Cara mengurutkan angka dan kata di Excel dapat pengguna lakukan dengan menyortir sesuai pilihan yang ada di tab Data.
Salah satu fungsi dasar yang ada di Excel ini mungkin terkesan sangat sepele atau bahkan tak pernah dipelajari secara khusus.
Nyatanya, kemampuan ini bisa sangat berguna baik bagi pembuat dokumen maupun mereka yang membacanya.
Seperti Apa Cara Mengurutkan Angka dan Kata di Excel yang Mudah?

Mengurutkan tampilan informasi berupa data ataupun kata dalam sel mungkin masih mudah dilakukan jika data masih sedikit.
Namun apabila lembar kerja sudah memuat data yang besar, untuk menyortir sajian data ini bisa sangat menyita waktu.
Pada dokumen yang sudah semakin kompleks, skill untuk mengurutkan data dapat membantu meningkatkan efisiensi kerja.
Pada gilirannya, menguasai cara menyortir informasi ini dapat meningkatkan akurasi data sekaligus menunjang presentasi yang optimal.
Hal ini karena Anda dapat lebih mudah menganalisis data sekaligus memastikan format sajian data yang lebih terorganisir.
Dengan data yang tampil dengan urutan tertentu, maka Anda akan lebih mudah dalam melacak data atau saat ingin melakukan referensi silang data.
Manfaat Menyajikan Data secara Urut di Excel
Untuk lebih meyakinkan Anda, berikut ini beberapa manfaat jika Anda menguasai cara menyortir angka dan kata di Excel:
Meningkatkan Efisiensi Kerja
Bukan hanya Anda, pembaca juga dapat menikmati kerja yang lebih efisien karena sajian data yang lebih sederhana.
Sajian informasi yang terstruktur akan lebih mudah dipahami, lebih muda untuk dianalisis.
Ya, pembaca akan lebih cepat menemukan data yang diperlukan seperti terendah, tertinggi atau kategori lainnya.
Meningkatkan Akurasi
Dengan melihat informasi yang sudah urut, maka akan lebih gampang untuk menemukan kesalahanseperti duplikat, inkonsisteni maupun kesalahan lainnya.
Ada lebih banyak peluang bahwa hasil perhitungan atau analisis jadi lebih akurat dan terhindari dari berbagai kesalahan.
Mengoptimalkan Presentasi
Sajian data yang terorganisir akan memberikan kesan yang lebih profesional bagi orang yang mempresentasikannya.
Ya, laporan atau presentasi yang terstruktur akan lebih mudah dipahami sekaligus memberikan kesan bahwa penyaji adalah pribadi yang profesional.
Cara Mengurutkan Angka dan Kata di Microsoft Excel
Pada dasarnya, baik untuk angka maupun kata, bisa Anda urutkan dengan langkah yang tak jauh berbeda.
Kedua data ini bisa Anda sajikan dalam urutan tertentu dengan mengakses tab Data kemudian memilih opsi penyortiran (Sort) sesuai kebutuhan.
Berikut penjelasan langkah dari masing-masing data:
Mengurutkan Angka di Excel
- Silakan buka lembar kerja Excel Anda.
- Selanjutnya silakan klik sel pertama dari kolom yang memuat angka yang akan diurutkan.
- Setelah itu, perhatikan Ribbon (bagian atas jendela Excel) kemudian klik pada tab Data
- Berikutnya, silakan memilih salah satu opsi pengurutan yang tersedia. Ikon A-Z untuk mengurutkan dari yang terkecil ke terbesar. Sementara ikon Z-A untuk mengurutkan dari yang terbesar ke yang terkecil.
Silakan lihat lembar kerja dan pastikan kolom sudah menampilkan data dengan urutan seperti yang Anda pilih tadi.
Mengurutkan Kata di Excel
- Buka lembar kerja Excel Anda.
- Kemudian silakan memilih kolom yang memuat kata-kata untuk diurutkan secara alfabetis.
- Setelah itu, sama seperti cara di atas, silakan lihat pada tab Data.
- Klik pada pilihan yang sesuai Sort A to Z (mengurutkan kata A ke Z) atau Sort Z to A (mengurutkan kata dari awalan Z ke awalan A).
Pengurutan ini bisa sangat berguna untuk mengelola daftar nama, kata ataupun informasi lainnya dengan urutan sesuai dalam huruf alfabet.
Akhir Kata
Memang, cara mengurutkan angka dan kata di Excel di atas hanya memerlukan beberapa kali klik saja.
Tak heran jika banyak orang menyepelekan kemampuan dasar yang satu ini.
Kini, Anda sudah memahami manfaat peyortiran data dan bagaimana langkah melakukannya.