Cara Mengembalikan Akun IG yang Dibajak

Cara Mengembalikan Akun IG yang Dibajak dan Tips Optimalkan Keamanan Akun 

Diposting pada

Cara mengembalikan akun IG yang dibajak adalah langkah untuk memulihkan akses ke akun Instagram yang telah dibobol oleh orang yang tak bertanggungjawab. Harus diakui, popularitas Instagram sebagai salah satu media sosial mengundang orang-orang tak bertanggungjawab dan mengambil alih paksa akun orang lain. Jika Anda jadi salah satu korbannya, silakan simak penjelasannya di bawah. 

Bagaimana Cara Mengembalikan Akun IG yang Dibajak? 

Cara Mengembalikan Akun IG yang Dibajak

Tindak hacking masih menjadi salah satu bentuk kejahatan siber paling umum saat ini, tak terkecuali di platform Instagram. Nah, saat Anda tiba-tiba tak bisa mengakses akun Instagram, kuat dugaan bahwa Anda telah menjadi korban pembajakan akun. Untuk menyikapinya, Anda tak perlu langsung panik dan coba ikuti beberapa langkah berikut ini untuk mencoba memulihkan kembali akun Instagram Anda. 

1. Cek Inbox Email Anda  

Umumnya, tindak peretasan akan memicu sistem Instagram mengirim email pemberitahuan bahwa ada percobaan perubahan email atau nomor telepon. Maka dari itu, pertama silakan cek kotak masuk (inbox) email Anda untuk melihat adakah email masuk dari [email protected]. Jika tidak ada, coba periksa pada folder spam kemudian klik pada opsi Amankan Akun Saya lalu ikuti instruksi yang ditampilkan 

2. Segera Reset Password  

Apabila hacker belum sempat mengganti email atau nomor telepon, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengamankan akun. Segera atur ulang kembali kata sandi Instagram Anda dengan klik opsi Lupa Password? yang muncul di halaman login. Silakan masukkan alamat email atau nomor telepon yang Anda tautkan ke akun Instagram lalu ikuti petunjuk selanjutnya hingga Anda berhasil membuat password baru. 

Baca Juga:  11 Cara Mengembalikan Efek Instagram yang Hilang Tiba Tiba

3. Laporkan Akun Anda  

Apabila Anda sudah tidak bisa lagi memulihkan akun melalui email atau nomor telepon, masih ada opsi lain untuk mencoba memulihkan akun IG Anda. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan: 

  1. Buka aplikasi browser Anda kemudian kunjungi help.instagram.com  
  2. Masuk ke menu Pusat Privasi dan Keamanan 
  3. Pilih opsi Melaporkan Sesuatu lalu klik opsi Akun yang Dibajak 
  4. Klik opsi Sepertinya Akun Saya Diretas kemudian ikuti instruksi berikutnya untuk mengisi formulir laporan  
  5. Anda mungkin perlu menunggu proses verifikasi hingga Anda mendapatkan email berisi kode verifikasi identitas  
  6. Apabila berhasil, Anda dapat membuat password baru sehingga akun IG bisa kembali Anda akses  

Setelah Cara Mengembalikan Akun IG yang Dibajak Berhasil, Terapkan Tips Berikut 

Ya, untuk mencegah pembajakan kembali terjadi pada akun Instagram Anda, ada beberapa tips yang bisa segera Anda terapkan. Langkah-langkah berikut bertujuan untuk memperkuat keamanan akun Anda. Berikut tips yang bisa Anda lakukan: 

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah  

Karena mekanismenya yang bisa cukup merepotkan, pastinya fitur keamanan tambahan ini layak diterapkan untuk akun IG Anda yang berharga. Opsi ini akan mengharuskan Anda untuk memasukkan kode yang selalu diperbarui saat hendak login ke akun IG. Kode tersebut akan dikirmkan ke nomor telepon atau email yang dikaitkan ke akun.    

Baca Juga:  Cara Sadap Instagram Pacar Tanpa Ketahuan dengan 2 Metode ini

2. Ganti Password Secara Berkala  

Kata sandi menjadi kredensial utama yang menjadi lapisan pengaman pertama untuk akses ke akun Anda. Maka dari itu, wajar jika Anda menerapkan keamanan optimal dengan rutin mengganti kata sandi login ke Instagram. Selain itu, gunakan kombinasi kata sandi yang kuat, tidak mudah ditebak, unik berbeda dari password untuk akun Anda lainnya. 

3. Bijak Menggunakan Password 

Tak sekedar rutin ganti kata sandi, Anda juga perlu lebih hati-hati sat hendak login ke Instagram. Hindari memasukkan password IG Anda  secara sembarangan, misalnya di aplikasi atau situs pihak ketiga maupun login dari browser sekalipun. Bukan tidak mungkin, pengembang aplikasi atau pengelola mencatat aktivitas Anda dan mendapatkan kombinasi kredensial. 

4. Jangan Sembarang Klik Link 

Anda yang sudah login Instagram di ponsel ataupun laptop, sebaiknya juga tidak sembarang klik saat menerima link. Ya, tak jarang tautan dari sumber yang tak kredibel atau tak dikenal disebarkan di email, DM maupun komentar yang memicu script atau kode tertentu untuk mencuri informasi login Instagram. 

Akhir Kata 

Itulah tadi serangkaian langkah dalam proses memulihkan akun Instagram yang terkena hack. Tak hanya sampai mengembalikan akses ke akun, ada baiknya Anda menerapkan beberapa tips di atas untuk mencegah hal serupa terulang. Perlu diingat bahwa Instagram masih menjadi salah satu media sosial populer sehingga banyak pula orang jahat yang berusaha memanfaatkan kelengahan pengguna.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *