YouTube Tidak Bisa Memutar Video

YouTube Tidak Bisa Memutar Video: Penyebab dan Opsi Solusinya 

Diposting pada

YouTube tidak bisa memutar video adalah situasi saat pengguna tidak bisa menonton konten di YouTube, baik di website maupun aplikasi. Kondisi semacam ini terbilang masih sering terjadi pada pengguna, utamanya di Tanah Air. Wajar saja, karena beberapa penyebab masalah ini memang banyak dialami oleh pengguna di Indonesia.   

Apa Saja Penyebab YouTube Tidak Bisa Memutar Video?   

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna YouTube adalah tidak bisa memutar video. Hal ini bisa saja terjadi pada pengguna yang menonton video di website YouTube maupun yang menggunakan versi aplikasi seluler maupun desktop. Untuk mengatasi masalah ini, akan lebih mudah apabila Anda sebagai pengguna mengenali apa saja kemungkinan penyebabnya.  

Penyebab YouTube Tidak Bisa Memainkan Video 

YouTube Tidak Bisa Memutar Video

Ya, umumnya pengguna internet di Indonesia seringkali terkendala menonton YouTube karena masalah umum seperti kualitas internet, keterbatasan perangkat hingga setelan yang kurang tepat. Meskipun terkesan sepele, nyatanya faktor-faktor penyebab ini bisa cukup menyulitkan saat pengguna ingin mengatasi masalah pada YouTube mereka.  

Ada beberapa kemungkinan penyebab YouTube tidak bisa memutar video, antara lain:  

1. Masalah Koneksi 

Koneksi internet lambat atau tidak stabil biasanya mengakibatkan buffering yang terlalu lama, bahkan membuat video tidak dapat dimuat sama sekali. Belum lagi dengan kondisi bahwa masih banyak jaringan provider internet di Indonesia yang sering mengalami gangguan. Selain itu, faktor alam juga dapat memicu kendala sambungan serta perlu mendapat perhatian pengguna.  

Baca Juga:  Kenapa Efek IG tidak bisa Dipakai? Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Masalah Perangkat 

Faktor perangkat juga sering memicu masalah pengguna tidak bisa menonton video YouTube. Ada beberapa hal yang kemudian memicu faktor penyebab ini, antara lain: 

  • Setelan Keamanan Perangkat 

Pengguna desktop atau laptop biasanya terkendala karena adanya setelan firewall atau antivirus yang terlalu ketat. Fungsi keamanan ini bisa saja mengganggu akses YouTube menggunakan jaringan internet karena menganggapnya sebagai ancaman atau aplikasi berbahaya. 

  • Keterbatasan Spesifikasi Perangkat 

Ya, meskipun YouTube terkenal sebagai platform buatan Google, tetap saja ia menerapkan standar minimal tertentu agar dapat menjalankan fungsinya. Hal ini termasuk pada kemampuan perangkat dalam menyimpan cache dan data pengguna, baik aplikasi YouTube maupun browser. Saat penyimpanan perangkat semakin menipis, maka hal ini akan berdampak pada kinerja YouTube.      

  • Versi Aplikasi  

Aplikasi desktop, seluler maupun browser yang tidak pernah diperbarui bisa saja tidak mendukung fitur YouTube terbaru. Wajar karena Google sendiri selalu memperbarui algoritma, fungsi dan fitur di layanan mereka, termasuk YouTube. Saat aplikasi yang pengguna pakai tidak mendukung pembaruan tersebut, ada kemungkinan video pun tidak dapat diputar.  

3. Masalah Video 

Meskipun cukup jarang terjadi, bukan tidak mungkin situasi semacam ini juga terjadi pada pengguna. Ada kemungkinan video yang ingin pengguna tonton telah dihapus atau diblokir oleh pembuatnya atau malah oleh pihak YouTube. Alasannya, bisa saja karena melanggar hak cipta, privasi, atau pelanggaran kebijakan youtube.   

Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Memainkan Video 

Sesuai dengan penjabaran beberapa penyebab di atas, maka berikut ini langkah-langkah untuk mencoba mengatasi YouTube tidak dapat memutar video: 

11. Cek Koneksi Internet

Periksa koneksi internet Anda dan pastikan cukup cepat dan stabil. Tak ada salahnya pula untuk coba beralih ke jaringan yang lain apabila tersedia. Misalnya dari jaringan seluler ke WiFi, atau sebaliknya. Anda juga bisa memanfaatkan fitur mode pesawat untuk menyegarkan jaringan perangkat atau restart modem dan router.  

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Iklan YouTube di Android yang Aman, Mudah dan Murah 

2. Update Aplikasi

Perbarui browser atau aplikasi YouTube ke versi terbaru untuk memastikan YouTube dapat menerapkan fungsi dan fitur terbaru mereka. Pastikan Anda hanya menggunakan aplikasi versi resmi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.  

3. Hapus Cache dan Cookie

Hapus cache dan cookie browser atau aplikasi YouTube kemudian restart aplikasi tersebut. pertimbangkan pula untuk menginstal ulang YouTube atau mencoba aplikasi browser lain apabila masalah ini tak kunjung Anda atasi. 

4. Konfigurasi Firewall dan Antivirus

Nonaktifkan firewall atau antivirus Anda untuk sementara apabila menduga masalah ini menjadi pemicunya. Anda juga bisa mencoba menambahkan YouTube sebagai aplikasi atau situs aman di konfigurasi firewall dan antivirus.  

5. Restart Perangkat

Restart perangkat seringkali efektif untuk mengatasi masalah perangkat seperti masalah pada memori, prosesor atau baterai Anda. Cara ini juga bisa secara instan mengatasi video YouTube yang tak kunjung dimuat. Cukup tekan lama tombol power perangkat kemudian pilih nyalakan ulang (restart) atau matikan perangkat dan nyalakan kembali setelah beberapa detik. 

6. Cari Video Lain

Apabila video tidak dapat Anda akses karena pembatasan atau telah dihapus oleh kreator maupun YouTube-nya, mau tidak mau Anda bisa mencari video serupa lainnya. Untuk mencoba menagtasi pemblokiran wilayah, Anda mungkin bisa menggunakan layanan VPN untuk mengubah negara Anda.  

Akhir Kata 

Itulah penjelasan tentang apa saja kemungkinan penyebab YouTube tidak bisa memutar video beserta beberapa opsi solusi yang bisa Anda coba. Apabila langkah-langkah di atas masih belum berhasil, maka ada kemungkinan masalah berada pada server YouTube. Silakan menghubungi dukungan YouTube melalui email, telepon, atau media sosial untuk melaporkan masalah Anda dan meminta bantuan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *