gambar berukuran 2048 x 1152 piksel agar header dapat terlihat dengan benar. Di atas atau di bawah rekomendasi, gambar mungkin tidak akan terlihat sesuai harapan Anda. 

2. Ukuran yang lebih Fleksibel  

Apabila Anda memiliki keterbatasan bandwith atau desain spesifik, maka ukuran fleksibel yang bisa Anda pilih adalah 2560 x 423 piksel. Ukuran ini adalah area yang akan terlihat di kebanyakan perangkat maupun orientasi layar. Terkecuali apabila penonton menggunakan layar yang sangat kecil atau sangat besar.  

3. Ukuran Aman untuk Semua Layar 

Ukuran header YouTube yang terbilang aman yaitu 1546 x 423 piksel karena area ini akan selalu terlihat pada semua perangkat maupun orientasi layar. Pilihan ini mungkin terbilang lebih ideal untuk saluran yang menyasar pengguna seluler. Hanya saja, pastikan bahwa elemen penting, seperti logo, judul, atau slogan, maupun elemen tambahan seperti latar belakang, gambar, atau teks bisa termuat di dalam area ini.  

Akhir Kata 

Sudah lebih memahami tentang bagaimana menentukan ukuran header YouTube yang tepat dan bagaimana cara mengubahnya? Selain mengetahui informasi di atas, penting pula bagi Anda untuk selalu menguji tampilan header YouTube Anda di berbagai perangkat dan orientasi sebelum menerapkannya. Dengan demikian, header pun efektif dalam membantu Anda menunjukkan identitas merek, menarik perhatian pengunjung, dan mengajak mereka untuk menonton video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *