Cara Melihat Live Instagram Tanpa Ketahuan

3 Cara Melihat Live Instagram Tanpa Ketahuan Pemiliknya 

Diposting pada

Cara melihat Live Instagram tanpa ketahuan adalah opsi alternatif yang memungkinkan pengguna menonton siaran langsung Instagram tanpa memperlihatkan namanya. Perlu Anda ketahui bahwa tidak ada cara legal atau resmi untuk menyembunyikan nama Anda di daftar penonton live IG. Oleh karena itu, pertimbangkan opsi yang akan kita bahas berikut ini dengan bijak. 

Adakah Cara Melihat Live Instagram Tanpa Ketahuan? 

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang populer di kalangan pengguna internet. Salah satu fitur yang menarik dari Instagram adalah Live video, yaitu siaran langsung yang dilakukan oleh pengguna. Fitur ini memungkinkan antara kreator dan audiensi untuk terhubung lebih intens karena memungkinkan interaksi secara langsung. 

 

Namun, ada kalanya kita ingin melihat live video seseorang tanpa diketahui olehnya. Apakah hal ini mungkin dilakukan secara legal dan langsung di aplikasinya? Sayangnya, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tidak. 

Ya, sesuai dengan tujuan utama dari fitur Live IG Instagram, aplikasi ini tidak mengizinkan pengguna (audiens) untuk melihat Live tanpa diketahui oleh pemilik siaran. Saat menonton Live, maka nama pengguna akan muncul dalam daftar penonton yang dapat dilihat oleh pemilik siaran. Hanya saja, ada beberapa opsi alternatif yang mungkin bisa pengguna pertimbangkan.  

1. Menunggu Live Instagram Selesai  

Dalam satu kasus, misalnya Anda ketinggalan jadwal siaran langsung dan tak masalah menonton siaran ulangnya, bisa menggunakan alternatif pertama ini. Atau pada skenario lain, Anda sengaja menunggu hingga Live IG tersebut berakhir kemudian menontonnya sebagai konten biasa (bukan live). Nah, untuk opsi pertama ini, pastikan saja pemilik siaran tersebut mengunggah video Live sebagai IGTV.  

Untuk menonton live IG yang sudah selesai, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Buka aplikasi Instagram kemudian pastikan bahwa Anda sudah login ke akun Anda  
  2. Ketuk ikon rumah (di bawah layar) untuk mengakses beranda   
  3. Silakan cari akun Live IG yang ingin Anda tonton. Biasanya akun ini akan memiliki tanda berupa lingkaran ungu di sekitar foto profilnya   
  4. Berikutnya, silakan ketuk pada foto profil akun tersebut untuk melihat profilnya  
  5. Apabila akun tersebut mengunggah Live IG-nya ke IGTV, maka Anda bisa melihat ikon IGTV (di bawah bio)   
  6. Kemudian Anda bisa mengetuk ikon tersebut untuk melihat daftar video IGTV   
  7. Temukan video Live IG yang ingin Anda tonton kemudian ketuk pada video tersebut untuk memutar. Apabila kreator tidak mengunggah Live IG sebagai IGTV, maka Anda tidak bisa dapat menontonnya kembali, kecuali jika Live tersebut diupload ke YouTube, Facebook atau lainnya. 
Baca Juga:  Begini Cara Menambahkan Lisensi Musik di Youtube  

2. Ubah ID Akun IG Anda   

Apabila Anda tidak ingin pemilik Live IG melihat nama pengguna Anda sebagai penonton, atau tidak menyadari bahwa Anda telah menonton Live IG-nya, mengubah ID bisa jadi pertimbangan Anda. Meskipun langkah ini cukup merepotkan, namun cukup efektif untuk menyembunyikan identitas Anda.  

Berikut langkah yang bisa Anda lakukan: 

  1. Buka aplikasi Instagram kemudian pastikan sudah login ke akun Anda 
  2. Kemudian klik opsi edit profil di menu Profil 
  3. Silakan Anda mengganti nama profil baru untuk memastikan bahwa pemilik Live IG tidak mengenali akun Anda lagi 
  4. Lanjutkan pula dengan mengganti foto profil baru yang sebelumnya tidak ada di koleksi foto Anda, juga untuk memastikan bahwa pemilik Live IG tidak menyadari keberadaan Anda dalam daftar penontonnya 
  5. Setelah cukup meyakinkan, klik tanda centang untuk mengonfirmasi perubahan 
  6. Silakan lanjutkan dengan menonton Live IG tersebut 
  7. Apabila cukup beruntung, mungkin pemilik siaran tidak akan menyadari bahwa Anda telah menonton siarannya 

3. Menggunakan Bantuan Aplikasi atau Website 

Cara Melihat Live Instagram Tanpa Ketahuan

Di luar sana, ada aplikasi pihak ketiga dan website yang memungkinkan Anda untuk menonton Live IG tanpa memperlihatkan nama Anda (anonim). Perlu Anda catat bahwa penggunaan bantuan semacam ini adalah tidak sah, berpotensi pada sanksi terhadap akun Anda, dan bisa saja merugikan Anda sendiri.  

Baca Juga:  Begini Cara Membuat Sorotan di Instagram dengan Mudah  

Salah satu aplikasi yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai referensi adalah StorySaver+. Aplikasi yang bisa Anda instal dari PlayStore ini menawarkan fitur yang memungkinkan Anda bergabung ke Live IG secara anonim. Selain itu, masih ada beberapa fitur tambahan lain yang mungkin juga membantu memaksimalkan IG Anda. 

Namun demikian, sebaiknya Anda mempergunakan aplikasi semacam ini secara bijak. Ya, ada beberapa risiko yang perlu Anda pertimbangkan: 

Risiko Keamanan dan Privasi 

Agar dapat menggunakan aplikasi jenis ini, maka Anda harus melakukan login ke IG melalui aplikais tersebut. Artinya, Anda juga memberikan izin tertentu kepada aplikasi pihak ketiga ini. Apabila pihak ketiga ini tidak profesional, bisa saja mereka menyalahgunakan akses dan izin yang mereka dapatkan untuk keuntungan mereka. 

Risiko Melanggar Aturan Instagram 

Tentunya Instagram menginginkan platform media sosial mereka bermanfaat dan dipergunakan sebagaimana mestinya. Nah, penggunaan layanan pihak ketiga berpotensi menyalahi apa yang diinginkan oleh Instagram. Apabila akun Anda terdeteksi terlibat dalam penyalahgunaan, besar kemungkinan akun Anda akan ditangguhkan atau bahkan terhapus permanen. 

Risiko Merusak Perangkat 

Dalam beberapa kasus, penggunaan aplikasi semacam ini juga sering menjadi celah menyusupnya program jahat ke perangkat. Karena sudah mendapatkan izin tertentu, bisa saja website atau aplikasi menyalahgunakan akses untuk menginstal script atau malware dan virus ke ponsel atau laptop. Tentunya, hal semacam ini bisa sangat merugikan. 

Akhir Kata 

Itulah penjelasan tentang cara melihat Live Instagram tanpa ketahuan oleh pemilik siaran. Memang, ada cara alternatif yang bisa Anda coba untuk bisa mengintip siaran langsung. Namun demikian, ada baiknya kita tetap menghormati privasi pemilik siaran langsung untuk menghindari hal yang tak dikehendaki. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *