Tokopedia Server Error

Tokopedia Server Error: 3 Faktor Penyebab dan Solusinya 

Diposting pada

Tokopedia server error adalah kondisi saat sistem atau server Tokopedia mengalami gangguan sehingga aplikasi menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Pada kondisi seperti ini, pengguna pun tidak dapat menggunakan aplikasi maupun website Tokopedia seperti berbelanja, bayar tagihan atau sekedar mengirim pesan. Nah, Anda sebagai pengguna pun tidak perlu panik menghadapi situasi seperti ini. 

Server error sendiri bisa diartikan sebagai adanya suatu kesalahan pada sisi server yang kemudian membuat website tidak dapat ditampilkan dengan benar. Kondisi seperti ini bisa dikatakan cukup umum terjadi, bahkan pada platform e-commerce terbesar Indonesia sekelas Tokopedia. Pengguna pun bisa mencoba beberapa kiat untuk menyikapi kendala semacam ini. 

Faktor Penyebab Tokopedia Server Error 

Tokopedia Server Error

Meskipun termasuk sebagai salah satu website e-commerce terkemuka di Tanah Air, masalah server error tetap saja bisa terjadi pada Tokopedia. Pada dasarnya, server error adalah kondisi saat server tidak dapat memproses permintaan pengguna dikarenakan suatu gangguan. Sebelum membahas solusinya, ada beberapa faktor yang bisa memicu masalah server error dan perlu Anda ketahui: 

1. Masalah pada Perangkat Milik Pengguna 

Tak menutup kemungkinan, tampilan server error dikarenakan versi aplikasi yang diinstal pengguna tidak kompatibel dengan server. Selain itu, bisa pula perangkat yang terkendala pada keterbatasan spesifikasi untuk menjalankan fitur terbaru. Memori penuh juga bisa memicu kendala ini karena data dari server tidak dapat diunduh dengan benar oleh perangkat. 

Baca Juga:  Rekomendasi 8 Set Top Box Murah dan Tips Memilihnya 

2. Jaringan Internet Bermasalah 

Kedua, koneksi internet pengguna atau kualitas layanan dari penyedia layanan internet (ISP) sedang bermasalah sehingga perangkat tidak bisa terhubung dengan server Tokopedia. Beberapa hal yang perlu dicermati untuk masalah ini antara lain faktor cuaca, fungsi penerimaan sinyal perangkat, atau adanya gangguan sinyal. 

3. Gangguan pada Server Tokopedia  

Beberapa gangguan umum yang dialami server antara lain overload, maintenance hingga serangan hacker. Berikut penjelasannya: 

Traffic Overload  

Saat terlalu banyak pengguna yang mengakses Tokopedia secara bersamaan, maka server bisa menjadi kewalahan hingga tidak sanggup menangani permintaan dengan segera. Biasanya kondisi ini terjadi saat momen tertentu, seperti pada hari-hari besar, promo, atau flash sale dan musim belanja lainnya. 

Maintenance 

Ada kalanya perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) server menjalani proses pemeliharaan dan perbaikan. Pada situasi tertentu, maintenance pada sistem maupun infrastruktur ini memaksa server tidak dapat melayani permintaan. jika demikian, pihak Tokopedia akan memberikan informasi secara resmi kepada pengguna. 

Bug atau Error 

Kesalahan pada kode program atau kendala pada konfigurasi dapat membuat server jadi tidak dapat berfungsi. Nah, masalah ini bisa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, mulai dari virus, malware, serangan hacker hingga human error. 

Solusi Server Error Tokopedia 

Sesuai penjelasan dari faktor penyebab di atas, maka Anda sebagai pengguna bisa mencoba melakukan beberapa kiat berikut ini: 

  • Pastikan perangkat yang digunakan memenuhi syarat minimal untuk menggunakan aplikasi Tokopedia terbaru dan dapat menjalankan aplikasi dengan lancar 
  • Pastikan aplikasi Tokopedia yang terinstal di ponsel sudah diperbarui ke versi terbaru dengan melakukan cek ke platform distribusi aplikasi resmi, Google PlayStore dan Apple AppStore  
  • Bersihkan memori perangkat antara lain dengan cara menghapus file yang tidak diperlukan, memindahkan file besar ke MicroSD atau cloud storage 
  • Jika mengakses Tokopedia versi web, silakan bersihkan cache dan cookies browser terlebih dahulu 
  • pastikan aplikasi browser yang digunakan juga sudah versi baru atau gunakan aplikasi browser populer  
  • Cek koneksi internet, ketersediaan paket atau kuota internet, pastikan sinyal dari provider kuat dan stabil, jika menggunakan WiFi pastikan tidak ada masalah dengan modem atau router 
  • Beri jeda atau tunggu beberapa saat sebelum melakukan refresh website Tokopedia karena tak jarang tampilan server error bersifat sementara  
  • Apabila masih error dan ada keperluan mendesak, silakan hubungi layanan pelanggan Tokopedia untuk bantuan lebih lanjut. Anda bisa mencoba menghubungi customer service Tokopedia via email, telepon, maupun media sosial untuk melaporkan masalah dan mendapatkan bantuan teknis 
Baca Juga:  Touch VPN Extension, Opsi Lain untuk Browsing yang Lebih Aman dan Nyaman 

Tak Perlu Panik Saat Terjadi Tokopedia Server Error 

Memang, kendala server error pada Tokopedia dapat mengganggu aktivitas pengguna e-commerce tersebut. Apalagi yang berhubungan dengan keuangan, dimana saat sudah melakukan pembayaran namun justru muncul server error. Setelah mengetahui apa saja penyebab dan hal yang bisa dilakukan, Anda pun tak perlu panik dan lebih tenang dalam mencoba mengatasinya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *