Cara Komen di Live YouTube

Cara Komen di Live YouTube dan Tips Mengatasi Tidak Bisa Komentar  

Diposting pada

Cara komen di Live YouTube adalah salah satu cara untuk berkomunikasi secara langsung dengan streamer atau penonton lainnya. Melalui langkah-langkah yang akan kita bahas kali ini, baik streamer maupun penonton dapat menjalin relasi dengan interaksi yang lebih cepat. Tak hanya cara berkomentar saja, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips apabila tidak bisa berkomentar. 

Bagaimana Cara Komen di Live YouTube? 

Cara Komen di Live YouTube

Seperti yang kita tahu, makin banyak kreator YouTube yang melakukan live streaming saat ini. Alasannya jelas, yaitu untuk lebih meningkatkan interaksi dengan audiens hingga membangun loyalitas penonton. Hal ini karena relasi yang baik dengan penonton dapat meningkatkan reputasi kreator hingga membantunya agar dapat terus membuat konten yang sesuai dengan selera dan minat penonton setianya. 

Sementara Anda sebagai penonton, pun bisa mendapatkan manfaat dengan bertukar komentar di siaran langsung tersebut. Tak hanya agar bisa mendapatkan jawaban langsung dari streamer, Anda pun bisa melihat bagaimana tanggapan dari penonton lain yang mungkin juga membuat Anda penasaran. Lebih jauh, Anda pun juga bisa beradu komentar dengan sesama penonton di acara yang sama.  

Berikut adalah langkah-langkah untuk meninggalkan komentar di live streaming YouTube: 

  1. Tentu saja, pastikan Anda membuka aplikasi YouTube, baik di aplikasi seluler maupun desktop, atau juga di website YouTube  
  2. Silakan buka live YouTube yang Anda inginkan, atau cari siaran dari tab Live yang ada di beranda YouTube Anda  
  3. Ketuk video live tersebut untuk mulai menonton atau masuk ke siaran tersebut 
  4. Berikutnya silakan lihat bagian bawah video untuk menemukan kolom komentar 
  5. Silakan ketuk atau klik pada kolom tersebut untuk mulai menuliskan komentar Anda. Tak hanya tulisan, Anda juga bisa menggunakan emoji dan stiker untuk membuat komentar lebih sesuai. Ada pula fitur seperti Super Chat dan Super Stickers yang bisa Anda pergunakan saat tersedia 
  6. Apabila komentar dirasa sudah sesuai, silakan klik atau ketik Kirim 
Baca Juga:  Cara Share Lokasi Google Maps ke Teman dengan Mudah

Apabila Anda ingin melihat komentar lain, scrol atau gulir layar atau scroll wheel mouse ke atas atau ke bawah. Anda bisa klik ikon silang di kanan atas kotak komentar untuk menyembunyi komentar dan klik ikon chat di kanan bawah untuk menampilkan kembali. Komentar bisa Anda saring berdasarkan opsi Top Chat atau Live Chat melalui. 

Tips Tidak Bisa Komen di Live YouTube 

Ada kalanya Anda tidak bisa berkomentar di live YouTube. Nah, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang bisa coba diatasi melalui tips berikut: 

1. Akun Anda Belum Terverifikasi 

Agar lebih bertanggungjawab, YouTube perlu melakukan verifikasi terhadap akun yang ingin meninggalkan komentar. Inilah alasannya mengapa Anda perlu mengajukan verifikasi akun menggunakan nomor telepon yang aktif 

2. Akun Anda Diblokir 

Penyebab lain, akun Anda mungkin telah diblokir moderator atau streamer. Biasanya hal ini dipicu oleh komentar Anda sebelumnya yang mungkin melanggar pedoman komunitas YouTube sehingga mendapat hukuman. Anda pun perlu menunggu hingga masa hukuman berakhir atau memilih menggunakan akun lain 

Baca Juga:  Kode Bank Mandiri: Penjelasan dan Contoh Cara Penggunaannya 

3. Penggunaan Kata yang Tidak Pantas 

Perlu Anda ketahui bahwa YouTube menerapkan sistem filter yang dapat menghapus komentar dengan kata-kata yang dilarang atau sensitif. Anda yang pernah menggunakan kata kasar, spam atau SARA, secara otomatis tidak akan ditampilkan di YouTube. Coba ulangi komentar Anda menggunakan kalimat lain yang lebih bisa diterima oleh orang lain dan sistem 

4. Masalah Teknis 

Meskipun jarang terjadi, kendala teknis juga bisa terjadi hingga membuat komentar Anda tidak muncul. Coba muat ulang aplikasi atau halaman kemudian periksa apakah komentar Anda sebelumnya telah tampil atau belum. Bila komentar tadu tidak ada, coba tulis kembali. 

5. Koneksi Bermasalah 

sama dengan kendala di atas, Anda mungkin juga perlu menyalakan perangkat dan mencoba berkomentar kembali setelah memastikan koneksi Anda cukup kuat dan stabil. Biasanya masalah koneksi yang tidak stabil membuat komentar gagal diunggah atau dimuat.   

Akhir Kata 

Apabila cara komen di live YouTube dan beberapa opsi solusi sudah Anda coba dan masih belum berhasil, tak ada salahnya untuk menghubungi tim bantuan YouTube. Anda bisa mencoba kontak melalui email, telepon, atau media sosial agar masalah dapat segera teratasi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *