Cara Sadap SMS

Mengenal Metode Cara Sadap SMS Saat Ini 

Diposting pada

Cara sadap SMS adalah teknik untuk mengintip pesan teks yang dikirim atau diterima tanpa sepengetahuan pemilik ponsel. Anda yang membaca artikel ini mungkin berencana untuk mengetahui isi percakapan SMS anak atau pasangan untuk tujuan pengawasan atau lainnya. Selain itu, tulisan ini juga bisa bermanfaat untuk mengantisipasi kemungkinan obrolan SMS Anda agar tidak sampai kena bajak. 

Apa Saja Opsi Cara Sadap SMS yang Masih Digunakan?  

Cara Sadap SMS

Harus diakui bahwa layanan Short Message Service (SMS) sudah semakin ditinggalkan oleh pengguna telekomunikasi Tanah Air. Layanan yang kini cenderung hanya digunakan untuk menerima kode OTP verifikasi ini dinilai tak lagi relevan dan kalah praktis dibanding layanan aplikasi chatting dan sosial media.  

Namun demikian, tak menutup kemungkinan pula Anda curiga bahwa SMS di ponsel Anda telah diintip orang lain, atau Anda ingin melihat isi SMS anggota keluarga atau pasangan. Ya, nyatanya masih ada sebagian pengguna yang tetap memilih mengandalkan SMS dalam berkomunikasi. Selain keterbatasan, pengguna juga beralasan lebih menyukai layanan perpesanan gratis yang ditawarkan developer bersama provider. 

Artinya, masih ada kemungkinan bahwa SMS layak untuk dijadikan sasaran penyadapan. Dalam hal ini, penyadap bisa saja ingin mendapatkan data pribadi yang berharga seperti kode verifikasi (One Time Password – OTP) misalnya. Di lain sisi, penyadapan juga mungkin saja dilakukan oleh orang yang memang memiliki hak untuk melakukan aktivitas ini. 

Baca Juga:  Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android

Ada beberapa metode sadap SMS yang mungkin dilakukan saat ini, antara lain sebagai berikut: 

1. Menggunakan Software atau Aplikasi Sadap SMS 

Salah satu opsi yang cukup banyak diminati oleh pengguna saat ini adalah dengan menggunakan bantuan program atau aplikasi penyadapan. Aplikasi semacam ini harus diinstal ke ponsel target dan berjalan secara sembunyi-sembunyi di latar belakang untuk menghindari kecurigaan si target. Selanjutnya, aplikasi tersebut mengirim data SMS milik target ke server yang nantinya dapat diakses penyadap. 

Beberapa aplikasi untuk tujuan ini antara lain: 

AirDroid 

Aplikasi yang dapat menyadap riwayat telepon, SMS hingga chat WhatsApp dan LINE di ponsel target 

SMS Forwarder 

Aplikasi yang yang dikembangkan oleh Sir Jibi’s Apps ini meneruskan SMS sehingga dapat dibaca oleh penyadap 

The Truthspy  

Aplikasi yang memungkinkan penyadap untuk memantau ponsel target melalui akun Facebook hingga Snapchat target yang digunakan pada ponsel yang sama 

mSpy  

Aplikasi yang juga dikenal sebagai WhatsApp mSpy ini tak hanya menyadap WA target saja, tetapi juga merekam panggilan telepon, SMS, email, riwayat browsing internet serta melacak lokasi 

Couple Tracker  

Aplikasi yang akan memberitahukan penyadap saat ponsel milik target melakukan atau menerima panggilan telepon, SMS, mengambil foto maupun merekam video  

SMS Tracker  

Aplikasi intip SMS yang juga dapat mengetahui chat WA dan lokasi keberadaan ponsel target  

2. Mengakses Akun Cloud Target 

Saat ini banyak ponsel yang dipasarkan dengan UI buatan produsen, lengkap dengan layanan penyimpanan awan (online) masing-masing, seperti Google Drive, iCloud, Xiaomi Cloud, Samsung Cloud dan sebagainya. Di penyimpanan online ini, pengguna biasanya mencadangkan berbagai data sensitif, termasuk riwayat SMS. 

Baca Juga:  Cara Download Whatsapp Aero Terbaru 2023

Bisa ditebak apabila penyadap bisa mengakses akun cloud tersebut bukan? Penyadap yang bisa menebak atau mencuri kata sandi pemilik akun, tentu saja bisa mendapatkan file cadangan tersebut. Tak terkecuali data cadangan SMS yang nantinya dapat dibaca oleh penyadap dengan beberapa langkah tambahan.  

3. Memanfaatkan Bug Sistem Operasi  

Sistem operasi populer seperti android atau iOS , memang selalu diperbarui salah satunya untuk mencegah peretasan. Dalam tingkatan tertentu, hacker bisa saja menemukan celah keamanan yang memungkinkan mereka untuk mengakses SMS di perangkat. Tak hanya melalui instalasi aplikasi secara ilegal, celah ini juga bisa dimanfaatkan melalui kode dial tertentu yang nantinya membuka celah lain.  

Biasanya teknik ini diperkenalkan sebagai teknik sadap SMS untuk provider tertentu. Dalam prosesnya, penyadap akan menekan kode dial tertentu di ponsel target yang nantinya memicu ekseskusi kode jahat buatan hacker. Tidak ada provider yang mendukung aksi penyadapan tanpa izin dari pihak berwenang. 

Apakah Cara Sadap SMS Aman? 

Perlu diingat bahwa aksi penyadapan SMS adalah tindakan melanggar privasi dan hak orang lain, serta bisa dikatakan sebagai tindakan ilegal bila dilakukan oleh orang yang tidak berkepentingan. Lebih jauh, penyadapan juga bisa berujung pada masalah hukum mengingat perbuatan ini bisa membahayakan data pribadi dan keamanan orang yang jadi target. Ini karena isi SMS bisa memuat informasi sensitif yang bisa dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggungjawab lainnya. 

Jadi, menyadap SMS tidak aman jika dilakukan sembarang orang. Tindakan ini hanya boleh dilakukan untuk kepentingan penyelidikan, pengawasan, atau perlindungan oleh pihak berwajib. tindak penyadapan harus harus dilakukan secara hati-hati dan bertanggung jawab, dengan tetap menghormati hak dan privasi orang lain.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *