Cara Import Preset Alight Motion

Cara Import Preset Alight Motion, File XML, Link & Kode QR

Diposting pada

Cara import preset Alight Motion adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan pengguna saat ingin menggunakan fitur edit instan melalui preset. Pada dasarnya, langkah yang perlu dilakukan pun sederhana saja, mengingat aplikasi edit video ini sudah sangat intuitif. Namun bagi Anda yang masih bingung, silakan simak penjelasan kali ini. 

Mengenal Preset dan Cara Import Preset Alight Motion 

Cara Import Preset Alight Motion
Cara Import Preset Alight Motion

Preset alight motion adalah sebuah template proyek video yang sudah jadi, dan biasanya dibagikan oleh kreator video profesional. Preset ini dapat memudahkan pengguna dalam mengedit video karena tidak harus mengatur sendiri berbagai opsi seperti efek, animasi, filter, audio dan elemen lainnya. Cukup dengan beberapa kali ketuk, pengguna sudah bisa mendapatkan hasil edit video seperti yang dibagikan oleh kreator.  

Bagi pengguna yang ingin menggunakan preset, tentu selain aplikasi Alight Motion-nya sendiri, pengguna juga perlu mendapatkan preset yang dimaksud. Dalam hal ini, pengguna bisa mencari preset yang dibagikan oleh kreator video, mengunduhnya, kemudian menerapkan preset tersebut ke proek video yang sedang dikerjakan.   

Perlu diketahui bahwa preset Alight Motion saat ini terdiri atas 2 format, yaitu preset link atau format QR dan preset XML. Kedua format ini biasanya dibagikan dengan cara tertentu oleh kreator, misalnya melalui link atau kode QR yang dipasang di media sosial, channel YouTube, website atau blog. Berikuit penjelasan cara menerapkan preset di aplikasi Alight Motion:  

Baca Juga:  MomentCam: Solusi Membuat Karikatur dengan Mudah

Preset Link Alight Motion 

Preset link adalah sebuah tautan yang mengarah ke file preset yang tersimpan di cloud storage seperti Google Drive atau MediaFire. Saat ini, semakin banak pula kreator yang membagikan link ke penyimpanan melalui kode QR. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengimport preset dari link atau kode QR: 

  1. Buka aplikasi Alight Motion dan pilih menu proyek 
  2. Buat proyek baru dengan cara ketuk ikon plus (+) di pojok kanan bawah  
  3. Beri nama proyek dan tentukan rasio aspek  
  4. Masuk ke halaman editor dengan cara ketuk tombol buat  
  5. Buka menu navigasi dengan ketuk ikon tiga garis (pojok kiri atas)  
  6. Pilih opsi import dan export  
  7. Kemudian pilih opsi import dari URL atau kode QR 
  8. Silakan masukkan link preset yang ingin digunakan atau laukan scan kode  
  9. Ketuk tombol import lalu tunggu proses import hingga selesai  
  10. Saat preset sudah muncul di timeline pengeditan Anda, artinya sudah siap digunakan 
  11. Anda masih bisa menyesuaikan penerapan preset sesuai keinginan dengan cara menambahkan atau menghapus elemen yang diterapkan 

Preset XML Alight Motion 

Preset XML adalah file berisi kode-kode yang mewakili isi atau pengaturan preset saat diterapkan di aplikasi Alight Motion. File ini bisa didownload dari website maupun YouTube. Sementara langkah import preset XML di Alight Motion, adalah sebagai berikut: 

  1. Silakan download file preset XML dan pastikan sumber unduhan tersebut benar-benar terpercaya 
  2. Selesai download, silakan klik pada file XML tersebut. Anda juga bisa mencarinya dari aplikasi manajer berkas kemudian masuk ke folder Download untuk menemukan file yang baru saja diunduh tadi  
  3. Pada saat klik file XML tersebut, silakan pilih aplikasi Alight Motion untuk menanganinya, atau klik Share kemudian pilih Alight Motion 
  4. Selanjutnya, ponsel akan mulai proses import preset ke aplikasi  
  5. Saat proses import selesai, maka preset akan terlihat pada menu proyek Anda 
  6. Silakan buka proyek yang ingin Anda edit  
  7. Ketuk ikon plus (+) di pojok kanan bawah untuk menambahkan preset  
  8. Anda juga bisa mengedit preset dengan cara menambahkan atau menghapus berbagai elemen  
Baca Juga:  Begini 3 Pilihan Cara Cek Resi Indah Cargo Termudah

Setelah selesai mengedit video dengan preset alight motion, pengguna bisa menyimpan hasilnya dalam format MP4 atau GIF. Pengguna juga bisa membagikan video tersebut ke media sosial seperti TikTok, Instagram, YouTube atau platform lainnya. Dengan menggunakan preset alight motion, pengguna bisa membuat video yang menarik, kreatif dan profesional dengan mudah dan cepat. 

Mudah Kan Cara Import Preset Alight Motion di Atas? 

Ya, bisa dikatakan bahwa cara import preset baik itu dari link atau yang sudah berupa file XML, sederhana saja. Dengan kemudahan ini, pengguna pun bisa mendapatkan hasil pengeditan instan dengan hasil yang sesuai milik kreator video yang menginspirasi. Selain itu, adanya preset ini juga bisa memudahkan pengguna dalam berkreasi dan bereksperimen dengan proyek mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *