Cara Menghemat Kuota YouTube

Ini Dia 5 Tips dan Cara Menghemat Kuota YouTube 

Diposting pada

Cara menghemat kuota YouTube adalah kiat-kiat yang bisa pengguna lakukan untuk menekan penggunaan kuota internet untuk menonton video. saat Anda membuka penggunaan data di perangkat, besar kemungkinan akses paling besar yang menggunakan kuota data internet adalah YouTube. lantas, apa yang bisa Anda lakukan untuk menekan penggunaan kuota ini? 

Bagaimana Cara Menghemat Kuota YouTube? 

Cara Menghemat Kuota YouTube

Sebagai salah satu platform video terbesar dan terpopuler di dunia, YouTube sudah menyadari akan kebutuhan pengguna untuk berhemat penggunaan kuota. Terbukti melalui sejumlah opsi pengaturan di aplikasinya yang menyediakan opsi hemat data. Namun demikian apabila Anda tak memanfaatkan fitur bawaan ini, bisa saja penggunaan kuota Anda jadi kurang optimal.  

Menghemat kuota YouTube bisa jadi sangat penting bagi pengguna yang memiliki keterbatasan jumlah kuota. Namun tak hanya itu, dengan memaksimalkan penggunaan kuota, artinya pengguna juga bisa menonton lebih banyak video lagi. Di lain sisi, hemat kuota juga bisa berdampak positif bagi mereka yang mulai kecanduan YouTube. 

Lantas bagaimana cara menekan penggunaan kuota internet untuk akses YouTube? Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Utamanya dengan mengoptimalkan fitur bawaan yang telah disediakan oleh Google melalui YoTube berikut ini: 

1. Ubah Kualitas Video 

Meskipun perangkat Anda mendukung, namun tak berarti Anda harus selalu menonton degan resolusi tertinggi bukan? Nah, untuk menghemat kuota, Anda bisa menyesuaikan kualiltas video selama tampilannya masih bisa diterima oleh mata Anda.  

  1. Buka aplikasi YouTube  
  2. Ketuk pada ikon Pengaturan (roda gigi di kanan bawah layar)  
  3. Silakan pilih salah satu dari daftar opsi resolusi yang tersedia, mulai dari 144p hingga 4K 
  4. Anda bisa mencoba mulai yang terendah terlebih dahulu,kemudian bila dirasa kurang, bisa meningkatkan resolusi ke opsi di atasnya lagi hingga sesuai dengan preferensi menonton Anda 
  5. Semakin kecil opsi resolusi yang Anda pilih, makin hemat pula kuota yang YouTube pergunakan 
Baca Juga:  Cara Spotlight Lebih Dari 1 Pembicara di Zoom PC dan HP

2. Mode Hemat Data 

Sesuai dengan kecepatan dan stabilitas internet di perangkat, YouTube akan secara otomatis menyesuaikan kualitas video untuk Anda tonton. Fitur ini bisa Anda aktifkan pada Mode hemat Data yang bisa Anda akses degan langkah berikut: 

  1. Buka aplikasi YouTube  
  2. Ketuk profil Anda (di kanan atas layar)  
  3. Pada menu yang muncul, silakan ketuk Pengaturan  
  4. Dari daftar kategori di pengaturan, pilih opsi Umum  
  5. Aktifkan Mode Hemat Data dengan menggeser sakelar ke posisi aktif (jadi warna biru) 

3. Coba Tonton Offline 

Ya, tidak semua video di YouTube bisa Anda unduh kemudian menontonnya lagi tanpa harus terhubung ke internet selama beberapa waktu. Namun apabila Anda pengguna YouTube Premium atau video memang bisa Anda unduh, tak ada salahnya untuk mencoba bukan? 

  1. Buka aplikasi YouTube  
  2. Silakan temukan video yang ingin Anda tonton offline  
  3. Bila mendukung, ketuk ikon Unduh (di bawah video atau pada detail video) 
  4. Berikutnya, silakan pilih opsi kualitas video kemudian ketuk Unduh untuk memulai proses download 
  5. Setelah selesai, Anda bisa menonton kembali video tersebut dari perpustakaan offline Anda di aplikasi YouTube 
Baca Juga:  Download Video Twitter dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi 

4. Aplikasi YouTube Go 

Aplikasi YouTube Go bisa dikatakan sebagai versi ringan dari aplikasi YouTube dan ditujukan khusus bagi pengguna yang memiliki keterbatasan internet, baik kuota maupun kualitas koneksi. secara bawaan, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menonton video YouTube di kualitas rendah, mengunduh video atau audio offline bahkan berbagi video tanpa kuota, yaitu menggunakan Bluetooth.  

5. Sadari Kecanduan YouTube 

Beberapa pengguna juga perlu menyadari apakah dirinya termasuk sudah kecanduan YouTube ataukah belum. Nah, apabila Anda merasa sudah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menonton dan sulit menghentikan kebiasaan tersebut menandakan mulai kecanduan. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi kecanduan YouTube Anda yang berarti juga lebih menghemat kuota internet Anda, misalnya: 

  • Menyadari bahwa kecanduan YouTube adalah masalah bagi Anda dan miliki kesediaan untuk mengubah perilaku salah tersebut 
  • Mengatur batasan waktu menonton YouTube, serta yang terpenting, patuhi batasan tersebut 
  • Temukan aktivitas lain sebagai alternatif, tentunya yang lebih bermanfaat dan menyenangkan dibanding menonton YouTube 
  • Dapatkan dukungan dari orang-orang dekat yang ingin membantu Anda mengatasi kecanduan YouTube 
  • Kuatkan niat, bersabar dan fleksibel pada diri sendiri, sepenuhnya sadar bahwa mengehentikan kecanduan mungkin bukan hal yang mudah dan instan 

Akhir Kata 

Bagaimana, sudah cukup jelas tentang bagaimana kiat dan cara menghemat kuota YouTube di atas? Kini Anda bisa menonton secara hemat kuota dengan tontonan yang benar-benar berguna dan lebih banyak. Di lain sisi, Anda juga tak boleh melupakan bahwa YouTube dengan segala kontennya bisa membuat kecanduan yang berarti juga boros kuota untuk tontonan yang mungkin tidak perlu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *