Set Top Box Untuk TV Tabung

Rekomendasi Set Top Box Untuk TV Tabung, Murah Berkualitas 

Diposting pada

Set Top Box untuk TV tabung adalah perangkat tambahan untuk memungkinkan TV analog menampilkan siaran digital melalui port RF. Ya, beberapa TV lawas tak memiliki port AV sehingga tidak mendukung koneksi melalui 3 kabel (merah, putih dan kuning) dari STB. Untuk memudahkan Anda memilih STB baru, berikut daftar STB yang memiliki port RF selain port AV.  

Set Top Box Untuk TV Tabung: Hal yang Perlu Anda Ketahui dan Rekomendasi Produk 

Set Top Box (STB) adalah perangkat tambahan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog sehingga dapat ditampilkan oleh televisi. Nah, salah satu cara untuk menghubungkan antara alat STB dengan televisi adalah melalui port Radio Frequency (RF). Sayangnya, tak semua produk STB saat ini mendukung port RF, karena beberapa produk hanya mendukung port HDMI, AV, atau USB yang lebih modern.  

Port RF ini umumnya hanya ada pada produk STB lawas atau murah, dimana port HDMI, AV, atau USB cenderung banyak ditemukan pada produk STB baru atau mahal. Perlu Anda ketahui pula bahwa port RF juga memiliki kualitas gambar dan suara yang cenderung lebih rendah dibanding opsi koneksi melalui port lainnya. Wajar, dan ini pulalah yang menjadi alasan mengapa semakin banyak pengguna beralih ke port generasi baru. 

Baca Juga:  TV Digital Tidak Ada Sinyal? Ini Penyebab dan Solusinya 

Jika Anda ingin menggunakan port RF pada STB dan TV Anda, maka Anda harus memeriksa spesifikasi produk STB sebelum membeli. Tujuannya agar Anda tak salah membeli STB. Jangan sampai setelah sampai di rumah, ternyata TV tidak dapat menampilklan siaran karena tidak dapat terhubung ke STB. 

Saat ini alat STB memang bisa Anda dapatkan dengan mudah, baik di toko elektronik sekitar rumah Anda maupun di toko-toko online. Namun perlu Anda ingat bahwa tidak semua STB terbaru, cocok untuk perangkat TV tabung Anda di rumah yang hanya memiliki dukungan port RF. Nah, untuk membantu Anda memilih set-top box dengan port RF, berikut adalah beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda pertimbangkan: 

1. Set Top Box Polytron PDV 600T2 

Set Top Box Untuk TV Tabung

Set-top box ini mendukung standar siaran digital DVB-T2 dan memiliki fitur EWS (early warning system) untuk memberi peringatan bencana. Selain port RF, set-top box ini juga memiliki port HDMI, AV, dan USB. Harga: Rp 250.000 

2. Set Top Box Matrix Apple DVB-T2 HD 

Set-top box ini memiliki desain minimalis dan elegan dengan warna hitam. Set-top box ini juga mendukung standar siaran digital DVB-T2 dan memiliki fitur PVR (personal video recorder) untuk merekam acara favorit Anda. Selain port RF, set-top box ini juga memiliki port HDMI, AV, dan USB. Harga: Rp 299.000 

Baca Juga:  Cara Menyadap Panggilan Telepon di HP Android, 7 Langkah

3. Set Top Box Evinix H-1 

Set-top box ini memiliki desain kompak dan ringan dengan warna putih. Set-top box ini juga mendukung standar siaran digital DVB-T2 dan memiliki fitur EPG (electronic program guide) untuk melihat jadwal acara TV. Selain port RF, set-top box ini juga memiliki port HDMI, AV, dan USB. Harga: Rp 199.000 

Selain ketiga produk STB di atas, Anda mungkin bisa menemukan produk lain yang cocok untuk TV tabung Anda di rumah. Pastikan saja produk tersebut memiliki port RF sebelum mempertimbangkan spesifikasi lain yang tersedia. Dengan demikian, Anda bisa tetap memanfaatkan televisi di rumah meskipun ia tidak mendukung port AV sekalipun.  

Akhir Kata 

Sudah paham tentang pilihan set top box untuk TV tabung di atas? Ya, saat ini sudah sangat banyak produk STB yang hadir ke pasar. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri yang kemudian bisa Anda pertimbangkan untuk mendampingin TV tabung di rumah dalam menikmati siaran digital. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *