Instagram Error Hari Ini

Penyebab dan Cara Atasi Instagram Error Hari Ini 

Diposting pada

Informasi tentang Instagram error hari ini menjadi salah satu yang banyak dicari pengguna saat mendadak tidak bisa mengakses media sosial tersebut. Error Instagram ini bisa dikarenakan oleh berbagai faktor, mulai dari koneksi hingga aplikasi atau perangkat pengguna yang bermasalah. Bagi beberapa pengguna, utamanya yang mengandalkan IG sebagai penghasilan, kondisi semacam ini bisa sangat mengganggu.   

Apa yang Harus Pengguna Lakukan Saat Instagram Error Hari Ini? 

Instagram Error Hari Ini

Seperti yang kita tahu, Instagram sudah menjadi platform salah satu media sosial paling populer di Indonesia. Meski demikian, ada saja pengguna yang mengalami masalah mulai dari tak dapat mengakses akun, tidak bisa mengunggah foto atau video, atau tidak bisa melihat konten dari orang lain. Untuk mengatasi masalah ini, akan lebih mudah apabila pengguna mencoba untuk memastikan terlebih dahulu apa yang jadi penyebabnya. 

Berikut ini beberapa penyebab Instagram error dan kiat yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut: 

1. Cek Koneksi Internet 

Sebagai penyebab paling umum, koneksi internet harusnya jadi faktor pertama yang pengguna pastikan. Pengguna perlu memastikan bahwa perangkatnya terhubung ke jaringan seluler atau jaringan Wi-Fi  yang stabil dan cukup cepat. Apabila kualitas koneksi internet bermasalah, tentu pengguna tidak dapat mengakses layanan online, termasuk Instagram. 

Baca Juga:  100+ Nama Efek IG Yang Ada Lagunya, Wajib Coba

Mengatasinya, Anda bisa mencoba browsing untuk memastikan bahwa perangkat terhubung ke jaringan internet yang normal. Bila tidak dapat membuka website, silakan coba nyalakan dan matikan mode pesawat atau restart router Wi-Fi. Pertimbangkan beralih ke jaringan seluler jika sambungan Wi-Fi tidak bekerja.   

2. Cek di DownDetector   

DownDetector adalah website yang menyediakan informasi status dan gangguan pada berbagai layanan online, salah satunya Instagram. Pengguna bisa memanfaatkan layanan gratis ini dengan mengunjungi situs DownDetector untuk mengetahui apakah terdapat laporan masalah dari pengguna Instagram lain di wilayah Anda atau di lokasi lain.   

  1. Silakan kunjungi websiite Downdetector dari link di atas atau dari browser 
  2. Masukkan nama layanan yang ingin Anda cek, dalam hal ini Instagram, di kolom yang tersedia   
  3. Apabila memang Instagram mengalami gangguan, silakan tunggu atau pastikan lagi dengan langkah berikut 

3. Cek Media Sosial   

Selain di Downdetector, pengguna juga bisa mencoba mengakses media sosial lain untuk memastikan terjadinya gangguan pada Instagram. Apabila perangkat memiliki internet yang bekerja, pengguna bisa langsung membuka browser atau aplikasi media sosial lain di ponselnya. Misalnya, Anda bisa membuka Twitter atau Facebook kemudian memasukkan hashtag seperti #instagramdown atau yang sejenis untuk mencari informasi terkait gangguan Instagram.  

4. Bersihkan Aplikasi Instagram  

Dari penjelasan di atas, apabila Instagram memang mengalami gangguan, pengguna memang sebaiknya menunggu. Namun apabila tidak ada laporan error untuk Instagram, besar kemungkinan masalah ada pada perangkat atau aplikasi milik pengguna. Dalam hal ini pengguna perlu memastikan bahwa perangkat memiliki spesifikasi yang cukup, utamanya penyimpanan. 

Baca Juga:  Explore Instagram, Fitur Wajib Coba untuk Pengguna Baru 

Pengguna bisa mencoba membersihkan cache dan data aplikasi di aplikasi Instagram yang terinstal di perangkat sebagai langkah pertama mengatasi masalah. Cache dan data yang terlalu banyak menumpuk bisa saja memicu masalah pada perangkat yang memiliki keterbatasan spesifikasi. Selain itu, kedua data ini juga bisa memicu error pada versi aplikasi yang baru saja diperbarui. 

  1. Pengguna perlu memastikan bahwa versi aplikasi seluler Instagram yang terpasang di perangkat merupakan versi terbaru dan diinstal dari sumber resmi (PlayStore atau AppStore). 
  2. Pengguna bisa tekan tahan ikon Instagram kemudian ketuk Info (i) untuk masuk ke detail setelan aplikasi.  
  3. Berikutnya, pengguna bisa memilih untuk hapus cache terlebih dahulu kemudian membuka kembali Instagram.   
  4. Apabila hapus Cache belum mengatasi masalah, pengguna bisa mengulang langkah di atas kemudian memilih opsi Hapus data yang mengharuskan pengguna untuk login kembali ke aplikasi IG. 

 Sebagai opsi lanjutan, pengguna mungkin juga bisa mempertimbangkan untuk menghapus dan menginstal ulang aplikasi Instagramnya. Hal ini karena bisa saja versi lama dari aplikasi Instagram memiliki file dan pengaturan yang rusak atau tidak kompatibel dengan sistem operasi perangkat Anda.   

Jangan Panik Saat Instagram Error Hari Ini 

Setelah memahami apa saja penyebabnya, kini pengguna bisa lebih tenang saat mengalami kondisi Instagram yang bermasalah. Pengguna bisa memastikan apakah Instagram error karena adanya masalah teknis dari sisi Instagram atau adanya masalah lain yang dapat pengguna atasi secara mandiri. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *