Cara Nonton Siaran TV Digital

Ini 3 Opsi Cara Nonton Siaran TV Digital  

Diposting pada

Cara nonton siaran TV Digital adalah langkah untuk bisa menonton siaran digital baik menggunakan TV DVB-T2, aplikasi streaming maupun layanan TV kabel. Ya, ada berbagai cara yang bisa masyarakat pilih untuk dapat menikmati siaran digital di Tanah Air. Anda pun bisa memilih cara yang paling ideal sesuai preferensi, kondisi ataupun anggaran yang ada untuk kebutuhan hiburan.  

Apa Saja Pilihan Cara Nonton Siaran TV Digital? 

Ya, sebagai teknologi baru yang menggantikan siaran analog, siaran digital memang menawarkan lebih banyak cara untuk diakses. Hal ini tentunya memudahkan masyarakat dalam menyesuaikan cara menonton dengan preferensi atau kondisi mereka. Pemerintah bersama stasiun TV dan berbagai pabrikan elektronik pun berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menyediaka akses ke bebagai pilihan produk untuk segera beralih ke siaran digital ini. 

Nah, apabila Anda ingin mengetahui apa saja opsi untuk bisa menonton siaran digital ini, silakan simak penjelasannya berikut ini:  

1. Menonton dari TV yang Mendukung Standar DVB-T2 

Salah satu opsi yang paling populer saat ini adalah dengan menggunakan perangkat TV yang sudah mendukung standar DVB-T2. Perangkat TV ini memiliki kemampuan untuk menangkap siaran digital melalui antena UHF biasa. Dengan kata lain, opsi ini bisa jadi pilihan hemat karena Anda tidak perlu membeli set top box (STB) dan cukup memanfaatkan antena yang sudah ada.  

Cara Nonton Siaran TV Digital

Ada beberapa merek dan tipe televisi yang mempunyai fitur DVB-T2, antara lain: 

  • Coocaa 32D5T 
  • LG 32LB550B PTA 
  • TCL 32B3 
  • Samsung 32T4001 
  • Polytron PLD 32TV1855 
  • Changhong 32H1 
  • Toshiba 32L3965 dan 32L3965 
  • Sharp Aquos LED 2T-C32DC1i  
  • Panasonic 32H410G 

Silakan cek spesifikasi perangkat TV yang ada di rumah Anda, apakah ia sudah mendukung standar DVB-T2 atau belum. Perlu Anda ketahui pula bahwa tidak semua android TV atau smartTV memiliki fitur tuner digital yang dapat menangkap siaran TV digital. Beberapa jenis TV modern ini hanya memiliki fitur canggih yang dapat mengakses internet dan aplikasi streaming, tetapi tidak dapat menonton siaran TV lokal secara gratis.  

Baca Juga:  Cara Menghemat Kuota Internet, Akses Optimal sampai Habis

Hanya android TV yang mendukung fitur DVB-T2 atau ISDB-T yang dapat menampilkan siaran digital sesuai standar siaran TV digital di Indonesia. Lebih lanjut, Anda juga bisa memeriksa apakah perangkat TV Anda sudah berstandar DVB-T2 atau belum dengan langkah berikut:  

  1. Buka aplikasi browser di laptop atau ponsel 
  2. Kunjungi website siaran digital Kominfo  
  3. Klik menu perangkat TV digital (di atas tampilan)  
  4. Anda akan menemukan setidaknya 3 pilihan kategori, yaitu nama perangkat, merek, dan model/tipe 
  5. Pilih Televisi pada kategori perangkat dan masukkan merek dan model TV milik Anda di rumah  
  6. Nama model TV akan tersedia apabila memang termasuk dalam TV digital yang mendukung. Apabila Jika perangkat TV Anda tidak termasuk dalam daftar TV digital, maka Anda bisa membeli STB agar dapat menikmati siaran digital dari televisi tersebut. Atau Anda juga bisa membeli perangkat TV baru yang mendukung DVB-T2 
  7. Setelah itu, Anda juga perlu memastikan bahwa wilayah Anda sudah tersedia siaran digital. Anda bisa memeriksanya dengan mengakses menu Ketersediaan Siaran di website siaran digital Kominfo tersebut 
  8. Apabila siaran tersedia, Anda bisa melanjutkan ke pemasangan antena. Anda bisa menggunakan antena UHF biasa atau yang lebih baik. Pastikan pula posisi antena tersebut, baik indoor maupun outdoor, sudah optimal yaitu cukup tinggi dan mengarah ke lokasi pemancar terdekat 
  9. Periksa pula kabel antara antena dan TV atau STB tersambung dengan baik 
  10. Selanjutnya pilih menu Pengaturan/ Setting untuk melakukan pencarian sinyal (tuning). Biasanya terdapat pilihan DTV untuk siaran digital beserta ATV untuk siaran analog 
  11. Untuk memudahkan Anda, silakan lakukan auto scan untuk mencari program siaran TV digital secara otomatis yang juga akan menampilkan nama kanal (stasiun) TV yang tersedia 

2. Menonton Streaming Siaran Digital dari Aplikasi  

Alternatif lain untuk menonton siaran digital adalah dengan cara streaming dari aplikasi. Dengan kata lain, Anda membutuhkan koneksi internet agar aplikasi yang terpasang di perangkat seperti ponsel, tablet, laptop dan smartTV dapat terhubung ke penyedia siaran digital. Saat ini, hampir semua kanal siaran sudah menyediakan akses ke layanan streaming mereka sehingga memungkinkan menonton dari perangkat tersebut. 

Baca Juga:  Begini 2 Cara Hapus Google TV dari Ponsel dengan Mudah 

Opsi ini mungkin lebih ideal bagi pengguna yang mungkin tak memiliki banyak waktu santai di rumah namun tetap ingin menikmati siaran TV digital. Hal ini karena pengguna bisa menonton siaran TV digital kapan saja dan di mana saja selama perangkat terhubung ke internet. Namun, perlu diketahui pula bahwa opsi ini kualitas tayangan akan sangat bergantung pada kualitas internet. 

Beberapa contoh aplikasi streaming yang memungkinkan penggunanya menonton siaran TV digital antara lain Vidio, Mola TV, UseeTV GO dan lain sebagainya. Tak hanya siaran lokal saja, pengguna mungkin juga bisa mengakses siaran TV digital premium lainnya dengan opsi berlangganan atau pembelian dalam aplikasinya. Tentunya hal ini akan memudahkan pengguna untuk mendapatkan tontonan sesuai preferensi. 

3. Menonton Siaran Digital dari Layanan TV Kabel 

Bagi Anda yang mengutamakan kualitas, maka opsi ketiga ini bisa jadi pertimbangan terbaik. Hal ini karena layanan TV kabel identik dengan kualitas gambar dan suara terbaik dari koneksi kabel yang lebih stabil minim gangguan. Selain itu, jenis layanan ini juga dapat menawarkan pilihan saluran yang beragam dan masing-masing memiliki kualitas unggul.  

TV kabel merupakan layanan yang menyediakan siaran TV digital dengan koneksi kabel koaksial atau serat optik. Layanan ini bisa pengguna akses dengan cara berlangganan paket tertentu dan memasang perangkat khusus yang bisa saja cukup mahal dan merepotkan di awal. Saat ini, penyedia layanan TV kabel populer di Indonesia antara lain First Media, Indovision, Transvision, dan beberapa lainnya.  

Akhir Kata 

Manakah cara nonton siaran TV digital yang Anda rasa paling ideal? Untuk opsi terjangkau, Anda mungkin bisa mempertimbangkan opsi pertama untuk menonton secara gratis. Namun untuk preferensi lain, misalnya mengutamakan mobilitas atau kualitas terbaik, maka opsi kedua dan ketiga bisa Anda pertimbangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *