Jatuh Tempo Shopee PayLater

Cara Cek Jatuh Tempo Shopee PayLater dan Tips untuk Anda  

Diposting pada

Jatuh tempo Shopee PayLater adalah tanggal akhir pembayaran tagihan setiap bulannya yang harus segera dilunasi oleh pengguna layanan tersebut. Banyak pengguna yang memanfaatkan Shopee PayLater untuk mengejar promo atau diskon belanja di Shopee, namun terkendala dana yang belum cukup. Mengetahui jatuh tempo dapat menghindarkan pengguna dari denda dari layanan tersebut.   

Jatuh Tempo Shopee PayLater: Cara Cek, Cara Bayar dan Denda 

Jatuh Tempo Shopee PayLater

Perlu Anda ketahui bahwa tanggal jatuh tempo di Shopee Paylater ditentukan berdasar tanggal transaksi serta periode cicilan yang Anda pilih pada saat belanja. Sebagai contoh, apabila Anda melakukan transaksi di tanggal 14 Juli 2023 dengan opsi cicilan 3 bulan, maka jatuh tempo Paylater ada pada tanggal 14 Oktober 2023. Jadi, tanggal tagihan Anda mulai terhitung 30 hari sejak transaksi pertama menggunakan Shopee PayLater. 

Cara Cek Jatuh Tempo PayLater Shopee 

Apabila Anda merasa kurang yakin, bisa memastikan tanggal jatuh tempo dengan membuka aplikasi Shopee di ponsel Anda. Di aplikasi, Anda bisa mengetahui detail terkait jumlah tagihan, tanggal jatuh tempo serta riwayat transaksi pada halaman Shopee PayLater. Berikut langkah-langkahnya: 

  1. Buka aplikasi Shopee lalu pastikan Anda sudah login akun  
  2. Ketuk ikon Shopee Paylater pada halaman utama, bisa juga di menu Saya 
  3. Pada halaman Shopee Paylater, Anda bisa melihat berapa jumlah tagihan beserta tanggal jatuh tempo pada bagian atas layar aplikasi 
  4. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui rincian tagihan dengan cara ketuk Lihat Tagihan (bagian bawah jumlah tagihan) 
  5. Pada halaman Tagihan, Anda bisa mengetahui daftar transaksi yang ada di dalam tagihan Anda, lengkap dengan status pembayaran berikut tanggal jatuh tempo dari setiap transaksi yang ada 
Baca Juga:  Cara Menghasilkan Uang dari Safelink, Tips dan Hal yang Perlu Anda Perhatikan 

Cara Bayar Tagihan PayLater Shopee 

Setelah mengetahui tanggal jatuh tempo, Anda bisa memastikan bahwa wakun Anda tidak mengalami keterlambatan pembayaran. Dengan demikian, Anda bisa segera membayar tagihan Anda menggunakan saldo ShopeePay, opsi transfer bank maupun dengan memilih opsi metode pembayaran lain yang ada. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan: 

  1. Silakan buka halaman Tagihan (seperti yang sudah dijelaskan di atas)  
  2. Ketuk pada Bayar Sekarang (di bawah layar aplikasi)  
  3. Silakan memilih metode pembayaran sesuai keinginan Anda  
  4. Selanjutnya, silakan ikuti instruksi pembayaran yang ditampilkan pada layar aplikasi 
  5. Pastikan Anda mendapatkan konfirmasi pembayaran sebelum menutup aplikasi 

Tentang Denda Keterlambatan PayLater Shopee 

Apabila Anda membayar tagihan setelah tanggal jatuh tempo, atau pembayaran Anda tak terkonfirmasi hingga jatuh tempo, Anda bisa dikenakan denda keterlambatan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait denda keterlambatan:  

  • Besaran denda keterlambatan ini sebesar 1% per hari dari nilai tagihan Anda dan terus bertambah hingga maksimal 30%.  
  • Perlu Anda ketahui pula bahwa denda keterlambatan ini terus berlaku hingga Anda melunasi sisa tagihan. 
  • Apabila Anda tidak membayar tagihan beserta denda keterlambatan, maka akun Shopee PayLater Anda dibekukan sehingga Anda tak bisa lagi menggunakan layanan ini. 
  • Ada pula kemungkinan skor kredit bank Anda juga ikut terpengaruh karena hal ini 

Tips Menghindari Denda PayLater Shopee 

Berikut ini ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk menghindari risiko denda dan pemblokiran akun di atas: 

Baca Juga:  Begini Cara Cek BI Checking untuk Perkirakan Pinjaman Anda 

1. Jangan Tunggu Mepet 

Segera bayar tagihan dan hindari bayar tagihan mendekati tanggal jatuh tempo untuk mengantisipasi adanya kejadian tak terduga, seperti sistem error atau gangguan lainnya. Usahakan bayar setidaknya pada H-3 atau H-4 tanggal jatuh tempo dan pastikan pembayaran terkonfirmasi. 

2. Metode Pembayaran Ideal 

Selain bayar sebelum tanggal, pastikan pula Anda memilih metode bayar yang menurut Anda paling mudah, andal dan cepat. Shopee sendiri melayani opsi pembayaran beragam mulai dari transfer bank, e-wallet, kartu kredit hingga bayar di gerai minimarket. Sekali lagi, jangan sampai lupa mengonfirmasi pembayaran tersebut. 

3. Pertimbangkan Opsi Bayar Otomatis  

Menariknya, Shopee juga menyediakan fitur pembayaran otomatis yang bisa membuat Anda lebih tenang dalam mengelola keuangan. Fitur ini akan akan memotong saldo ShopeePay Anda secara otomatis tiap bulannya sesuai dengan jumlah cicilan PayLater yang Anda miliki. 

4. Manfaatkan Layanan Bantuan 

Apabila Anda mengalami masalah, misalnya pembayaran yang tak kunjung terkonfirmasi atau lainnya, segera hubungi layanan pelanggan Shopee. Harapannya, tim bantuan bisa memberikan solusi praktis untuk masalah seperti tidak bisa bayar cicilan PayLater, tidak bisa mengubah metode pembayaran atau kesalahan tagihan, misalnya. 

5. Bijak Mengelola Belanja 

Penting bagi Anda untuk tetap bijak dalam mengelola keuangan. Hindari belanja terlalu banyak hanya karena mengejar harga murah, diskon, promo, atau malah hanya karena ada PayLater. Meskipun Anda mampu, akan lebih bermanfaat apabila belanja Anda didasarkan pada kebutuhan sesuai anggaran bulanan yang telah Anda susun.  

Sudah Paham tentang Jatuh Tempo Shopee PayLater? 

Pada dasarnya, jatuh tempo di layanan Shopp PayLater tak jauh beda dengan layanan sejenis lainnya. Hanya saja, karena layanan yang satu ini lebih praktis menjadi satu dengan platform belanja, akan lebih baik apabila Anda memberikan perhatian khusus.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *