Cara-Monetize-Yottube-Short

Cara Monetisasi Youtube Short: Syarat dan Cara Daftarnya

Diposting pada

Di tahun 2023 ini, ada sebuah kabar gembira khususnya bagi kalian para content creator Youtube. Dimana nantinya, fitur video Youtube Short akan bisa dimonetisasi layaknya video biasa.

Tentu ini menjadi sebuah berita yang menggembirakan karena selama ini video yang dibuat melalui Youtube Short tidak bisa dimonetize serta tidak mendapatkan uang.

Namun dalam waktu dekat, kalian bisa mendapatkan uang dengan membuat konten Youtube Short. Ingin tahu apa saja syarat dan cara daftarnya? Simak pembahasan berikut ini.

Apa Itu Monetisasi Youtube Short?

Seperti yang kita tahu bahwa Youtube merupakan salah satu lahan yang bisa menghasilkan uang dengan fitur monetisasi videonya.

Dimana biasanya kita akan mendapati iklan yang muncul ketika video diputar, dan sang konten youtube pun akan mendapatkan penghasilan dari sana.

Pada awalnya, fitur monetize tersebut hanya terdapat pada konten video youtube biasa saja. Namun ada kabar yang menyebutkan bahwa dalam waktu dekat, Youtube Short pun juga akan memiliki fitur monetisasi.

Sehingga ketika diputar, Youtube Short juga akan menampilkan iklan yang mana bisa menjadi sumber penghasilan bagi si pembuat videonya.

Berapa Pendapatan Monetisasi Youtube Short?

Menurut informasi yang beredar, keuntungan yang bisa didaptakan dari monetisasi Youtube Short terbilang cukup besar yaitu mencapai 45%.

Ada beberapa faktor lain juga yang akan mempengaruhi penghasilan mulai dari banyaknya tayangan iklan, durasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nantinya perhitungan akan dilakukan dalam kurun waktu satu bulan dan masuk ke saldo adsense masing-masing.

Baca Juga:  Layanan Private Video YouTube, Alternatif Berbagi Video yang Lebih Menenangkan 

Kapan Monetisasi Youtube Short Dimulai?

Mendengar kabar ini tentu membuat banyak dari kalian yang tidak sabar. Karena memang ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk menghasilkan uang dari konten video pendek.

Program Monetisasi Youtube Short ini pertama kali diungkapkan oleh CEO Youtube, SUsan Wojcicki pada acara Made On Youtube.

Dimana diungkapkan bahwa program tersebut akan dimulai pada awal tahun 2023, namun belum ada yang tahu kapan tanggal pastinya.

Syarat Monetisasi Youtube Short

Buat kalian yang tertarik dengan program monetisasi youtube short, maka wajib tahu apa saja syarat-syarat yang diperlukan.

  • Status YYP

Youtube Partner Program merupakan salah satu syarat wajib yang harus dimiliki oleh seorang content creator. Karena dengan program ini kalian akan memiliki akses ke berbagai fitur adsense.

  • Jumlah Subscriber

Kalian pasti juga penasaran berapa jumlah subscriber minimal agar bisa monetisasi Youtube Short? Channel kalian minimal memiliki 1000 subscriber agar bisa menghasilkan uang dari konten video pendek tersebut.

  • Jumlah View

Selain subscriber, salah satu syarat penting lain yang tak boleh dilewatkan yaitu jumlah minimal view yang harus dipenuhi.

Dimana agar bisa dimonetisasi, konten short kalian minimal harus punya 10 juga view atau penayangan dalam waktu 3 bulan terakhir.

  • Originalitas Konten

Dari segi konten, kalian juga dituntut untuk membuat konten yang original dan tidak menjiplak dari media lainnya. Jadi kalian tidak boleh repost video yang telah dipublish di platform lain.

  • Menautkan Akun Adsense

Agar bisa menghasilkan uang, maka kalian wajib menautkan akun dengan adsense. Sehingga nantinya video dapat menampilkan iklan dan menghasilkan pundi-pundi uang.

  • Batas Usia Minimal
Baca Juga:  Cara Komen di Live YouTube dan Tips Mengatasi Tidak Bisa Komentar  

Bagi sang content creator, maka harus berusia minimal 13 tahun keatas. Disarankan bagi yang sudah punya identitas diri seperti KTP agar prosesnya lebih mudah.

  • Jumlah Video Short

Apakah ada syarat jumlah minimal video short yang dibuat? Kalian hanya disyaratkan untuk memposting minimal 1 video short dalam kurun waktu 6 bulan terakhir sebelum mendaftar program monetisasi.

Cara Membuat Youtube Short Lewat HP

Bagi kalian yang tidak punya komputer atau laptop juga tak perlu khawatir. Karena membuat video youtube short pun bisa dilakukan lewat HP, bagaimana caranya?

  • Buka aplikasi Youtube kalian masing-masing.
  • Kemduain login dengan akun terlebih dahulu.
  • Scroll ke bawah dan pilih menu Shorts.
  • Kemudian kalian pilih menu Create atau Buat.
  • Tinggal pilih video yang ingin diupload atau rekam dulu.
  • Tambahkan efek efek tertentu agar video jadi makin menarik.
  • Tambahkan title ataupun deskripsi agar penonton tertarik.
  • Jika semua sudah disetting, kalian tinggal tekan Upload.
  • Tunggu hingga video berhasil diunggah sepenuhnya.
  • Nah sekarang video youtube short kalian sudah dipublish.

Kesimpulan

Nah itulah informasi mengenai program monetisasi video youtube short yang akan segera berlaku di tahun 2023 nanti. Dimana sekarang kita juga akan memiliki peluang untuk mengdapatkan penghasilan dari konten video pendek di Youtube.

Sedikit tips untuk para kreator yang ingin mendapakatkan iklan banyak dan saling support antar kreator, kami rekomendasikan untuk tidak menggunakan youtube tanpa iklan apk. Agar para kreator makin jaya dan berkembang.

Nah buat kalian yang tertarik, segera persiapkan channel kalian agar memenuhi persyaratan yang ada karena ini merupakan peluang yang tak boleh dilewatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *