On Delivery di Shopee

Tahapan On Delivery di Shopee dan Cara Cek Status Pengiriman 

Diposting pada

On Delivery di ShopeeOn Delivery di Shopee adalah status pengiriman yang ada pada layanan ekspedisi Shopee Express dan Shopee 24 jam. Seperti halnya layanan sejenis lainnya, ekspedisi Shopee juga menerapkan beberapa tahapan dalam status pengirimannya. Pengguna yang menggunakan layanan pengiriman e-commerce terpopuler di Tanah Air ini pun perlu mengetahui tahapan yang ada dan bagaimana cara melacaknya.   

Mengenal Tahapan Pengiriman On Delivery di Shopee 

 

Status on Delivery yang ada di Shopee adalah poin-poin yang memungkinkan pembeli untuk melacak pesanan mereka dari saat penjual mengirimkan barang hingga sampai di alamat tujuan. Status yang menandakan paket sedang dalam pengiriman ini dapat dilihat di halaman detail pesanan, yang dapat diakses melalui aplikasi Shopee atau situs web Shopee.  

Fitur ini berguna untuk memberikan informasi yang akurat dan terkini tentang lokasi dan perkiraan waktu pengiriman barang. Karena dalam proses pengiriman pihak ekspedisi membaginya ke dalam beberapa proses, maka status ini pun terdiri atas tahapan tertentu. Nah, pengguna pun perlu memahami pengertian dari masing-masing tahapan antara lain: 

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan ShopeePay yang Pernah Dinonaktifkan

1. Menunggu Penjual Mengirim 

Status ini menunjukkan bahwa pembeli telah membayar pesanan dan menunggu penjual untuk mengemas dan mengirim barang ke kurir. 

2. Dikirim oleh Penjual 

Status ini menunjukkan bahwa penjual telah mengirim barang ke kurir dan memasukkan nomor resi pengiriman. Pembeli dapat melihat nomor resi dan nama kurir di halaman detail pesanan. 

3. Dalam Perjalanan 

Status ini menunjukkan bahwa barang sedang dalam proses pengiriman oleh kurir. Pembeli dapat melacak lokasi barang secara real-time dengan mengklik tombol Lacak Pesanan di halaman detail pesanan. 

4. Sampai di Gudang Shopee 

Status ini menunjukkan bahwa barang telah sampai di gudang Shopee, yang merupakan titik transit sebelum dikirim ke alamat tujuan. Status ini hanya berlaku untuk pesanan yang menggunakan layanan Shopee Express atau Shopee 24 Jam. 

5. Dalam Pengantaran 

Status ini menunjukkan bahwa barang telah keluar dari gudang Shopee dan sedang dalam proses pengantaran ke alamat tujuan. Status ini hanya berlaku untuk pesanan yang menggunakan layanan Shopee Express atau Shopee 24 Jam. 

6. Pesanan Diterima 

Status ini menunjukkan bahwa pembeli telah menerima barang dengan baik dan sesuai dengan deskripsi. Pembeli dapat memberikan ulasan dan rating kepada penjual di halaman detail pesanan. 

Cara Melacak Status Pengiriman On Delivery Shopee 

Jika Anda ingin melacak pesanan Anda di Shopee Express dan Shopee 24 jam, maka ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti sebagai berikut: 

  1. Buka aplikasi Shopee di ponsel Anda atau kunjungi situs web Shopee 
  2. Pastikan Anda sudah login ke akun Shopee Anda (masukkan nama pengguna dan kata sandi) 
  3. Pilih menu Pesanan Saya (di bawah layar aplikasi atau di kanan atas website) 
  4. Cari pesanan yang ingin Anda lacak dan klik pada nomor pesanan tersebut 
  5. Pada halaman detail pesanan, klik pada ikon truk atau tulisan Lacak Pesanan (di bawah status pesanan) 
  6. Anda akan melihat informasi pengiriman pesanan Anda, termasuk nomor resi, nama kurir, dan status terkini pesanan Anda 
  7. Apabila Anda menggunakan Shopee Express, Anda juga bisa melihat lokasi terkini paket Anda di peta dengan mengklik pada ikon lokasi (di kanan status pesanan). Jika Anda menggunakan Shopee 24 jam, Anda bisa menghubungi kurir yang bertanggung jawab atas pengiriman pesanan Anda dengan mengklik pada ikon telepon (di kanan status pesanan) 
Baca Juga:  7 Cara Mengatasi DANA Error Tidak Bisa di Buka atau Bertransaksi

Akhir Kata 

Bagaimana, apakah Anda masih bingung tentang status paket On Delivery di Shopee? Pastinya setelah membaca penjelasan di atas, Anda sudah lebih tenang bukan? Apabila Anda merasa ada masalah atau kendala dalam pengiriman tersebut, jangan ragu untuk menghubungi layanan bantuan Shopee. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *