Cara Edit Caption TikTok

Seperti Ini Cara Edit Caption TikTok yang Terlanjur Post 

Diposting pada

Cara edit caption TikTok adalah langkah-langkah untuk menyunting teks yang disematkan pada video agar lebih sesuai. Memang, caption menjadi salah satu elemen yang efektif untuk membuat video TikTok lebih berpeluang untuk terlihat. Tak salah apabila Anda ingin mengoptimalkan fitur video TikTok ini dengan cara mengeditnya. 

Mengapa Anda Harus Mengetahui Cara Edit Caption TikTok? 

Cara Edit Caption TikTok

Anda yang sudah terbiasa menggunakan platform TikTok pastinya sudah tak asing lagi dengan caption ini. Teks pendek yang terlihat di bawah video TikTok ketika diputar ini berguna untuk memberikan informasi, konteks maupun pesan khusus ke penonton video tersebut. Tak hanya itu, caption di TikTok ini juga berfungsi sebagai penjelas, penambah humor bahkan sarana promosi yang efektif. 

Lantaran fungsinya yang terbilang kompleks ini, tak salah jika kemudian para kreator membuat caption ini serelevan mungkin dengan video. Dalam hal ini, para kreator TikTok membuat tulisan berdasarkan tujuan postingan video. Banyak dari mereka yang mulai menghindari penggunaan caption secara asal atau berlebih.  

Nah, apabila Anda merasa pernah membuat caption TikTok yang kurang sesuai, berikut ini beberapa opsi yang bisa Anda coba: 

  • Hapus video dengan caption yang tidak sesuai, kemudian posting ulang dengan kutipan yang lebih tepat  
  • Edit caption memanfaatkan opsi lanjutan yang ada di bagian pojok kanan bawah video 
  • Coba klarifikasi caption Anda sebelumnya di komentar postingan Anda   
  • Buat penjelasan atau permohonan maaf apabila caption yang Anda buat, telah menyinggung pihak lain atau memicu kesalahpahaman   
Baca Juga:  Panduan dan Cara Tarik Komisi TikTok Affiliate 

Dari pilihan opsi yang ada di atas, menyunting caption mungkin bisa dikatakan sebagai pilihan yang paling mudah. Namun demikian, tak menutup kemungkinan pula Anda melakukan langkah tambahan apabila salah caption telah memicu masalah. Untuk menyunting caption TikTok, silakan ikuti langkah ini 

  1. Buka aplikasi TikTok lalu pastikan Anda sudah login ke akun Anda  
  2. Masuk ke Profil Anda kemudian pilih video yang ingin Anda ubah caption-nya   
  3. Ketuk opsi lanjut (ikon tiga titik) di pojok kanan bawah video yang Anda pilih 
  4. Pilih opsi Edit Video kemudian ketuk ikon teks (di bawah layar)  
  5. Pada halaman edit caption, silakan hapus caption lama dengan cara ketuk tombol hapus (di kanan atas teks 
  6. Silakan masukkan caption yang baru di kolom teks  
  7. Anda juga bisa menyesuaikan ukuran, warna, font, dan posisi caption sesuai dengan preferensi   
  8. Apabila dirasa sudah sesuai, ketuk tombol Selesai (kanan atas)  
  9. Ketuk Post (kanan bawah layar) untuk memperbarui video Anda yang sudah disertai caption baru tadi 
  10. Selesai  

Tips Menentukan Caption TikTok yang Tepat

Apabila Anda ingin menghindari kesalahan yang sama dalam membuat caption di TikTok, Anda bisa menggunakan kiat berikut sebagai referensi: 

Baca Juga:  Mengenal TikTok Analytics Exolyt: Alat Penunjang Kreator Maksimalkan Video 

1. Sesuaikan dengan Video 

Tentu saja, pertama Anda harus mendasarkan pembuatan caption dari video Anda. Misalnya caption untuk menambahkan konteks, informasi tambahan, sumber inspirasi, tujuan maupun pesan dari video. Hindari caption yang sekedar viral, tak relevan atau bahkan menyesatkan audiens. 

2. Sesuaikan dengan Audiens 

Dalam menentukan caption, pastikan Anda menyesuaikannya dengan karakteristik audiens. Misalnya, Anda memilih kata-kata dan bahasa yang sederhana, mudah dipahami untuk target penonton tertentu. Hindari istilah asing, singkatan yang jarang diketahui orang. 

3. Coba Lebih Interaktif   

Untuk mendapatkan caption yang efektif, tak ada salahnya Anda mencoba lebih interaktif dalam membuat kutipan. Anda bisa merancang kutipan berupa pertanyaan, tantangan, ajakan, atau humor yang dapat merangsang interaksi audiens. Pastikan caption Anda menarik, hindari kata-kata yang tak bermakna atau sekedar viral. 

4. Manfaatkan Hashtag  

Pastikan Anda menggunakan kata kunci relevan dan populer agar video Anda lebih mudah ditemukan audiens dari topik tertentu. Apabila Anda dapat menggunakan tag dengan tepat, maka video bisa memiliki jangkauan yang lebih luas. Namun demikian, jangan berlebihan yang nantinya justru menajdi spam yang tak disukai. 

Akhir Kata 

Cara edit caption TikTok di atas bisa jadi opsi termudah bagi Anda yang ingin memastikan bahwa postingan efektif dalam mencapai tujuannya. Anda pun tak perlu re-upload video untuk sekedar membetulkan caption yang kurang tepat. Meskipun hal ini bukan berarti menghilangkan kewajiban Anda untuk menjelaskan kembali atau meminta maaf atas kesalahan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *