Cara Beralih ke TV Digital

2 Cara Beralih ke TV Digital yang Bisa Anda Pertimbangkan 

Diposting pada

Cara beralih ke TV digital adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan masyarakat agar dapat mengakses siaran televisi digital. Hal ini harus dilakukan oleh masyarakat yang masih menggunakan perangkat televisi analog agar dapat terus menikmati siaran televisi di Indonesia. Lalu bagaimana caranya?   

Apa itu TV Digital? 

Cara Beralih ke TV Digital
Cara Beralih ke TV Digital

Nah, sebelum membahas langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk beralih, tak ada salahnya sedikit kita bahas dahulu tentang apa itu TV digital. TV digital adalah televisi yang menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan gambar, suara dan data ke perangkat TV. TV digital memiliki kualitas gambar dan suara yang lebih baik daripada TV analog, karena sinyal digital tidak mudah terganggu oleh interferensi atau noise.  

Di lain sisi, TV analog adalah televisi yang menggunakan sinyal analog untuk menampilkan gambar dan suara. Sinyal analog ini ditangkap oleh antena yang dipasang di luar atau dalam ruangan. Namun, televisi analog memiliki kualitas gambar dan suara yang kurang baik, terutama jika jarak antara antena dan stasiun televisi jauh.  

Selain itu, televisi analog juga membutuhkan banyak frekuensi radio yang dapat mengganggu komunikasi lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk menghentikan siaran televisi analog secara bertahap dan beralih ke siaran televisi digital.  

Baca Juga:  Rekomendasi Set Top Box Untuk TV Tabung, Murah Berkualitas 

TV digital juga dapat menawarkan layanan tambahan seperti Electronic Program Guide (EPG), interaktif, dan peringatan dini bencana. Tak heran jika kemudian teknologi televisi digital ini juga dapat menyajikan fitur tambahan seperti teks, audio, dan video interaktif. 

TV digital sudah mulai berkembang sejak tahun 2007 di dunia, termasuk di Indonesia. Pemerintah Indonesia telah menetapkan standar penyiaran digital terrestrial yang menggunakan frekuensi radio VHF/UHF, yaitu DVB-T2. Penyiaran digital terrestrial ini memungkinkan masyarakat untuk menonton TV digital dengan menggunakan antena biasa, asalkan perangkat TV mereka sudah mendukung DVB-T2 atau menggunakan Set Top Box (STB) sebagai alat konversi sinyal. 

Bagaimana Cara Beralih ke TV Digital? 

Peralihan dari TV analog ke TV digital di Indonesia dilakukan secara bertahap, mulai dari tahun 2022 hingga 2024. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas tayangan, menghemat spektrum frekuensi, dan mengikuti perkembangan teknologi. Setidaknya ada 2 cara yang bisa dipilih masyarakat untuk beralih dari TV analog ke TV digital, yaitu:

1. Menggunakan Set Top Box (STB) DVBT2

STB adalah alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog yang bisa ditampilkan di tv analog biasa. STB ini bisa dibeli di marketplace online dengan harga yang bervariasi mulai Rp200 ribuan.  

Selain STB DVBT2 di atas, pengguna juga harus memiliki antena digital yang bisa menangkap sinyal digital. Antena digital ini juga bisa dibeli di marketplace online atau toko elektronik terdekat. Harga alat ini pun juga beragam menyesuaikan bahan dan fitur yang tersedia. 

Baca Juga:  Cara Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri Paling Mudah Menggunakan Canva 

Sedangkan cara untuk menggunakannya adalah dengan menghubungkan antena digital ke STB, kemudian menghubungkan STB ke TV analog melalui kabel AV atau HDMI. Setelah itu, pengguna harus melakukan pencarian otomatis (auto scan) untuk mendapatkan saluran-saluran TV digital yang tersedia. Lebih jauh, pengguna mungkin juga perlu menyesuaikan beberapa hal agar penerimaan sinyal menjadi lebih optimal.

2. Membeli TV yang Mendukung Siaran Digital

Peragkat TV digital adalah pesawat televisi yang sudah dilengkapi dengan tuner DVBT2 bawaan sehingga dapat menerima sinyal digital tanpa membutuhkan bantuan STB. Namun tentu saja, pengguna tetap membutuhkan antena  digital untuk menangkap sinyal. TV digital ini bisa dibeli di toko elektronik atau marketplace online dengan harga yang bervariasi tergantung dari ukuran, merek, dan fitur-fiturnya.  

Cara menggunakannya adalah dengan menghubungkan antena digital ke TV digital melalui kabel koaksial. Selanjutnya lakukan pencarian otomatis (auto scan) untuk mendapatkan saluran-saluran TV digital yang tersedia. Sama, pengguna mungkin juga perlu melakukan sejumlah penyesuaian agar daya tangkap antena jadi lebih optimal. 

Cara Beralih ke TV Digital: Beli STB DVBT2 atau Unit TV Baru 

Ya, Anda bisa memilih mana opsi yang paling sesuai dengan anggaran yang ada. Anda yang masih menggunakan TV analog yang masih bagus, bisa memilih membeli STB DVBT2 dan antena saja. Namun apabila TV Anda sudah kurang memuaskan, tak ada salahnya membeli unit TV digital yang kini makin terjangkau harganya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *