Cara Menggunakan AirDrop

Mudah Sekali, Seperti Ini Cara Menggunakan AirDrop Apple 

Diposting pada

Cara menggunakan AirDrop perlu diketahui pengguna produk dari Apple untuk berbagi file antar perangkat secara nirkabel. Opsi transfer file ini banyak diminati karena memang terbilang lebih praktis dibanding opsi transfer kabel. Tulisan kali ini akan membahas bagaimana prosedur dan kiat mengatasi masalah yang mungkin muncul. 

Cara Menggunakan AirDrop dan Tips Mengatasi Tidak Bisa Transfer File 

Cara Menggunakan AirDrop

Perlu Anda ketahui bahwa Airdrop merupakan salah satu fitur unik yang memungkinkan pengguna perangkat Apple, seperti iPhone, iPad ataupun Mac untuk berbagi file tanpa kabel. Dalam mekanismenya, pengiriman file berupa foto, video, kontak atau file lain dilakukan melalui koneksi Bluetooth dan Wi-Fi. Dengan kata lain, perangkat yang mengirim dan menerima harus berada dalam radius tertentu. 

Fitur AirDrop ini biasanya digunakan untuk keperluan berbagi dokumen kerja, membagikan presentasi hingga mentransfer foto. Transfer file tanpa kabel ini juga tetap memperhatikan keamanan untuk memastikan pengguna tenang berbagi file. Inilah yang kemudian membuat AirDrop menjadi opsi pertama saat pengguna ingin berkirim file.   

Langkah menggunakan AirDrop juga terbilang sederhana saja sebagai berikut 

  1. Pengguna perlu memastikan bahwa perangkat yang digunakan sudah mendukung fitur Airdrop dan sudah login ke iCloud dengan ID Apple 
  2. Selain itu, pengguna juga perlu memastikan bahwa fungsi Bluetooth dan Wi-Fi aktif 
  3. Silakan buka Kontrol Pusat, untuk iPhone X atau lebih baru silakan geser ke bawah dari pojok kanan atas layar, sementara untuk iPhone 8 atau lebih lama silakan geser dari bawah layar  
  4. Untuk menerima, silakan ketuk ikon Airdrop dan tentukan opsi pengiriman: Menerima Tidak Aktif (nonaktifkan Airdrop), Kontak Saja (hanya kontak di iCloud), atau Semua Orang (perangkat Apple manapun yang masuk jangkauan) 
  5. Untuk mengirim file, silakan buka file yang ingin Anda kirim, bisa juga dari aplikasiseperti Foto, File atau Kontak 
  6. Silakan pilih file yang ingin Anda transfer kemudian ketuk ikon Bagikan 
  7. Pilih opsi AirDrop kemudian cari perangkat penerima file  
  8. Anda akan melihat daftar AirDrop berisi nama-nama perangkat Apple (pastikan AirDrop penerima sudah aktif  dan ada di sekitar perangkat Anda dengan jarak maksimal 9 meter) 
  9. Pilih perangkat dengan ketuk pada nama perangkat penerima  
  10. Tunggu proses transfer hingga selesai 
Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Selalu Masuk ke Bios

Perangkat penerima akan mendapat notifikasi pada layar mereka untuk kemudian memilih opsi untuk Terima atau Tolak file yang masuk tersebut. Apabila ingin menyimpan file yang terkirim, silakan klik Terima dan file akan disimpan di perangkat penerima. Untuk melihat file baru tersebut, silakan buka aplikasi yang sesuai, yaitu foto di Foto, dokumen di File sementara kontak di Kontak. 

Tips Mengatasi AirDrop Bermasalah 

Ya, ada beberapa hal yang kemudian menyebabkan pengiriman file melalui AirDrop jadi terganggu. Berikut ini beberapa hal yang menyeybabkan AirDrop tidak berfungsi dan kiat untuk mengatasinya:  

1. Masalah Kompatibilitas 

Seringkali masalah kompatibilitas memicu gagalnya transfer file. Hal ini karena AirDrop hanya bekerja di perangkat Apple tertentu dengan setidaknya menggunakan iOS 7 atau yang lebih baru, atau Mac OS X Yosemite dan yang lebih baru. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna cukup memastikan bahwa perangkat Apple mereka telah diperbarui. 

2. Masalah Koneksi  

Dalam beberapa kasus, fungsi koneksi yang terganggu juga sering membuat AirDrop gagal mengirim file. Tentu saja karena fitur transfer nirkabel ini mengandalkan sambungan Bluetooth dan Wi-Fi untuk mengirim dan menerima file. Silakan periksa fungsi kedua opsi sambungan tersebut dapat diaktifkan, atau coba nyalakan ulang perangkat untuk memastikan fungsinya. 

Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP iPhone, Aman Dari si KEPO

Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa perangkat masuk dalam radius jangkauan Bluetooth dan Wi-Fi AirDrop. Adanya halangan fisik juga bisa saja memicu masalah koneksi, seperti sekat ruang, partisi, pintu atau objek lain yang menghambat koneksi.   

3. Masalah Privasi 

Tak jarang pengguna mengeluhkan perangkatnya tidak terdeteksi AirDrop. Biasanya situasi ini dipicu oleh pengaturan privasi pada opsi penerima yang kurang tepat. Dalam hal ini, silakan pastikan bahwa pilihan penerima sudah sesuai dengan pilihan pengirim, kontak saja, semua orang atau mati. Pada beberapa kondisi, penerima dan pengirim harus saling terdaftar di kontak dengan ID Apple.  

4. Masalah Perangkat 

Masalah perangkat lunak atau perangkat keras juga bisa memicu gangguan fitur AirDrop. Pemicu seperti bug, virus, maupun kerusakan lain pada perangkat umumnya sudah bisa diatasi dengan hapus cache dan data AirDrop, reset jaringan, update OS atau melakukan perbaikan di layanan resmi Apple.  

Akhir Kata 

Demikian cara menggunakan AirDrop yang memang bisa dikatakan tak jauh berbeda dari aplikasi transfer nirkabel lainnya saat ini. Namun demikian, fitur bawaan perangkat Apple ini bisa jadi pilihan pertama karena mampu menawarkan fungsi transfer yang handal dan aman.   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *