Cara Bikin Story YouTube

Cara Bikin Story YouTube dan Tips yang Harus Anda Coba 

Diposting pada

Cara bikin story YouTube adalah langkah untuk membuat dan membagikan video pendek seperti halnya di platform media sosial pada umumnya. YouTube memang terkenal sebagai platform berbagi video paling populer di dunia. Tak heran jika layanan milik Google ini pun tak ketinggalan dengan platform lain dengan menyediakan fitur berbagai video singkat 15 detikan ini.  

Bagaimana Cara Bikin Story YouTube yang Efektif? 

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat story, tak ada salahnya jika sedikit kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu YouTube Story. Fitur yang hanya tersedia untuk pengguna terverifikasi yang sudah memiliki lebih dari 10K subscribers ini adalah salah satu fitur populer, yang memudahkan pengguna untuk berbagi keseharian yang mungkin belum terekspose sebelumnya. Story YouTube dapat berupa video, foto, atau teks yang akan hilang setelah 24 jam. 

Fitur Story YouTube

Story YouTube ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya: 

  • Semua orang dapat menonton video Story, bukan hanya subscriber pemilik video saja  
  • Penonton dapat meninggalkan komentar di video Story, sementara pemilik video juga bisa membalas komentar tersebut sehingga terjadi interaksi yang lebih intens 
  • Kreator bisa memberikan stiker, filter, musik, teks maupun emoji sehingga Story jadi lebih menarik da berkesan 
  • Video story akan hilang secara otomatis setelah 7 hari, kecuali apabila kreator memilih menyimpan video pendek tersebut sebagai playlist  
Baca Juga:  Ukuran Header YouTube yang Tepat dan Cara Mengubahnya  

Cara Membuat YouTube Story 

Cara Bikin Story YouTube

Untuk membuat konten melalui fitur Story YouTube ini, maka Anda sebagai pengguna bisa mengikuti langkah-langkah berikut:  

  1. Buka aplikasi YouTube di ponsel maupun tablet  
  2. Ketuk pada ikon kamera (di kanan atas layar) 
  3. Selanjutnya, silakan pilih opsi Buat Story  
  4. Rekam video dengan menekan tombol rekam, atau geser ke kanan apabila Anda ingin menggunakan video yang sudah tersimpan di galeri perangkat 
  5. Berikutnya, Anda bisa mengedit video tersebut untuk membuatnya lebih menarik, misalnya dengan menambahkan stiker, filter, musik, teks atau emoji  
  6. Apabila sudah cukup sesuai, silakan ketuk Berikutnya untuk melihat pratinjau video tersebut 
  7. terakhir, apabila Anda sudah yakin dengan hasil videonya, silakan ketuk Posting untuk mulai membagikan video tersebut sebagai YouTube Story 

Tips Membuat YouTube Story 

Apabila ingin agar Story yang Anda buat efektif menarik perhatian audiens, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba agar story YouTube jadi lebih berkesan: 

1. Sesuaikan dengan Niche dan Audiens 

Jelas, agar konten Anda mampu memberikan dampak positif, pastikan bahwa video-video Anda mengusung tema yang relevan, sesuai dengan channel Anda. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki channel tentang fashion, silakan rancang konsep story yang masih ada kaitannya dengan produk, tutorial, atau review fashion pula. 

2. Optimalkan Elemen Visual 

Untuk membuat Story dapat meninggalkan kesan kepada penonton, tak ada salahnya Anda memanfaatkan berbagai elemen visual yang tersedia. Silakan tambahkan filter, stiker, teks, musik, atau efek khusus sehingga Story jadi lebih hidup dan menarik. Namun jangan berlebihan pula, karena justru dapat membuat fokus ke konten utama Anda jadi terkaburkan. 

Baca Juga:  8 Rekomendasi Film Netflix Action Seru Menegangkan 

3. Rancang Story yang Interaktif 

Tak ada salahnya Anda mencari inspirasi untuk membuat Story yang mampu menggugah penonton untuk berinteraksi. Manfaatkan fitur seperti polling, pertanyaan ataupun kuis untuk mencari feedback, saran atau opini penonton. Jangan lupa untuk membalas interaksi, komentar atau pesan agar membuat penonton merasakan kehadiran Anda. 

4. Konsisten Update Story 

Story yang Anda buat dan bagikan secara terjadwal, rutin dan konsisten dapat membantu membangun image profesionalisme channel Anda. Untuk itu, Anda bisa menyesuaikan jadwal dengan momen-momen penonton. Contoh, untuk penonton dari kalangan pelajar atau pekerja, maka unggah Story pada pagi atau sore hari.  

5. Manfaatkan Konten Lain di Channel Anda 

Tak ada salahnya mempromosikan konten Anda lainnya sebagai bahan Story bukan? Anda bisa memberi tahu penonton tentang adanya video baru, live streaming, kolaborasi, giveaway atau hal menarik lainnya di channel melalui YouTube Story. Dari Story tersebut, Anda bisa mengajak penonton untuk melihat, menyukai, berkomentar atau berlangganan ke channel Anda.  

Akhir Kata 

Meskipun konten videonya terkesan sederhana dan singkat, nyatanya cara bikin story YouTube tidaklah sesederhana itu. Terlebih jika Anda ingin Story tersebut memiliki impact terhadap performa channel Anda di YouTube. Beberapa tips di atas, mungkin bisa Anda jadikan sebagai referensi agar mendapatkan Story yang sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *