Cara Membatalkan Pesanan Maxim Food

Cara Membatalkan Pesanan Maxim Food dan Solusi Tidak Bisa Cancel 

Diposting pada

Cara membatalkan pesanan Maxim Food adalah langkah yang bisa pengguna lakukan untuk batal pesan makanan melalui Maxim Food. Layanan delivery yang satu ini memang mendapatkan cukup banyak respon positif dari masyarakat belakangan ini. Apabila Anda termasuk salah satu pengguna baru Maxim Foodyang masih belum tahu cara cancel order, silakan simak penjelasannya di bawah ini. 

Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan Maxim Food? 

Cara Membatalkan Pesanan Maxim Food

Seperti yang kita tahu bahwa Maxim Food adalah salah satu aplikasi pengantaran makanan yang memungkinkan penggunanya memesan berbagai menu dari restoran favorit. Sama halnya dengan layanan food delivery lain pada umumnya, ada saja kemungkinan pengguna memutuskan tidak jadi memesan. Hal ini bisa terjadi lantaran salah pilih menu, berubah pikiran atau tiba-tiba mendapat panggilan darurat. 

Pengguna yang ingin membatalkan orderan Maxim Food, bisa mencoba 2 pilihan cara sebagai berikut:  

Pelanggan Cancel Order Maxim Food  

Dalam hal ini, pihak pengguna atau pemesanlah yang ingin mengajukan pembatalan pesanan. Berikut langkah-langkah membatalkan order Maxim Food dan beberapa hal yang perlu Anda ketahui: 

  1. Buka aplikasi Maxim Food dan pastikan Anda sudah masuk ke akun  
  2. Pilih ikon riwayat pesanan (di bawah layar) lalu Anda bisa melihat daftar pesanan yang sedang diproses atau sudah selesai 
  3. Silakan pilih pesanan yang ingin Anda batalkan lalu ketuk detail pesanan 
  4. Ketuk tombol batal pesanan (di bawah layar) yang kemudian menampilkan pilihan alasan pembatalan, seperti salah pilih menu, berubah pikiran, atau lainnya 
  5. silakan pilih salah satu alasan pembatalan yang paling sesuai lalu ketuk konfirmasi pembatalan. Pada tahap ini, aplikasi akan mengirim permintaan pembatalan tersebut ke pihak restoran maupun kurir yang terlibat. Sampai tahap ini, pengguna hanya bisa mengunggu konfirmasi pembatalan dari Maxim Food melalui email atau notifikasi 
  6. Apabila pesanan Anda masih belum diproses restoran, maka besar kemungkinan pembatalan akan diterima dan mendapatkan pengembalian dana penuh sesuai metode pembayaran yang Anda pilih. Namun apabila pesanan sudah terlanjur diproses atau sedang dalam perjalanan, kemungkinan Anda tetap dikenakan biaya pembatalan sesuai kebijakan restoran maupun kurir 
Baca Juga:  Ini Ukuran Foto dan Video IG untuk Feed dan Story 

Kurir Cancel Order Maxim Food 

Opsi kedua, Anda juga bisa meminta pembatalan dilakukan oleh pihak kurir. Untuk membatalkan pesanan, kurir perlu melakukan langkah berikut: 

  1. Buka aplikasi Maxim Food kemudian pilih menu Pesanan  
  2. Pilih pesanan yang ingin kurir batalkan lalu klik tombol Batal 
  3. Kuriri memilih alasan pembatalan dari daftar yang tersedia atau menuliskan manual alasan lainnya secara jelas dan masuk akal 
  4. Kurir mengonfirmasi pembatalan dengan menekan tombol Ya  
  5. Kurir menunggu notifikasi bahwa pesanan berhasil dibatalkan 

Perlu Anda ketahui bahwa cancel order semacam ini dapat berdampak negatif pada reputasi dan pendapatan driver. Sehingga Anda mungkin perlu memberikan kompensasi kepada kurir setelah memberikan penjelasan terkait pembatalan pesanan tersebut. Selain itu, usahakan untuk menjelaskan secara sopan dan kooperatif. 

Alternatif Tidak Bisa Cancel Order Maxim Food 

Apabila Anda tidak dapat membatalkan pesanan Maxim Food, masih ada langkah lain yang tak ada Anda coba. Yaitu dengan menghubungi CS Maxim Food dengan langkah kurang lebih sebagai berikut: 

  1. Segera hubungi layanan pelanggan Maxim Food melalui telepon, email, atau chat 
  2. Berikan nomor pesanan, nama restoran dan waktu pemesanan Anda 
  3. Jelaskan alasan Anda ingin membatalkan pesanan dan minta bantuan mereka untuk memproses permintaan Anda tersebut 
  4. apabila pesanan Anda sudah terlanjur diproses oleh restoran atau sudah dalam perjalanan, maka Anda mungkin tidak dapat membatalkan pesanan. Atau dalam skenario tertentu, Anda harus membayar biaya pembatalan 
Baca Juga:  Daftar Mitra Maxim Food and Shop untuk Optimalkan Potensi Bisnis Anda 

Dalam kasus lain, Anda juga bisa mengajukan pengembalian dana jika pesanan Anda dibatalkan karena alasan yang sah. Nah, alasan sah ini misalnya makanan yang rusak, salah atau terlambat. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan:  

  1. Buka menu Pesanan Saya di aplikasi  
  2. Silakan pilih pesanan yang dibatalkan 
  3. Klik tombol Ajukan Pengembalian Dana  
  4. Silakan isi formulir yang muncul lalu lengkapi dengan bukti pendukung, misalnya foto atau video  
  5. Apabila permintaan disetujui, maka Anda akan mendapat konfirmasi pengembalian dana dari Maxim Food melalui email atau notifikasi 
  6. Silakan cek saldo Anda apakah sudah bertambah sesuai jumlah pengembalian dana 

Akhir Kata 

Memang ada beberapa cara membatalkan pesanan Maxim Food yang bisa Anda coba. Namun tentu saja Anda tidak bisa secara asal membatalkan order tersebut. Pembatalan pesanan tersebut harus memiliki alasan yang jelas dan masuk akal agar tidak merugikan pihak restoran, driver maupun penyedia layanan (Maxim). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *