Cara melihat status online WhatsApp

Pilihan Cara Melihat Status Online WhatsApp yang Disembunyikan  

Diposting pada

Cara melihat status online WhatsApp yang tersembunyi bisa dilakukan baik menggunakan aplikasi bantuan maupun dari fitur WhatsApp itu sendiri. Ya, untuk beberapa alasan, ada pengguna yang menonaktifkan keterlihatan status online mereka. Sayangnya, opsi ini bisa saja membuat orang lain merasa khawatir atau penasaran.  

Lalu adakah cara untuk bisa tetap melihat status online yang disembunyikan?  

Bagaimana Cara Melihat Status Online WhatsApp? 

Cara Melihat Status Online WhatsApp

Status online adalah salah satu fitur dasar yang ternyata masih banyak diandalkan oleh pengguna, tak terkecuali di aplikasi WhatsApp. Status ini menandakan apakah pengguna tersebut sedang aktif atau terhubung ke internet. Beberapa pengguna memilih untuk menonaktifkan visibilitas status online mereka dengan alasan menjaga privasi, menghindari gangguan, atau sekedar butuh waktu untuk membalas pesan. 

Meski demikian, pengguna WhatsApp lain yang menjadi kontak atau ingin menghubungi pengguna tak selalu sepakat dengan opsi status online yang tersembunyi tersebut. Sebagai alternatif, ada cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengetahui apakah pengguna sedang aktif atau tidak.  

Cara melihat Status Online WhatsApp Tanpa Aplikasi

Cara ini bisa dilakukan dari fungsi atau fitur di aplikasi WhatsApp itu sendiri.

1. Status Gambar atau Video 

Pembaruan status gambar maupun video di WhatsApp memang akan menghilang setelah 24 jam. Setidaknya, adanya unggahan status ini bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut masih aktif pada hari ini. Meskipun tidak dapat diandalkan untuk memantau status secara real time, cara ini cukup untuk sekedar mengetahui kondisi terakhir mereka bukan? 

Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Centang Biru di WhatsApp untuk Tingkatkan Privasi 

2. Melakukan Panggilan WhatsApp 

Untuk hasil yang lebih real time, Anda juga bisa memanfaatkan panggilan WhatsApp untuk mengetahui status terhubung. Coba lakukan panggilan suara WhatsApp ke kontak yang ingin diketahui statusnya. Apabila panggilan tersebut tidak terhubung atau tidak terjawab, artinya pengguna tersebut sedang tidak online saat itu. 

Cara melihat Status Online WhatsApp Dengan Aplikasi

Apabila cara di atas dirasa kurang optimal untuk cek status online WhatsApp yang disembunyikan, masih ada opsi lain menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Artinya, Anda perlu menginstal aplikasi lain untuk memudahkan memeriksa status online kontak WhatsApp Anda. Umumnya, aplikasi semacam ini memanfaatkan fitur log atau pencatatan aktivitas (online/ offline) dari pengguna WhatsApp dimaksud. 

Nah, beberapa aplikasi yang mungkin bisa Anda coba di antaranya: 

1. W Track 

Aplikasi yang bisa Anda dapatkan dari Google Play Store ini memungkinkan Anda memasukkan nomor kontak WhatsApp yang ingin dipantau. Selain itu, aplikasi ini akan mengirim notifikasi saat kontak tersebut sedang online atau offline. Catatan aktivitas kontak tersebut bisa Anda lihat dalam laporan harian, mingguan maupun bulanan.  

2. WhatsLog: online last seen 

Aplikasi yang juga bisa Anda download di Play Store dan App Store ini memungkinkan penggunanya untuk memantau kontak WhatsApp. Penggunaan aplikasi ini sendiri tak jauh berbeda dari aplikasi sebelumnya. Dari aplikasi ini, Anda bisa mengetahui statistik dan grafik aktivitas target, meliputi kapan mereka online atau offline, durasi online serta menerima notifikasi saat ada pembaruan. 

Baca Juga:  Macam-Macam WhatsApp Error dan Opsi Solusinya  

3. WhatsLogin 

Aplikasi ini akan menyajikan data riwayat dan durasi online pengguna WhatsApp yang dimaksud. Cukup masukkan nomor WhatsApp kontak tersebut kemudian Anda akan mendapatkan data tersebut lengkap dengan notifikasi online. Tak kalah mudah, Anda hanya perlu memasukkan nomor telepon lalu ikuti instruksi yang ditampilkan. 

4. OnLog 

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk seakan menjadi foller dari kontak WhatsApp yang ingin dilacak statusnya. Pengguna harus megisi data yang diminta agar bisa mendapatkan fungsi penuh dari aplikasi ini. Setelah mengisi data, klik opsi Start to Follow dan klik ikon lonceng untuk mendapatkan notifikasi pembaruan status.  

5. Wossip 

Tak jauh beda dari OnLog, aplikasi ini juga bisa Anda pertimbangkan untuk mengikuti status terbaru dari kontak WhatsApp yang diinput. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengetahui berapa lama durasi kontak yang dimaksud saat menggunakan WhatsApp. 

Manakah Cara Melihat Status Online WhatsApp yang Anda Pilih? 

Tentu saja Anda bisa memilih salah satu dari opsi alternatif yang sudah dijelaskan di atas. Cukup sesuaikan dengan preferensi atau skema pemantauan yang Anda perlukan. Perlu diingat pula bahwa tindakan semacam ini berpotensi melanggar privasi orang lain kecuali Anda sudah mendapatkan izin dari pemilik akun tersebut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *