Tidak Bisa Live Streaming YouTube

Ini Dia 3 Penyebab dan Solusi Tidak Bisa Live Streaming YouTube 

Diposting pada

Tidak bisa live streaming YouTube adalah kondisi yang membuat kreator tidak bisa melakukan siaran langsung di YouTube. Tentunya, kondisi seperti ini bisa sangat menjengkelkan karena kegiatan yang harusnya tepat sesuai jadwal jadi tidak terlaksana. Beberapa hal yang dapat menyebabkan tidak bisa siaran langsung YouTube antara lain masalah koneksi internet, perangkat, atau akun YouTube Anda dan bisa coba diatasi dengan beberapa tips berikut. 

Mengapa Tidak Bisa Live Streaming YouTube dan Bagaimana Mengatasinya? 

Tidak Bisa Live Streaming YouTube

Live streaming YouTube adalah fitur di platform YouTube yang dapat menghubungkan kreator dengan audiens secara langsung. Fitur ini memungkinkan terjadinya interaksi yang lebih dekat antara streamer dengan penonton. Selain itu, siaran langsung juga memberikan dampak yang positif bagi kedua belah pihak. 

Nah, beberapa penyebab umum dan cara mengatasi tidak dapat melakukan live streaming di YouTube:  

1. Masalah Koneksi Internet  

Pemicu yang paling umum dari kondisi ini adalah koneksi internet yang dipakai streamer dalam kondisi lemah atau tidak stabil. Koneksi internet yang buruk dapat mengganggu proses live streaming YouTube sehingga membuat gambar atau suara menjadi buruk, terus buffering bahkan putus sama sekali. Kondisi semacam ini tentunya tak hanya berpengaruh pada siaran langsung YouTube saja, tetapi juga pada aplikasi lain.  

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Sertifikat ARMY BTS Resmi Terbaru 2023

Untuk mengatasi masalah koneksi ini, pastikan Anda terhubung dengan koneksi internet yang cepat dan stabil, baik itu di jaringan Wi-Fi maupun jaringan seluler 4G dan 5G. Anda bisa mencoba menyalakan ulang perangkat untuk memastikan tidak ada kendala pada perangkat. Bila masih belum membantu, coba turunkan kualitas video live streaming Anda untuk mengurangi beban bandwidth. 

2. Masalah Perangkat 

Penyebab kedua yang juga sering terjadi adalah masalah perangkat yang tidak support atau tidak kompatibel. Perlu Anda ketahui bahwa tak semua perangkat dapat dipakai live streaming YouTube secara optimal. Hal ini utamanya pada perangkat lawas atau yang memiliki keterbastasan spesifikasi dan dapat Anda pastikan dengan memverifikasi spesifikasi minimal live streaming di situs resmi YouTube. 

Pastikan perangkat yang Anda pergunakan live streaming tidak memiliki kendala pada hardware sehingga aplikasi dapat berjalan sesuai fungsinya. Namun apabila perangkat Anda memang tidak mendukung, pertimbangkan untuk mengganti ke perangkat baru yang kompatibel. Pilih perangkat lain atau baru yang memiliki spesifikasi yang mencukupi dari yang dijelaskan pada halaman resmi YouTube untuk memastikan Anda dapat melakukan live streaming dengan lancar. 

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan YouTube Kembali Setelah Disembunyikan 

3. Masalah Akun 

Tak menutup kemungkinan lain, kendala terletak pada akun YouTube yang Anda gunakan untuk siaran langsung. Biasanya, masalah ini dipicu karena akun YouTube yang masih belum diverifikasi atau bermasalah. Pada dasarnya verifikasi untuk memastikan bahwa streamer akan melakukan aktifitasnya secara bertanggung jawab. 

Mengatasi penyeybab kendala ini, Anda bisa memastikan bahwa akun YouTube telah diverifikasi dengan nomor telepon. Selain itu, pastikan pula bahwa Anda tidak melakukan pelanggaran kebijakan atau hak cipta di platform YouTube. Silakan Anda lihat status akun YouTube Anda pada halaman studio YouTube dan segera temukan solusi apabila status di akun Anda dinonaktifkan. 

Akhir Kata 

Sudah lebih memahami apa saja penyebab dan cara mengatasi tidak bisa live streaming YouTube di atas? Meskipun situasi in terkesan menyebalkan, namun ada baiknya Anda tetap tenang dalam menganalisa penyebab dan melakukan opsi solusinya. Dengan demikian Anda bisa segera keluar dari masalah ini dengan lebih efisien. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *