Cara Jual Beli NFT

Cara Jual Beli NFT yang Aman Beserta Contohnya 

Diposting pada

Cara jual beli NFT adalah langkah untuk mendapatkan keuntungan dari aset digital yang unik dan langka (jual), atau mendapatkan aset tersebut (beli). Transaksi Non-Fungible Token terbilang masih sangat menjanjikan bagi beberapa kalangan saat ini. Ya, aset yang satu ini seakan tak pernah sepi peminat karena sifatnya yang unik, bahkan artistik. 

Bagaimanakah Cara Jual Beli NFT yang Aman? 

NFT adalah singkatan dari Non-Fungible Token, yaitu token kripto yang tidak dapat ditukar dengan token lain yang sama. Setiap NFT memiliki karakteristik dan nilai sendiri, sehingga bisa menjadi bukti kepemilikan atas karya seni digital, seperti gambar, video, musik, atau bahkan tweet. Kemudian Anda bisa menentukan blockchain yang sesuai untuk membuat dan menjual NFT, seperti Ethereum, Binance Smart Chain, Solana, Cardano, dan lain-lain. 

Untuk bisa melakukan jual beli NFT, Anda harus memiliki dompet digital mata uang kripto seperti MetaMask, Coinbase Wallet, Trust Wallet, atau Math Wallet terlebih dahulu. Dompet digital adalah aplikasi yang digunakan untuk menyimpan dan mengirim token kripto, termasuk NFT. Pastikan bahwa Anda menggunakan layanan dompet digital yang kompatibel dengan blockchain pilihan 

Setelah itu, Anda juga perlu menyambungkan dompet digital tersebut dengan marketplace khusus NFT. Untuk saat ini, pasar yang terbilang aman untuk jual beli NFT adalah OpenSea, Binance, Rarible, Foundation, Mintable dan lainnya. Sebaiknya pertimbangkan pasar NFT yang terkenal memiliki reputasi bagus, volume transaksi tinggi dan fitur pendukung yang lengkap. 

Baca Juga:  Cek Penerima BPUM, Begini Cara Mengeceknya

1. Cara Jual NFT 

Unggah karya digital Anda ke pasar NFT dan menentukan harga jualnya. Proses ini biasanya membutuhkan biaya gas (fee) yang dibayar dengan token kripto sesuai dengan blockchain yang dipakai. Setelah itu, penjual bisa menentukan harga jual NFT, baik dengan harga tetap maupun lelang. 

Promosikan NFT ke calon pembeli potensial melalui media sosial, forum online, atau komunitas kripto. Jika ada pembeli yang tertarik, penjual bisa melakukan transaksi dengan aman melalui smart contract di pasar NFT. Ya, sesederhana itu saja, namun Anda tetap harus mengikuti prosesnya secara cermat. 

Sebagai contoh, apabila Anda siap menjual NFT di OpenSea, maka pastikan Anda memiliki saldo minimal 0,05 Ethereum di dompet digital kemudian ikuti langkah berikut: 

  1. Buka akun OpenSea yang terhubung ke dompet digital 
  2. Kemudian pilih opsi My Collection  
  3. Klik Sell pada NFT yang ingin Anda jual 
  4. Pilih skema penjualan yang Anda inginkan, apakah harga tetap atau lelang 
  5. Selanjutnya, silakan masukkan harga NFT dengan mata uang Ethereum berikut durasi penjualan 
  6. Klik Complete Listing untuk menyelesaikan proses penjualan 

2. Cara Beli NFT 

Silakan masuk ke marketplace NFT kepercayaan Anda, kemudian cari NFT yang sedang Anda incar. Pastikan Anda sudah melakukan pengecekan terhadap latar belakang dan reputasi pasar NFT tersebut sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Jangan lupa pula untuk selalu melakukan verifikasi keaslian NFT yang ingin Anda beli.  

Baca Juga:  Enel Kekuatan Hijau, dapat Satu Juta saat Daftar?

Cara Jual Beli NFT

Simpan koleksi NFT Anda tersebut ke dalam dompet digital yang benar-benar Anda pastikan keamanannya. Jangan bagikan informasi pribadi seperti kata sandi atau kunci pribadi dengan orang lain. Ini akan menghindari terjadinya penipuan atau pencurian NFT. 

Contoh, apabila Anda ingin beli NFT di OpenSea dan sudah memiliki saldo Ethereum yang cukup di dompet digital, berikut langkah yang bisa Anda lakukan: 

  1. Buka akun OpenSea yang telah terhubung ke dompet digital 
  2. Lalu temukan NFT yang ingin Anda beli, gunakan fitur pencarian atau filter 
  3. Silakan pilih NFT yang Anda inginkan 
  4. Klik Buy Now apabila harga sudah ditentukan, atau klik Place Bid untuk harga yang masih dalam tahap lelang 
  5. Masukkan jumlah Ethereum yang ingin Anda bayarkan kemudian lakukan konfirmasi pembayaran 
  6. Setelah pembayaran berhasil, maka NFT akan masuk ke koleksimu di OpenSea dan dompet digital  

Akhir Kata 

Demikian sedikit pembahasan tentang bagaimana tips cara jual beli NFT yang aman. Perlu Anda ingat bahwa NFT bisa dikatakan sebagai aset digital yang memiliki nilai dan keamanan yang sama pentingnya seperti aset fisik. Pastikan untuk selalu melindungi NFT dengan baik dan menghindari tindakan yang dapat membahayakan keamanannya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *