GCAM BSG APK

GCAM BSG APK: Stabil dan Handal, Layak Anda Coba  

Diposting pada

GCAM BSG APK adalah aplikasi hasil port aplikasi kamera bawaan pada perangkat Google Pixel agar dapat diterapkan pada perangkat android lainnya. Dengan kata lain, ponsel android selain buatan Google, juga bisa menggunakan software buatan Google tersebut. Salah satu fitur GCAM yang banyak menarik minat pengguna adalah kemampuan HDR+ yang ditingkatkan.  

Persyaratan dan Cara Instal GCAM BSG APK  

Sebelum membahas tentang apa itu GCAM BSG, mungkin perlu sedikit kita bahas tentang apa itu GCAM terlebih dahulu. GCAM merupakan singkatan dari Google Camera, yang sejatinya merupakan aplikasi kamera bawaan perangkat Google Pixel. Aplikasi ini pernah dibawakan pada perangkat non-pixel, dan terbukti mampu memberikan hasil jepretan yang optimal dari sensor kamera perangkat. 

GCAM BSG APK

Hasil gambar yang terkenal memiliki rentang dinamis lebih luas, ketajaman yang sangat baik serta dukungan peningkatan mode malam, membuat banyak orang tertarik untuk mencoba aplikasi ini. Beruntung, pihak Google merilis kode sumber dari aplikasi tersebut sehingga memungkinkan para developer untuk melakukan port terhadap aplikasi istimewa tersebut. Hasilnya, saat ini pengguna non-Pixel pun bisa memilih dari sekian banyak versi portingan aplikasi GCAM. 

Salah satu versi aplikasi GCAM yang paling terkenal di kalangan pengguna adalah versi BSG yang terkenal stabil dan dapat diandalkan. BSG atau terkenal juga sebagai B-S-G, adalah salah seorang pelopor dalam pengembangan GCAM, terutama untuk perangkat Xiaomi. Versi yang ia kembangkan juga banyak menjadi dasar (base) bagi modder lain untuk membuat versi GCAM mereka sendiri.  

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Panel Layar IPS Pada Smartphone Laptop

Untuk saat ini, versi terbaru yang tersedia untuk versi BSG adalah versi 8.9 (MGC_8.9.097_A11_V3) untuk perangkat setidaknya android 11. Sementara untuk versi yang lebih stabil adalah BSG 8.7 (MGC_8.7.250_A11_V15 yang juga sudah tersedia file configs-nya. Apabila Anda menggunakan perangkat yang lebih lawas (android 9) bisa mempertimbangkan BSG 8.1 (MGC_8.1.101_A9_GV2b) 

Syarat dan Cara Instal Aplikasi GCAM BSG 

Sebelum Anda menginstal, perlu Anda pahami bahwa aplikasi port semacam ini bersifat tidak resmi. Pengembangan aplikasi ini mendapatkan dana dari donasi atau bahkan secara sukarela tanpa bayaran. Maka dari itu, adalah wajar apabila sering terdapat kendala seperti aplikasi yang mengalami crash, tidak dapat menyimpan foto dan video, viewfinder yang blank dan sebagainya.  

Syarat Instal GCAM 

Untuk menginstal aplikasi GCam, ada beberapa syarat dan cara yang harus terpenuhi antara lain: 

  • Perangkat android harus memiliki versi android yang sesuai dengan versi GCAM BSG yang diinginkan (mulai dari android 6 Marshmallow)  
  • Perangkat juga harus mendukung Camera2 API agar GCAM dapat mengoptimalkan kemampuan perangkat, baik dari segi sensor kamera hingga prosesor 
  • Perangkat harus memiliki cukup ruang penyimpanan untuk menampung aplikasi GCam, file config (jika perlu) dan untuk menampung file foto dan video hasil tangkapan GCam 

Cara Instal GCAM  

Untuk memasang aplikasi GCam, langkah yang perlu Ada lakukan tak jauh berbeda dari instalasi aplikasi dari sumber tak dikenal pada umumnya, yaitu sebagai berikut:  

  1. Unduh file APK GCam BSG beserta configs (jika perlu), Anda mungkin perlu mengunduh beberapa versi untuk melakukan uji coba dan membandingkan hasil, maka dari itu sebaiknya simpan halaman download GCAM BSG sebagai bookmark 
  2. Aktifkan opsi penginstalan dari Sumber tidak dikenal atau Unknown sources pada pengaturan keamanan perangkat android  
  3. Kembali ke aplikasi browser atau buka aplikasi file manager Anda untuk menemukan file instalasi GCam BSG yang telah Anda unduh sebelumnya 
  4. Setelah menemukan file APK tersebut, silakan ketuk file untuk melakukan instalasi seperti biasa 
  5. Apabila instalasi selesai, silakan buka aplikasinya dengan mengetuk ikon GCam 
  6. Sebelum menggunakan GCam, Anda perlu memberikan izin akses ke kamera, mikrofon, penyimpanan, dan lokasi. Silakan berikan izin sesuai preferensi Anda, misalnya hanya berikan akses saat aplikasinya digunakan 
  7. Apabila Anda memiliki pengetahuan tentang fotografi dan software Google, silakan lakukan beberapa penyesuaian sesuai selera Anda di pengaturan GCam. Opsi mudahnya, Anda juga bisa menerapkan kustomisasi dari fotografer lain dengan memuat file configs GCam tersebut 
  8. Selesai, silakan coba aplikasi GCam dan nikmati fitur unggulan seperti HDR+, Night Sight, Portrait Mode, dan lainnya 
Baca Juga:  SaveTik APK, Aplikasi Download Video TikTok Tanpa Watermark 

Akhir Kata 

Sudah siap mencoba GCAM BSG APK di ponsel android Anda? Sebagai pengingat saja, bahwa penggunaan aplikasi semacam ini bisa cukup menguji niat Anda. Namun hasil yang bisa Anda dapatkan dari instalasi GCAM BSG ini pastinya layak untuk mengoptimalkan jepretan dari sensor kamera ponsel Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *